Madu Mengkristal, Tanda Palsu

January 17, 2023 @ 12:29 pm

Dari sekian banyak brand madu yang ada di pasaran, sebagian di antaranya adalah madu palsu atau madu yang dicampur gula. Lalu, apakah madu yang mengkristal sanggup dipastikan sebagai madu palsu?

Madu menyajikan sejumlah kegunaan kesehatan dan perawatan kulit. Bukan saja sanggup dipakai sebagai alternatif gula, madu pun sanggup dijadikan bahan campuran masker rambut dan wajah.
Madu termasuk banyak digunakan untuk bermacam keperluan sehari-hari dengan cara membedakan madu asli dan madu palsu.

Jadi, jikalau hendak memanfaatkan madu, tentunya termasuk wajib perhatikan perubahan wujud kristal atau 1/2 padat setelah sebagian saat.

Apa yang terlintas di benak kita disaat lihat madu mengkristal? Kebanyakan orang menganggapnya itu palsu.Namun bukan itu masalahnya. Kristalisasi madu, pada kenyataannya, adalah proses alami dan bukan tanda pemalsuan atau pembusukan,” kata Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI), mematahkan mitos yang sepanjang ini dipercaya


FSSAI menjelaskan bahwa kristalisasi madu adalah fenomena alam. Madu mengkristal belum pasti palsu.

“Sesuai Standar FSSAI, kedisiplinan madu sanggup cair, kental, atau sebagian hingga seluruhnya mengkristal,” tulis mereka.

Menurut sebuah penelitian bertajuk An Innovative Method of Preventing Honey Crystallisation, kristalisasi madu adalah jaminan bahwa madu itu murni dan alami. Madu sanggup mengkristal sebab sejumlah alasan, dengan rasio fruktosa/glukosa menjadi yang utama. Kristal pada dasarnya adalah larutan bosan dari dua gula (glukosa dan fruktosa).
Sementara fruktosa tetap larut, glukosa punya kelarutan yang lebih rendah yang mengarah ke kristalisasi. Ketika kadar glukosa meningkat dalam madu, madu menjadi tidak larut dalam air.

Faktor lain layaknya suhu penyimpanan, bagaimana madu diproses, dan lainnya, termasuk sanggup membuat kristalisasi. Sementara madu yang mengkristal bukanlah tanda pemalsuan, tetapi pemalsuan madu dengan gula adalah praktek umum.

Jika kita bertanya-tanya bagaimana langkah mendeteksi keberadaan gula, melaksanakan tes sederhana yang dibagikan oleh FSSAI ini.

  • Ambil air dalam gelas.
  • Tambahkan sebagian tetes madu ke dalamnya.
  • Tidak ada dispersi yang tampak dalam gelas dan madu mengendap di anggota bawah, jikalau murni.
  • Madu yang dipalsukan akan menyebar dalam air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.