MASJID TIBEN TUREN – MALANG

October 6, 2021 @ 8:34 am

Kota Malang memiliki letak Geografis dan memiliki tempat wisata yang sangat beragam dan berbeda – beda. Serta memiliki potensi wisata religi seperti salah satunya Masjid Tiben ini. 

Masjid Tiben ini mulai dibangun pada tahun 1976  oleh Romo KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam.  Masjid Tiben ini berada di area dalam Masjid ini yaitu masuk ke dalam wilayah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah Jl. Anggur RT 27 RW 06 yang ada di desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang.

Masyarakat menyebutnya Masjid ini adalah Masjid besar yang penuh dengan keagungan dan keindahan.

SEJARAH DAN ARSITEKTUR MASJID TIBEN – MALANG

Bangunan pada Masjid ini memiliki 10 lantai yang merupakan bangunan pondok dan Masjid yang bisa anda kunjungi dengan menggunakan lift atau anak tangga. Pda lantai dasar terdapat pintu masuk yang berlorong dan dihiasi dengan lampu – lampu.  

  • Untuk Lantai 1 – 4 berfungsi sebagai para santri
  • Untuk lantai 6, berfungsi untuk ruang keluarga
  • Lantai 5,6,7,8, toko kecil yang dikelola para santriwati untuk menjual beberapa macam makanan ringan, perlengkpan ibadah seperti mukena, sajadah, tasbih, jilbab dll. z

Dan pembangunan Masjid ini cukup unik Karena tanpa menggunakan alat berat untuk membangun gedung – gedung tinggi pada umumnya. Selain itu dalam pembangunan Masjid Tiban ini dilakukan 250 santri dan penduduk sekitarnya.

Masjid yang dibangun oleh  Romo KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam pada tahun 1976.   

Masjid ini juga memiliki ornament kaligrafi emas yang bentuk coraknya berbeda serta warnanya berbeda antara satu ruangan dengan yang lain. Dilengkapi oleh jam klasik yang ada di ruang utama Masjid Tiben. 

Arsitektur pada masjid ini terinspirasi dari 3 budaya yang berbeda yaitu, Eropa, India, Arab dan China.

Masjid yang dominan bewarna putih, biru dan emas ini terlihat sangat megah, pengunjung juga bisa mengambil gambar atau memotret gambar, pengunjung juga lebih memilih berjalan kaki untuk mencoba makanan khas dari pesantren pada lantai dasar.

Untuk menuju ke lantai berikutnya, pengunjung bisa menggunakan tangga maupun lift yang tersedia pada masjid ini.  

Kemudian pada lantai 9, pengunjung bisa melihat dan menyaksikan pemandangan yang indah yang akan terlihat di dalam maupun di luar masjid.

Masjid Tiben ini bukan hanya di daerah Turen,Malang saja. tetapi di daerah Dusun Bendo kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Bagelan maupun Purworejo.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubahmasjidindo.com/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *