MASJID DI RUSIA DENGAN MODEL BANGUNAN SERTA KUBAH MASJID YANG UNIK

January 19, 2021 @ 5:23 pm
  1. Masjid Lala–Tulip

Pusat kegiatan muslim yang ada di Republik Bashkortostan adalah di Masjid Agung Lala-Tulip. Masjid dan kubah masjid ini dibangun dengan sumbangan dari pemerintah dan umat muslim disana. Masjid ini memiliki desain arsitektur yang sangat menarik. Untuk bentuk dan warna pada bangunan utama masjid ini mirip sekali dengan bunga tulip yang mekar. Di kedua puncak menaranya berbentuk seperti tunas atau kuncup bunga tulip.

Kemiripan yang dibuat ini merupakan kesengajaan. Bunga tulip sebagai simbol bangsa Turk pada zaman kuno. Dalam sebuah legenda Bashkir, ibaratnya kebahagiaan terletak di kuncup bunga tulip. Masjid Lala-Tulip dapat menampung 1.000 jamaah dan karena menara masjid ini setinggi 53 meter maka dijadikan sebagai masjid tertinggi ketiga di Rusia, yaitu setelah Masjid Jantung Chechnya setinggi 63 meter dan Masjid Kul Sharif setinggi 57 meter.

2. Masjid Mukhtarov

Masjid Mukhtarov berdiri di tepi sebelah kiri Sungai Terek yang merupakan simbol dari ibukota Republik Ossetia-Alania, Vladikavkaz. Masjid ini dibangun pada tahun 1905 dan selesai pada tahun 1908. Seorang yang membiayai pembangunan Masjid Mukhtarov adalah jutawan minyak yang berasal dari Baku bernama Murtaza Agha Mukhtarov. Ia membangun masjid itu karena istrinya berasal dari Vladikavkaz. Masjid Mukhtarov dibangun dengan gaya arsitektur Mesir yang mirip dengan Universitas Al-Azhar. Masjid ini dibangun dari batuan kapur putih yang dibawa dari tepi kota Baku.

Pada saat kampanye ateis, dewan kota Soviet telah memutuskan untuk menghancurkan Masjid Mukhtarov pada tahun 1934. Komandan Kompi Tatar XXV Y.I. Betkenev, menanggapi atas perintah itu untuk memerintahkan anak buahnya melindungi Masjid Mukhtarov. Kemudian pemerintah menyerah dan status monumen diberikan untuk Masjid Mukhtarov ini.

3. Masjid Noorda Kamal

Salah satu bangunan masjid yang paling indah yang ada di kota Norilsk, Arktik yaitu Masjid Noorda Kamal.Masjid ini terletak di paling utara dunia dan telah terdaftar di Guinness Book of Records.Desain Masjid Noorda Kamal ini sangat berbeda dengan masjid pada umumnya karena masjid ini harus menyesuaikan dengan kondisi iklim dan cuaca yang ekstrim. Tidak seperti menara lain, Masjid Noorda Kamal berbentuk bersegi yang fungsinya adalah supaya batu bata tidak membeku dan lebih tahan hembusan angin.Top of FormBottom of Form

Masjid Noorda Kamal dibangun oleh seorang pengusaha bernama Mithada Bikmeyeva yang berasal dari etnis Tatar dan lahir di Norilsk. Masjid ini diberi nama Noorda Kamal untuk menghormati kedua orang tuanya yaitu ayahnya yang bernama Nuritdin dan ibunya bernama Gaynikamal.

Berikut salah satu 3 masjid yang unik di rusia

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *