MESSI ATAU RONALDO – SIAPA YANG BENAR-BENAR TERBAIK?

April 26, 2021 @ 3:17 am

Era sepak bola saat ini didominasi oleh dua raksasa: Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan Lionel Messi dari Barcelona. Kedua nemes telah meraup setiap penghargaan individu selama dekade terakhir, dan meskipun usia mereka sudah lanjut (masing-masing 33 dan 30), mereka tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Karena hanya ada satu, yang mana? Ronaldo Portugis yang fenomenal atau pemain satu tim Lionel Messi?
Berikut tiga argumen untuk masing-masing sisi dikutip dari berita bola:

Tim Messi:
Statistik lanjutan membuktikan Messi lebih baik
Baik Ronaldo dan Messi memiliki statistik yang mengesankan, tetapi melihat lebih dekat pada mereka membuktikan Messi membuat keputusan yang lebih baik dan, yang lebih penting, membawa nilai yang lebih besar bagi timnya. Menggunakan kerangka kerja yang awalnya dikembangkan untuk bisbol, The Economist menilai gol Messi dan Ronaldo berdasarkan konteks dan kepentingannya. Statistik ini, yang disebut Expected Points Added (EPA), menilai sasaran berdasarkan probabilitas kemenangan tambahan mereka. Artinya, gol kemenangan di menit terakhir pertandingan dinilai lebih tinggi dari gol keempat yang dicetak dalam kemenangan 4-0. EPA Messi adalah 59,5 sedangkan Ronaldo 50,4.

Apalagi, Messi membuat keputusan yang lebih baik. Dengan menggunakan algoritme yang kompleks, sebuah perusahaan bernama GoodCall menghargai pengambilan keputusan pemain dan Efficiency Per Match (EPM). Ini mencakup menilai setiap operan, tembakan, peluang yang diciptakan, atau menggiring bola yang dilakukan oleh pemain, dan kemudian menilai pengambilan keputusan dan efisiensi pemain. EPM Messi adalah 238, dan dia membuat keputusan yang baik 0,63%. EPM Ronaldo 118 dan tingkat pengambilan keputusannya hanya 0,43%.

Messi adalah pemain tim yang lebih baik

Messi tidak hanya pencetak gol yang luar biasa dan playmaker berbakat, dia juga membuat semua orang di sekitarnya menjadi pemain yang lebih baik. Seorang pemimpin sejati, dia menyatukan timnya. Dia tidak hanya memiliki lebih banyak assist dan umpan kunci daripada Ronaldo, dia selalu menggunakan visinya yang fenomenal untuk membuat rekan satu timnya tetap terlibat. Dia memiliki kecerdasan taktis yang hebat, menemukan ruang kosong untuk dimasuki, menerima bola dan kemudian menyerahkannya kepada rekan satu timnya, untuk membangun serangan.

Sementara Ronaldo lebih merupakan eksekutor, yang bermain tinggi di lapangan dan mencetak gol-gol hebat ketika diberi kesempatan, Messi, yang bisa melakukannya dengan baik, tetapi juga nyaman menjatuhkan diri dan menjaga penguasaan bola bersama timnya. Dari posisi ini, ia dapat mengirim rekan-rekannya ke jalur berbahaya dengan operan tepat sasaran. Fleksibilitas ini membuatnya jauh lebih baik dari Ronaldo.

Keajaiban Messi

Messi dan Ronaldo sangat berbeda dalam gaya mereka. Ronaldo adalah mesin. Dia adalah pemain yang eksplosif, dengan kemampuan fisik yang abnormal dan bakat yang luar biasa. Tinggi dan kuat dan tentunya salah satu pemain terhebat, Ronaldo tidak memiliki keajaiban Messi.

Orang Argentina adalah bakat alami yang lebih besar. Dia adalah seorang virtuoso, seorang pesulap. Dribblingnya dianggap sebagai permainan terbaik yang pernah ada, dan dia mengoper dan menembak bola dengan ketelitian seorang ahli bedah otak. Dia membuat gerakan mencolok yang membuat orang tidak bisa berkata-kata dan kewalahan. Melihatnya melewati pertahanan tim dan kemudian mengarahkan bola melewati penjaga gawang adalah sesuatu yang istimewa.

Author Vaunparly Category Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *