Penyebab Diare Dan Cara Mengatasinya

Normalnya manusia akan buang air besar maksimal 1x sehari, namun tidak demikian bila sedang terserang penyakit diare dimana frekuensi buang air besar bisa lebih dari 5x sehari sehingga seringkali kotoran yang keluar berbentuk cair karena adanya permasalahan pada saluran pencernaan atau usus.

Penyebab diare dan cara mengatasinya perlu diketahui supaya masyarakat dapat terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkannya. Nah langsung saja, dibawah ini akan dibahas tentang apa saja faktor yang menjadi penyebab munculnya diare.

Faktor Penyebab Penyakit Diare

faktor penyebab sakit diare

Banyak masyarakat awam sadar betul bahwa diare merupakan penyakit yang menyerang saluran cerna, namun hanya sedikit yang tahu persis bagaimana kondisi usus seorang penderita serta apa saja faktor penyebab diare. Munculnya diare biasanya disebabkan oleh karena buruknya sanitasi lingkungan serta kebiasaan yang tidak higienis lainnya, misalnya tidak mencuci tangan dengan sabun Lifebouy sebelum makan sehingga bakteri dan virus menginfeksi saluran pencernaan.

Faktor lain penyebab diare yang sering terjadi biasanya disebabkan oleh alergi usus terhadap suatu makanan, misalnya mengkonsumsi makanan terlalu pedas bisa membuat seseorang terkena diare, selain itu makanan yang bersifat asam juga bisa menjadi penyebab mengapa diare terus terjadi. Jadi bila anda menyukai makanan pedas dan asam harus menguranginya.

Selain itu parasit seperti cacing pada usus bisa menyebabkan gangguan penyerapan cairan sehingga tinja bercampur dengan cairan yang mengakibatkan terjadinya mencret/ diare. Keracunan makanan misalnya mengkonsumsi makanan sudah melewati tanggal kadaluarsa menyebabkan usus manusia tidak mampu mencerna-nya dengan sempurna.

Cara Mengatasi Diare Secara Ampuh

Jika diare sudah terlanjur menyerang maka penderita bisa makan pucuk daun jambu klutuk, ambil sebanyak 20 lembar daun muda, cuci hingga bersih dan kunyah lalu telan. Untuk diare ringan, cara tradisional seperti ini bisa membantu mengurangi frekuensi buang air besar. Bilamana cara tradisional sudah tidak mempan maka harus segera meminta resep obat kepada dokter.

Agar diare tidak kembali lagi maka setiap orang perlu memperhatikan kebersihan badan dan lingkungan, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta sehabis buang air besar. Hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah terjamin kebersihannya. Dengan cara tersebut maka penyakit diare tidak akan muncul lagi, dengan tubuh yang sehat maka kehidupan akan terasa menyenangkan, demikianlah ulasan mengenai penyebab diare dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1174675/waspada-inilah-bakteri-bakteri-penyebab-diare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *