Pentingnya Komunikasi Pasangan dalam Pernikahan

April 10, 2019 @ 3:32 pm

Menikah adalah menyatukan dua orang yang berbeda sehingga komunikasi satu sama lain menjadi begitu penting. Jika Anda dan pasangan jarang berkomunikasi, itu akan memberikan dampak buruk untuk kehidupan rumah tangga. Berikut dampak buruk yang terjadi jika Anda dan pasangan jarang berkomunikasi.

Saling Menghindar

Saling menghindar saat ada masalah tidak akan menyelesaikan masalah. Hal itu akan membuat masalah justru semakin berlarut-larut. Jika Anda dan pasangan ada masalah kemudian jarang berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah tersebut tentunya tidak akan ditemukan jalan keluar sehingga satu sama lain cenderung memilih pergi dan mencari jalan sendiri-sendiri.

Terhambatnya komunikasi satu dua kali merupakan hal yang wajar. Namun perlu Anda sadari bahwa komunikasi yang baik akan membuat Anda dan pasangan merasa lebih dicintai dan dihargai.

Diam

Ada beberapa tipe orang yang memiliki kebiasaan untuk diam saat terjadi sesuatu. Aksi diam ini tentu akan membuat pasangan menerke-nerka apa sebenarnya masalah yang terjadi. Anda ingin dengan melakukan aksi diam, pasangan akan menegtahui masalah apa yang sedang terjadi. Padahal hal tersebut jelas tidak bisa dilakukan oleh pasangan Anda.

Melakukan aksi diam adalah tindakan yang salah ketika Anda memiliki sebuah masalah. Membicarakan masalah bersama pasangan adalah cara terbaik untuk menjaga rumah tangga. Aksi diam hanya akan membuat kesalahpahaman antara Anda dan pasangan dan akhirnya hanya akan menyebabkan pertengkaran yang tidak perlu.

Egois

Ketika Anda bertengkar dengan pasangan kemudian memutus komunikasi, tindakan tersebut bukanlah tindakan yang dewasa melainkan tindakan yang egois. Jika Anda dan pasangan belum berumah tangga mungkin wajar jika Anda memilih diam dan tidak berkomunikasi agar dianggap keren.

Hal berbeda ketika Anda dan pasangan telah ada dalam hubungan pernikahan. Ketika Anda berkeluarga, prioritas dan fokus utama Anda dan pasangan harus berubah. Anda harus memprioritaskan bagaimana menjaga hubungan dengan pasangan bukan lagi memprioritaskan ego satu sama lain yang justru akan membuat kehiudpan rumah tangga menjadi tidak harmonis.

Tidak Menemukan Solusi

Komunikasi diperlukan untuk menyelesaikan sebuah masalah atau mencari solusi dari masalah Anda dan pasangan. Ketika Anda dan pasangan jarang berkomunikasi tentunya tidak akan bisa menemukan solusi dari masalah tersebut. Masalah akan pergi namun tidak pernah terselesaikan dengan baik.

Masalah tersebut akan muncul di kemudian hari dan dampaknya akan semakin besar karena telah lama dibiarkan begitu saja. Itulah mengapa komunikasi menjadi penting bahkan ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk melakukan adegan suami istri juga diperlukan komunikasi agar bisa berjalan dengan baik.

Itulah dampak buruk jika Anda dan pasangan jarang berkomunikasi dan mengapa komunikasi menjadi begitu penting dalam kehidupan pernikahan. Kemajuan teknologi tentunya mempermudah komunikasi antara Anda dan pasangan. Untuk mendapatkan infromasi relationship lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Orami di www.orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *