Ketahui Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan

February 10, 2023 @ 4:02 am

BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial untuk kesehatan merupakan sebuah layanan kesehatan yang di sajikan pemerintah untuk masyarakat.

Fasilitas ini ada untuk mempermudah masyarakat di dalam meniti kegiatan apa pun di pusat-pusat kesehatan seperti puskesmas, klinik ataupun rumah sakit, seperti berobat, melahirkan dan banyak lagi bahkan untuk persoalan finansial.

Ada berbagai kelas di dalam BPJS Kesehatan, mulai dari kelas I sampai dengan kelas III. Iuran yang dibebankan pun tidak sama antara satu kelas dengan dengan kelas lainnya. Perbedaan kelas ini nantinya bakal mempengaruhi kelas terhadap service di rumah sakit yang juga berjenjang.

Ketika pasien meninggal dunia, maka tentu data kepesertaannya di BPJS Kesehatan harus dinonaktifkan. Yang menonaktifkan adalah keluarga dari orang yang meninggal. Karena itulah, harus ada keluarga yang tahu bagaimana prosedurnya.

Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan

Pada dasarnya BPJS Kesehatan baru dianggap tidak aktif jika pasien yang sudah meninggal dunia. Adapun saran cara menonaktifkan BPJS kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Melaporkan Pada Pihak Terkait

Setelah pasien BPJS meninggal dunia, sudah seharusnya pihak keluarga melaporkan pada petugas BPJS. Untuk bisa mengurus kenonaktifan keanggotaan BPJS si pasien yang bersangkutan.

2. Mengumpulkan Berkas

Setelah melaporkan pada petugas BPJS, biasanya Anda bakal disuruh menyiapkan beberapa persyaratan berkas untuk mengurus Non aktif keanggotaan.

Berkas-berkas tersebut antara lain, fotokopi surat keterangan kematian si pasien, bukti pembayaran iuran terakhir, fotokopi kartu keluarga (KK), kartu BPJS yang bersangkutan, serta kartu identitasnya.

3. Diwakili Anggota Keluarga

Pada saat pengurusan non aktif keanggotaan, haruslah diwakilkan oleh salah satu bagian keluarganya. Tidak boleh diwakilkan oleh orang lain yang tidak ada hubungan keluarga, meskipun itu orang paling dekat ataupun kawan baik.

4. Datang Langsung

Pada saat kepengurusan penonaktifan keanggotaan BPJS, wakil dari si pasien harus langsung datang ke kantor BPJSnya dan mempunyai kelengkapan persyaratan yang diminta.

5. Tidak Hanya Secara Online

Proses ini tidak diperbolehkan mengurus hanya melalui online saja, namun harus dilanjutkan untuk tahap offlinenya di kantor BPJS. Karena ada urusan yang ditunaikan melalui online saja, seperti memberikan data fisik si pasien.

6. Iuran Terakhir Sudah Lunas

Sebelum mengurus kenonaktifan salah satu bagian keluarga Anda yang sudah meninggal, pastikan dulu iuran terakhir sebelum ia meninggal sudah dilunasi. Agar mempermudah persyaratan saat mengurusnya yang sesungguhnya diminta di dalam berkas persyaratan.

7. Tidak Membayar Iuran Lagi

Setelah Anda yakin proses non aktif keanggotaan BPJS keluarga Anda sudah selesai, artinya si pasien sudah non-aktif. Untuk itu, Anda tidak kudu melanjutkan pembayaran iuran tiap bulannya lagi.

8. Simpan Bukti

Setelah selesai mengurus kenonaktifan peserta BPJS keluarga Anda, simpan bukti-bukti yang diberikan oleh petugas BPJS. Karena jika sewaktu waktu Anda ditanya perihal persoalan ini, Anda bisa menunjukkan bukti tersebut bahwa salah satu bagian keluarga Anda sudah non-aktif sebagai peserta BPJS karena sudah meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *