Manajemen Aset Pada Industri Pembangkit Listrik

June 27, 2022 @ 7:51 am

Manajemen aset pembangkit listrik sangatlah penting. Nah, salah satu standar manajemen aset dengan standar internasional terbaru dikenal dengan nama ISO 55001. Penasaran apa itu ISO 55001, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu ISO 55001?

ISO 55001 adalah standar manajemen aset internasional yang diterbitkan berdasarkan kolaborasi lebih dari 30 negara dengan pimpinan Komite Proyek ISO 251 yang direncanakan selama  waktu 3 tahun. Standar manajemen aset ini memberikan kerangka kerja guna pembentukan dan pengaturan tujuan, proses, kebijakan, pemerintahan serta fasilitas yang dilibatkan dalam usaha demi mencapai tujuan.

Seberapa Penting ISO 55001?

ISO 55001 dinilai penting karena mampu mengelola dengan optimal biaya, risiko serta kinerja kepada perusahaan atau pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya. Selain itu standar manajemen aset ini memberikan dukungan penuh terhadap organisasi yang ingin memiliki budaya proaktif serta terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi dengan menciptakan nilai maksimum aset.

Sebagai standar yang diakui secara global, standar ini menyediakan organisasi di seluruh dunia dengan bahasa umum dan kerangka kinerja konsisten serta selaras dengan standar manajemen lainnya.

Tujuan ISO 55001

Adapun tujuan manajemen aset ISO 55001, diharapkan organisasi atau pemangku kepentingan mencapai tujuan melalui manajemen aset yang efisien serta efektif, tentunya dilakukan secara konsisten serta berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Manfaat Menerapkan ISO 55001

Sebagai standar yang sudah diakui secara global, menerapkan ISO 55001 memiliki manfaat khususnya bagi manajemen aset pembangkit listrik. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Kinerja Organisasi Efektif
  2. Efektivitas dan Efisiensi Biaya
  3. Manajemen Risiko Lebih Rendah
  4. Peningkatan dan Pertumbuhan Bisnis
  5. Pengambilan Keputusan Lebih Efektif
  6. Meningkatkan Reputasi Organisasi dan Kepercayaan Stakeholder

Salah satu perusahaan di Indonesia yang pertama sekaligus di  Asia Pasifik yang telah menerima ISO 55001 adalah PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PT. PJB). Sebuah pencapaian yang menakjubkan bagi PT yang menyediakan jasa MRO karena memiliki manajemen aset pembangkit listrik yang sudah diakui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *