Mengenal Lebih Jauh Arduino di Blitar

April 18, 2022 @ 8:44 am
Arduino Blitar

Arduino itu apa sih? Pasti kalian sering mendengar istilah Arduino kan. Nah, pada artikel ini kita akan belajar lebih dalam mengenai Arduino mulai dari pengertian, manfaat, komponen, sampai kelemahan dan kelebihannya. Jadi, simak terus artikel ini biar kamu lebih memahami tentang si Arduino!

Pengertian Arduino

Arduino merupakan single board yang bersifat open sources sering digunakan dalam merancang perangkat elektronik atau software. Penggunaan Arduino ini dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah penggunaan perangkat elektronik di berbagai bidang.

Arduino ini memakai bahasa pemograman yaitu Arduino dengan kemiripan pada bahasa pemograman C++.

Komponen Arduino

Di dalam Arduino tentunya memuat komponen-komponen yang beragam. Komponen penting yang harus ada yaitu pin, mikrokontroler, dan konektor. Mari, kita bahas lebih dalam macam-macam komponen penting yang ada di dalam Arduino!

  • Mikrokontroler

Mikrokontroler adalah chip yang berguna untuk pemograman Arduino dan memproses output berdasarkan input yang diberikan. Singkatnya, mikrokontroler ini adalah otak dari Arduino. Ada banyak jenis mikrokontroler yang digunakan tergantung dari jenis Arduino-nya.

  • Pin

Pin yang digunakan pada Arduino juga beragam tergantung jenis Arduino yang digunakan. Fungsi dari pin yaitu sebagai penghubung antara Arduino dengan komponen yang akan digunakan. Macamnya ada pin digital, pin analog, pin tegangan, pin reset, pin komunikasi serial, dan yang lainnya.

  • Konektor
  • Power konektor

Power konektor adalah konektor yang digunakan untuk menyalurkan daya untuk Arduino. Daya ini digunakan untuk menghidupkan Arduino dan juga perangkat lain yang terhubung dengannya, seperti sensor dan layar monitoring.

  • Serial konektor

Serial konektor ini biasanya digunakan untuk menghubungkan Arduino dengan perangkat seperti komputer atau laptop. Konektor ini menggunakan port USB standar pada Arduino. Selain itu, konektor ini juga dapat digunakan sebagai power konektor. Namun, serial konektor hanya diimplementasikan pada perangkat Arduino yang lebih baru.

Kelebihan Arduino

  • Harga yang relatif murah dan terjangkau.

Board dari Arduino sendiri dijual dengan harga yang relative murah yaitu berkisar antara Rp 50.000 – Rp 800.000 saja. Dibandingkan dengan MCU sejenis jumlah ini tentunya jauh lebih murah. Dan Arduino ini telah banyak diperjualbelikan di pasaran sehingga kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan board Arduino.

Jika kamu membutuhkan komponen Arduino yang berlokasi di Blitar. Kami menyediakan Arduino Blitar dengan harga terjangkau dan berkualitas. Kunjungi toko Offline kami di Jl. Ir. Soekarno No. 36 atau kunjungi toko online kami di Shopee, Tokopedia dan Lazada.  

Arduino Blitar
  • Mudah digunakan oleh pemula.

Nah, project awal yang dirancang oleh pemula kebanyakan menggunakan si Arduino ini loh. Karena pemograman Arduino ini sederhana dan mudah sehingga pemula pun tentu bisa menggunakannnya.

  • Ada banyak library yang dapat digunakan untuk memudahkan kamu dalam bereksperimen.
  • Memiliki Arduino IDE yang digunakan untuk menulis dan meng-upload program ke mikrokontroler.
  • Konsumsi daya yang rendah.

Kekurangan Arduino

  • Beberapa tipe Arduino tidak menyediakan modul wired atau wireless secara built-in.

Arduino tidak dilengkapi modul wired secara built in seperti Bluetooth, konektivitas wifi dan enthernet. Namun, dapat dipasangkan ke Arduino secara add-on dengan menambahkan modulnya menggunakan kabel jumper.

  • Memiliki kapasitas memori yang kecil.

Ukuran memori pada Arduino sekitar 0,002 MB serta memori flash Arduino sebesar 32 KB, dan terpotong 5 KB digunakan untuk bootleader. Ukuran memori sebesar ini terbilang kecil daripada MCU lainnya.

  • Memiliki clock speed yang rendah.

Clock speed adalah kecepatan prosesor dalam melakukan setiap instruksi. Clock speed dari Arduino ini sebesar 16 MHz.

Komponen diatas bisa dibeli di Arduino Blitar. Langsung aja datang ke toko kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *