Membuat Lampion “Kepingan Salju

Membuat lampion “kepingan salju”

Lampion Kertas
1
Buat dua lingkaran kertas. Dengan menggunakan benda bulat, letakkan lingkaran pada dua lembar kertas dan gunting dengan gunting. Pastikan kedua lingkaran memiliki ukuran perkiraan yang sama.
Anda bisa menggunakan ukuran lingkaran apapun. Ingatlah bahwa semakin besar lingkarannya, semakin besar lentera. Anda bisa menggunakan piring, tutup bak es krim, bagian bawah ember, atau benda bundar lainnya.
Anda juga bisa menggunakan jenis kertas yang Anda inginkan: kertas printer putih biasa, kartu stok berwarna, kertas berpola dekoratif, dll.

2
Lipat lingkaran pertama. Ambil salah satu lingkaran dan lipat menjadi dua. Kemudian, lipat dua kali lagi. Ini akan memberi Anda produk jadi yang terlihat seperti sepotong pizza (segitiga panjang dengan bagian atas yang membulat).

3
Gambarkan garis di atas kertas. Mengikuti lekukan bagian atas kertas (kerak pizza), gambarlah garis bergantian di atas kertas yang melintang sepanjang kertas, tapi jangan terlalu dekat dengan sisi yang berlawanan. [3] Mulai di sisi kiri dan gambar garis yang sedikit melengkung yang berhenti sesaat sebelumnya (sekitar 1 inci sampai 1/2 inci) sisi kanan. Kemudian, di bawah garis yang baru saja Anda gambar, mulailah di sisi kanan dan gambarlah garis yang sedikit melengkung yang berhenti sesaat sebelum sisi kiri.
Lanjutkan pola bolak-balik ini sampai Anda mencapai bagian bawah kertas (titik segitiga).

4
Membuat lubang. Potong sedikit ke titik segitiga, buat lubang di tengah kertas.

5
Potong garis. Gunakan gunting untuk memotong kertas sepanjang garis melengkung yang Anda gambar. Cobalah untuk tetap berada di jalur yang ketat, tapi jangan khawatir terlalu sempurna. Pastikan Anda tidak sengaja memotong satu garis ke jalur yang lain.

6
Buka kertasnya. Memastikan untuk tidak merobek potongan-potongan halus yang baru saja Anda potong, membuka kertas sampai Anda kembali ke bentuk lingkaran terbuka.

7
Lengkapi lingkaran lainnya. Ulangi langkah 2-6 pada lingkaran kedua yang Anda gunting sehingga Anda berakhir dengan dua lingkaran potongan yang identik.

8
Lem lingkaran bersama-sama. Gunakan beberapa lem untuk menempel dua lingkaran satu sama lain hanya pada cincin terluar. Pastikan Anda tidak lem bagian dalam lingkaran bersama-sama. Biarkan lem kering.

9
Tarik potongan lentera terpisah. Perlahan tarik setiap sisi lentera agar potongannya menyebar untuk mengungkapkan desain indah yang Anda potong ke dalamnya.
Ikat tali di bagian atas (melalui lubang dan cincin luar) dan gantungkan lentera ke suatu tempat untuk menikmatinya.

BACA JUGA : Lampion Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *