Pembelajaran Digital dengan Interactive Whiteboard

December 17, 2018 @ 8:23 am

Seluruh sistem pendidikan sedang mengalami transformasi dengan adanya interactive whiteboard. Papan tulis interaktif membawa perubahan revolusioner pada seluruh sistem pengajaran dan pembelajaran.

Ini adalah hal yang menakjubkan yang mampu mengubah kuliah yang membosankan dan monoton menjadi pelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, interactive whiteboard juga membantu memotivasi sesi pelajaran, presentasi dan sesi pelatihan menjadi jauh lebih menarik.

Beberapa fitur unik Papan Tulis Digital yang menambahkan elemen ‘Pembelajaran Digital’ di ruang kelas adalah sebagai berikut:

Mudah Dioperasikan

Sama seperti papan tulis konvensional lainnya, interactive whiteboard mudah dioperasikan. Papan tulis digital ini sangat user friendly dan mampu menarik perhatian dan bahkan minat guru.

Mendorong E-learning dan Pengajaran Terpadu

Papan luar biasa ini membantu mempromosikan E-learning dan pengajaran terintegrasi. Guru dapat dengan mudah mengumpulkan, mengintegrasikan dan memproyeksikan data presentasi dengan bantuan interactive whiteboard. Selain itu, gambar dapat dikumpulkan dari internet; grafik dapat diambil dari spreadsheet; data dapat diekstrak dari aplikasi word dan semua objek pembelajaran yang disesuaikan ini dapat ditampilkan langsung di layar pada saat yang bersamaan.

interactive whiteboard

Interoperabilitas

Papan tulis interaktif mendukung interoperabilitas karena dapat bekerja dengan semua jenis solusi TIK dan AV termasuk visualisator, proyektor, komputer, sistem respons audiens, tablet grafis, dll, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran virtual yang sangat interaktif. Dengan bantuan papan tulis digital, peserta dapat belajar dan menyerap informasi lebih cepat.

Mendorong Pembelajaran Kelompok

Papan Tulis Interaktif mempromosikan pembelajaran kelompok ketika siswa dapat mendekati Papan Tulis Digital dan menambahkan jawaban mereka, bernavigasi di antara tab atau halaman web atau memberikan kontribusi dengan menulis langsung di atasnya. Dengan begitu, seluruh kelas dapat dengan jelas melihat dan memecahkan masalah, sama seperti mereka melakukannya di PC.

Partisipasi Siswa Aktif

Papan Tulis Digital juga membawa perangkat lunak pembelajaran interaktif yang meliputi alat presentasi bersama dengan galeri gambar edukatif yang membantu dalam melakukan tes online, jajak pendapat, tampilan umpan balik instan dan mendorong partisipasi siswa.

Terlepas dari semua manfaat ini, interactive whiteboard juga membawa beberapa manfaat kesehatan. Perangkat ini membantu mengurangi ketegangan pada area mata. Papan digital tidak membutuhkan pena, spidol dan kapur yang berpotensi memicu masalah asma.

melotronic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *