Perbedaan LAN, WAN dan MAN Set Up nya

January 25, 2023 @ 7:33 am

LAN (Local Area Network) merupakan style jaringan yang paling banyak digunakan. Jangkauan area jaringannya cukup kecil yaitu cuma sekitar 1 km dan kebanyakan digunakan untuk rumahan, kantor atau sekolah. Namun, sebab jangkauannya cukup kecil sehingga terkecuali transfer datanya tinggi mampu terjadi kemacetan. Meski begitu, banyak keuntungan mengfungsikan LAN seperti berbagi informasi, sumber daya, basis knowledge dan layanan lainnya. Topologi yang digunakan jaringan LAN adalah bus, ring dan bintang. Topologi bus amat mungkin semua perangkat mengakses ke satu jalur komunikasi. Topologi ring menghubungkan perangkat di dalam struktur melingkar dan topologi bintang membentuk struktur seperti bintang.

Jaringan MAN merupakan singkatan berasal dari Metropolitan Area Network yang punyai cakupan lebih luas sekitar 50 sampai 100 km. Jaringan MAN ini mampu digunakan untuk lingkungan perkotaan kecil dan sering diakui sebagai kumpulan berasal dari jaringan LAN. Membuat jaringan MAN memerlukan ongkos yang cukup mahal sebab lebih banyak peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, perlu penanganan spesifik oleh ahli jaringan sehingga tidak gampang diretas oleh hacker. MAN mengfungsikan topologi bus antrian terdistribusi, perihal ini amat mungkin berasal dari ke-2 arah secara bersamaan.

WAN (Wide Area Network) punyai jangkauan jaringan yang lebih luas lagi sampai lokasi negara. Jangkauan jaringan WAN mampu mencakup lebih berasal dari 100 km sampai 1000 km. WAN itu sendiri merupakan interkoneksi berasal dari jaringan kecil LAN dan MAN. Dalam perihal ini WAN mendukung kegiatan berbagi bermacam macam knowledge di dalam jarak jauh sehingga menaikkan komunikasi antar negara dan benua dengan menggunakan jaringan dan internet terkini. WAN merupakan jaringan yang benar-benar besar sehingga rentan di serang bermacam virus, worm dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengaturan untuk mencegahnya dan perawatan untuk pemeliharaan jaringan.

Berikut ini sebagian perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyebabkan jaringan komputer, antara lain:

Minimal terdapat satu computer utama yang digunakan sebagai server atau pusat data, mengfungsikan computer yang punyai spesifikasi bagus dan mumpuni
Terdapat sebagian computer yang berguna sebagai area workstation untuk area kerja
Membutuhkan peripheral jaringan seperti NIC (Network Interface Card), HUB dan lain sebagainya
Membutuhkan sarana penghubung seperti kabel dan lainnya yang tidak serupa tergantung style jaringannya
Perbedaan Jaringan LAN, MAN dan WAN

Dari penjelasan diatas, inilah sebagian perbedaannya, antara lain:

1. Kecepatan Jaringan

Dilihat berasal dari faktor kecepatan transfer datanya, jaringan LAN punyai kecepatan transfer knowledge yang paling tinggi. Sedangkan jaringan MAN punyai tingkat kecepatan menengah dan jaringan WAN kecepatan transfer datanya rendah.

2. Jangkauan Area Jaringan

Ketiga jaringan tersebut punyai jangkauan area yang berbeda-beda, seperti jaringan LAN yang punyai jangkauan area cukup kecil sekitar 1 km. Sedangkan jaringan MAN punyai jangkauan area sekitar 50-100 km dan jaringan WAN punyai jangkauan area lebih berasal dari 100 km.

3. Media Komunikasi, Desain dan Perawatan

Jaringan LAN lebih gampang didesain, dirancang dan dipelihara sebab cakupannya kecil bersama dengan sarana komunikasi kabel twisted pair. Sedangkan jaringan MAN dan WAN lebih sukar dan rumit dirancang dan dipelihara. MAN memerlukan kabel coaxial dan serat optik, namun WAN memerlukan PSTN (Public Switched Telephone Network).

Itulah perbedaan antara LAN, MAN dan WAN. Sudah paham? Jangan sampai tidak benar mengerti ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *