Tips Ampuh Merawat Sepeda Listrik di Masa Pandemi

September 25, 2020 @ 8:59 am

Sepeda listrik merupakan alat transportasi ramah lingkungan, dengan biaya terjangkau dan lumayan cepat. Penggunaan sepeda listrik sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, setelah membeli sepeda listrik, kamu juga perlu memastikan bahwa sepeda yang kamu punya selalu dalam keadaan baik sepanjang waktu. Merawat sepeda bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghemat uang karena membeli yang baru dari waktu ke waktu bisa menguras tabunganmu. Selain itu, sebagian besar perawatan sepeda listrik dapat dilakukan sendiri dan tidak memerlukan banyak biaya.

Merawat sepeda listrik berarti menjaga sepeda dalam kondisi terbaiknya, semaksimal mungkin. O iya, perawatan sepeda listrik itu berbeda dengan sepeda biasa. Perawatan e-bike bisa dilakukan di toko sepeda listrik, tetapi menurut saya melakukan perawatan sepeda sendiri bisa jauh lebih hemat. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ingat saat ingin merawat sepeda listrik supaya tetap dalam kondisi prima.

e-bike

Baterai

Baterai dianggap penting karena komponen ini merupakan sumber tenaga untuk menggerakan sepeda listrik. Itu makanya kamu harus merawatnya dengan hati-hati. Pertama, jangan biasakan menghabiskan baterai hingga benar-benar kosong karena akan membuat masa pakai baterai berkurang. Jadi kamu perlu menyisakan sedikit tenaga ketika mengecasnya. Kedua, jangan biasakan mengecas baterai semalaman. Hal ini juga akan merusak baterai jika terlalu sering dilakukan. Ketiga, simpan baterai di tempat yang baik, jauh dari hujan dan kelembaban sehingga komponennya tidak cepat rusak.

Membersihkan

Debu yang menumpuk bisa menyebabkan kerusakan. Jadi, secara rutin bersihkan sepeda listrik supaya tetap terawat. Sewaktu membersihkan, pastikan semua kotoran dan debu yang terdapat di sepeda dibersihkan hingga tuntas. Jangan lupa lubrikasi bagian rantai, kabel, dll. Sepeda yang sering diberi pelumas akan berjalan lebih lancar dan tidak menimbulkan suara-suara yang menjengkelkan. Kalau perlu, setiap kamu selesai bersepeda, langsung bersihkan hingga e-bike terlihat kinclong.

Penyimpanan

Daripada menelantarkan sepeda di luar dan terpapar hujan dan panas, kamu mending simpan di tempat yang sejuk dan kering. Jika baterainya basah, bisa dipastikan umurnya ga akan lama. Jika perlu, sarungkan sepedamu agar terjaga dari kelembaban yang berlebih.

Buku manual

Jika kamu tidak memiliki buku manual, tanya penjualnya untuk memberikannya. Secara umum, buku manual sepeda listrik menyediakan informasi seputar perawatan standar sepeda. Kamu bisa melihatnya untuk info perawatan yang lebih lengkap.

Jadi jika sepedamu ingin tetap awet, ikuti tips perawatan di atas. Untuk kebutuhan sepeda listrik, kamu bisa mengunjungi website melotronic.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *