makam gunung gadung bogor

Mengenal TPU Gunung Gadung Bogor

June 25, 2020 @ 1:40 pm

Sedikit Warga Bogor yang mengenal betul TPU Gunung Gadung Bogor.

Padahal TPU yang satu ini sempat begitu terkenal dan diliput oleh banyak media nasional mengingat ada kasus besar yang membuat korbannya dimakamkan di Gunung Gadung Bogor.

Kasus yang dimaksud adalah meninggalnya wanita muda bernama Mirna setelah meminum kopi disebuah kopi. Kasus yang menjadi perbicangan berbulan-bulan sedikit banyak membuat TPU di Bogor ini menjadi sering juga dibahas.

Untuk Anda yang belum tahu, TPU Gunung Gadung BogorĀ ini merupakan TPU khusus untuk etnis Tionghoa.

Seperti umumnya kuburan China, di Gunung Gadung ini sangat terlihat kesan mewah dan elit. Dan juga, disebut pula area pemakaman ini menjadi tempat peristirahatan terakhir para konglomerat Indonesia yang telah meninggal dunia.

Jika Anda bandingkan dengan makam San diego hills karawang, pemandangannya jauh lebih indah di makam gunung Gadung ini.

Untuk Anda yang penasaran mengenai TPU Gunung Gadung Bogor, di sini akan diberikan ulasannya.

Ada beberapa informasi yang telah dirangkum untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam seperti apa TPU Gunung Gadung ini. Berikut ini adalah rangkumannya untuk Anda:

Lokasi Makam

Area pemakaman Gunung Gadung ini berada di Bogor. Tepatnya, berada di Jalan Raya Cipaku di Bogor Selatan.

Lokasi pemakaman ini dikelilingi oleh pemukiman warga. Dan untuk lebih rincinya, TPU ini berada di sebuah bukit dan dekat dengan Kali Cisadane.

Luas Area

Pemakaman ini termasuk pemakaman yang sangat luas. Bahkan juga disebut sebagai salah satu area pemakaman yang terluas di Indonesia. Luas total dari TPU yang satu ini mencapai 120 hektar.

Tentunya sangat berbeda dengan TPU lainnya yang ada di Bogor yang biasanya berkisar beberapa hektar atau belasan hektar saja. Namun menurut pengelola, hanya 36 hektar saja yang dikelola oleh pemerintah setempat. Sedangkan 84 hektar lainnya dimiliki oleh swasta dan pribadi.

Pemakaman Elit

Sebenarnya, pemakaman etnis Tionghoa sudah terbiasa dengan kesan mewah dan elit. Hal ini mengingat sering ditemukannya batuan mahal yang menghiasi pusara makam dan juga area sekitarnya.

Begitu pula di Gunung Gadung, rata-rata makam yang ada benar-benar dibuatkan makam yang sangat baik dan menggunakan batuan mahal.

Hal ini berkaitan erat dengan kepercayaan etnis tionghoa yang sangat ingin memuliakan para leluhur atau pendahulu agar mendapatkan kebaikan di dunia.

Makam Konglomerat

Tidak ada syarat khusus soal kekayaan untuk seseorang agar bisa dimakamkan di TPU ini. Namun, TPU yang satu ini begitu dikenal sebagai area pemakaman konglomerat.

Bukan dari segi kemewahan makamnya, namun lebih kepada beberapa keluarga pengusaha kaya raya di negeri ini memang memiliki kavling makam di TPU Gunung Gadung ini.

Sejumlah keluarga etnis Tionghoa yang sangat kaya sudah sejak dulu selalu memakamkan anggota keluarganya di sini. Dan juga, memang menurut para pengelola untuk bisa memakamkan seseorang di sini dibutuhkan biaya yang sangat mahal dan berlipat-lipat dari biaya di TPU biasa.

Favorit Masyarakat

Etnis Tionghoa sangat menyukai TPU yang satu ini. Bukan karena kepopulerannya dan bukan juga karena adanya area makam konglomerat, namun TPU ini memiliki kriteria yang sangat baik menurut kepercayaan mereka.

TPU Gunung Gadung ini memenuhi unsur TPU yang baik menurut ajaran dan kepercayaan mereka yaitu menghadap ke sungai dan berada di bukit atau gunung.

Berusia Tua

Tidak ada catatan pasti mengenai kapan TPU Gunung Gadung beroperasi. Namun menurut sejumlah orang, TPU ini sudah mulai digunakan sejak zaman Belanda atau sebelum Indonesia merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *