Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat Gatal

July 21, 2021 @ 8:10 am

Di artikel kali ini saya akan berbagi informasi manfaat minyak kelapa untuk obat, terutama untuk kesehatan. Selain digunakan sebagai minyak goreng, kelapa atau kelapa sawit juga bisa dibuat minyak dengan khasiat yang sama seperti obat. Apa sajakah manfaatnya, simak pada artikel berikut.

Pengertian Minyak Kelapa

manfaat minyak kelapa untuk obat

Menurut Wikipedia, Minyak kelapa murni (bahasa Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang terbuat dari bahan baku kelapa segar, diekstraksi dari minyak atau inti, diproses melalui pemanasan terkontrol atau bahkan tanpa pemanasan, tanpa menggunakan bahan kimia serta RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas akan menjaga kadar senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan komponen utama asam laurat memiliki sifat antibiotik, antibakteri dan jamur.

Minyak Kelapa Murni atau biasa disebut Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan modifikasi dari proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air rendah dan kadar asam lemak bebas yang berwarna jernih, berbau harum, dan memiliki umur simpan yang lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Ada banyak manfaat dari pembuatan minyak kelapa murni, yaitu:

  • tidak memerlukan biaya mahal karena bahan baku mudah didapat dengan harga murah
  • juga pengolahan yang sederhana dan terlalu rumit,
  • konsumsi energi minimal karena tidak ada bahan bakar yang digunakan, sehingga kandungan kimia dan kaya nutrisi, terutama asam lemak dalam minyak, tetap terjaga.

Dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau sering disebut dengan minyak goreng (copra coconut oil), minyak kelapa murni memiliki kualitas yang lebih unggul. Minyak kelapa tembaga berwarna coklat kecokelatan, berbau tidak sedap dan mudah pudar, sehingga tidak tahan lama (kurang dari dua bulan). Dari sudut pandang ekonomi, minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi daripada minyak kelapa kopra, sehingga perlu dikembangkan kajian tentang produksi VCO.

Penggunaan Minyak Kelapa pada Wajah

Menggunakan VCO pada wajah sebenarnya tidak sulit. Anda cukup mengaplikasikannya langsung ke area wajah Anda. Namun, jika Anda baru pertama kali mencoba mengoleskan minyak kelapa murni, jangan langsung dioleskan ke area wajah

Pertama kali ini adalah percobaan pertama Anda, periksa reaksi kulit Anda terhadap minyak ini. Karena beberapa orang dapat menyebabkan iritasi dari penggunaan minyak kelapa murni, terutama orang dengan kulit sensitif. Untuk melakukan tes, cukup oleskan sedikit VCO ke tangan atau bagian tubuh lainnya.

Tunggu sebentar atau semalaman. Jika tidak ada reaksi yang berarti, kemungkinan minyak ini aman untuk digunakan pada wajah Anda. Namun, jika ada tanda-tanda alergi, sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada wajah untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan lebih lanjut.

Efek samping penggunaan minyak kelapa pada wajah

Virgin coconut oil merupakan bahan alami yang umumnya aman digunakan. Namun, perlu diketahui bahwa VCO bersifat komedogenik. Artinya efek samping VCO untuk wajah cenderung menyumbat pori-pori pada sebagian orang sehingga bisa memicu timbulnya jerawat. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Orang yang rutin mengonsumsi antibiotik dalam jangka panjang atau yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga disarankan untuk tidak menggunakan minyak kelapa murni untuk perawatan kulit. Karena efek samping VCO untuk wajah bisa menyumbat pori-pori, menjadikan kulit tempat subur bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Anda juga sebaiknya tidak menggunakan VCO jika Anda memiliki alergi terhadap konsumsi kelapa. Beberapa orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kenari atau hazelnut mungkin memiliki alergi terhadap minyak kelapa, sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya pada wajah.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat Gatal

Adanya rasa gatal pada kulit tentu bisa membuat kita tidak nyaman dan mengganggu. Tak hanya itu, rasa malu juga akan hadir ketika iritasi dan ruam terjadi di area selangkangan kita. Penyebab utama gatal hingga ruam di daerah selangkangan adalah infeksi jamur pada kulit.

Jika tidak segera diobati, infeksi jamur ini bisa menyebar dan membuat lebih banyak bagian kulit yang gatal dan merah. Tak disangka, minyak kelapa tak hanya bisa menjadi bahan masakan, tapi juga obat alami gatal di area selangkangan, lho! Berikut ini manfaat minyak kelapa untuk obat gatal khususnya di area selangkangan.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat Gatal Selangkangan

Berbagai bahan dalam minyak kelapa menjadikannya obat alami untuk daerah selangkangan yang gatal. Selain itu, minyak kelapa memiliki sifat ringan yang membuatnya mudah dioleskan ke kulit. Namun, pastikan minyak yang Anda gunakan sebagai obat gatal adalah minyak kelapa extra virgin (VCO) yang tidak terlalu melalui aneka macam proses pembuatan.

Sebagai obat selangkangan yang gatal, caranya sangat sederhana, yaitu cukup dioleskan pada area yang gatal atau bermasalah tiga kali sehari. Lakukan ini sampai gatal atau ruam mereda. Minyak kelapa juga dapat digunakan terus menerus sebagai pelembab dan dapat menjadi cara untuk mencegah infeksi jamur di kemudian hari.

Gatal yang sudah menjadi perih masih bisa diobati dengan minyak kelapa. Ini karena minyak kelapa murni mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan, dan meningkatkan kadar kolagen. Untuk minyak kelapa ini bisa kamu dapatkan di toko terdekat seperti apotik jika ingin yang VCO, atau bisa membuat sendiri dengan mesin VCO. Khasiat dari membuat sendiri pun tak kalah dengan yang dibuat di pabrik pabrik.

Kunjungi juga: Rumah Mesin

Sekian artikel tentang manfaat minyak kelapa untuk obat. Dengan artikel ini semoga menambah wawasan anda tentang manfaat minyak kelapa dan juga mengetahui kegunaan dari minyak kelapa ini selain dibuat minyak kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *