Perbandingan Cup Menstruasi dan Pembalut Organik

November 17, 2022 @ 7:49 am

Menstrual Cup Penggunaan “menstrual cup” sangat jarang di Indonesia, mungkin karena wanita Indonesia merasa tidak nyaman. Ketika Anda melihat cara menggunakannya tetapi memilih untuk tidak melakukannya, itu bisa sedikit meresahkan. “Cangkir menstruasi” ini berbentuk corong atau “cangkir”, dan dimaksudkan untuk ditempatkan di dalam saluran vagina. Bahkan dari segi cara pemakaiannya, “menstrual cup” perlu dilipat dua terlebih dahulu sebelum dimasukkan secara perlahan. Karena itu, penggunaan “menstrual cup” ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Efektivitasnya bisa bertahan antara enam hingga dua belas jam, tetapi ini juga tergantung pada jumlah darah yang dikeluarkan. Karena terbuat dari silikon kelas medis, memasukkannya ke dalam saluran vagina Anda baik-baik saja. “Cangkir menstruasi” memiliki tingkat penggunaan ulang yang tinggi karena dapat dicuci setelah digunakan dan kemudian digunakan kembali.

Menstrual cup bermanfaat tidak hanya karena kemampuannya menampung lebih banyak darah, tetapi juga karena dampaknya yang rendah terhadap lingkungan alami. Cangkir menstruasi ini dapat dibersihkan antara enam hingga dua belas jam setelah digunakan, tetapi spesifikasi proses pembersihannya akan berubah tergantung pada seberapa banyak darah menstruasi yang terkumpul di dalam cangkir. Cangkir yang dirancang untuk menstruasi mampu menampung sekitar 40 mililiter darah sekaligus. Padahal kapasitas pembalut hanya sekitar 7 mililiter.

Di Indonesia, penggunaan cangkir menstruasi terbatas pada persentase yang relatif rendah dari total populasi. Jika Anda tertarik menggunakan cangkir menstruasi, Anda harus terlebih dahulu berbicara dengan dokter kandungan Anda tentang kemungkinan melakukannya. Seorang dokter akan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk usia pasien, jumlah aliran darah menstruasi, fleksibilitas cangkir menstruasi, dan kapasitas cangkir menstruasi. Terlepas dari kenyataan bahwa Anda bebas berbelanja dengan merek apa pun di toko online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu ukuran mana yang paling cocok untuk Anda.

Wanita di bawah usia 30 tahun dan wanita yang belum melahirkan secara normal biasanya disarankan untuk menggunakan ukuran cangkir menstruasi yang lebih kecil daripada wanita yang pernah melahirkan secara normal sebelumnya. Wanita yang melahirkan secara normal juga disarankan untuk menggunakan ukuran cangkir menstruasi yang lebih besar. Wanita yang berusia di atas 30 tahun dan telah menjalani persalinan pervaginam dianjurkan untuk menggunakan cangkir menstruasi yang memiliki kapasitas lebih besar, karena ini adalah pilihan yang paling sesuai untuk mereka.

Pembalut Berbahan Organik, pembalut berbahan katun juga banyak beredar. Bentuknya hampir sama dengan pembalut sekali pakai, namun bahannya terbuat dari kain bukan kertas atau plastik. Bantalan kain yang dapat digunakan kembali ini dirancang dengan tujuan meminimalkan dampaknya terhadap alam dengan memungkinkan beberapa kali pencucian sebelum perlu dibuang. Meski sudah menjadi rahasia umum, masih sedikit orang yang memilih menggunakan pembalut kain daripada yang sekali pakai karena mencuci pembalut kain membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

Saat harus memutuskan produk mana yang paling nyaman untuk Anda selama menstruasi, pembalut memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki tampon. Misalnya, pembalut yang dimaksudkan untuk dipakai untuk mencegah “penetrasi” biasanya memiliki bentuk lebar yang memanjang ke bawah bokong dan dibuat dari kain kempa.baca lebih lanjut Baca juga Pembalut Organik.

Selain itu, bantalan memiliki sayap samping yang mencegahnya bergerak sesuai dengan ukuran dan kontur area selangkangan. Ini menjaga bantalan tetap di tempatnya dan mencegah cedera. Sayangnya, pembalut yang tebal terkadang membuat bentuk pembalut terlihat dari luar, terutama jika Anda mengenakan pakaian yang sangat ketat. Ini terutama benar saat menggunakan bantalan tebal. Hal ini sangat penting untuk diingat saat Anda mengenakan pakaian yang pas untuk tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.