24. Jasa Pengeboran Tambang Bawah Tanah Profesional

Jasa Pengeboran Tambang Bawah Tanah Profesional

January 12, 2021 @ 9:18 am

Kegiatan operasi penambangan yang hadir dengan menggunakan metode tambang bawah  tanah cukup bergantung pada keberhasilan dalam proses penggalian batu tersebut.  Pemboran serta peledakan tambang bawah tanah khusus dilakukan dengan tujuan untuk  membuka akses sebelum selanjutnya melakukan kegiatan produksi. Dalam kegiatan  pengeboran dan peledakan tambang bawah tanah tidak dapat dilakukan dengan  sembarangan. Dalam hal ini, diperlukan adanya layanan jasa pengeboran tambang bawah  tanah profesional seperti https://mria.co.id/ 

Penyedia Jasa Pengeboran Tambang Bawah Tanah 

Prinsip pola pengeboran tambah bawah tanah pada dasarnya sama dengan tambang  terbuka. Pola tersebut dilakukan dengan membuat adanya sekuensial ledakan antar  lubang. Langkah pertama yang dilakukan dalam proses peledakan adalah kegiatan peledakan (blasting) pembuatan cut pada bidang bebas atau free fire. Yang kemudian akan disusul  dengan lubang-lubang lainnya dengan lemparan batu yang lebih terarah. 

Sedangkan pada kegiatan terakhir peledakan terjadi pada bagian yang telah terbuka sejak  awal. Dalam kondisi ini, diperlukan adanya kontrol yang perlu dilakukan pada bagian  atap serta bagian dinding agar lebih rata tidak terdapat tonjolan pada kedua bagian  tersebut. 

Pola Pemboran Tambang Bawah Tanah 

Tersedianya lahan terbatas pada kegiatan pengeboran tambang bawah tanah, maka yang  harus menjadi perhatian adalah penyediaan bidang yang bebas. Selain itu, tenaga kerja  yang berpengalaman juga diperlukan pemanfaatan detonator untuk menyediakan waktu  jeda dalam peledakan tersebut. 

Karena kondisi ruang bawah tanah yang tidak terlalu luas, hal ini akan membatasi  kegiatan lanjutan pengeboran. Oleh karena itu, diperlukan adanya pola pengeboran  tambang bawah tanah yang dapat disesuaikan dengan kondisi ruang bawah tanah  tersebut. Dengan demikian, diperlukan adanya cut untuk mempemudah proses  pengeboran. 

Jasa Pengeboran Tambang Bawah Tanah Profesional

Pada umumnya, terdapat beberapa tipe cut yang dapat dikembangkan dengan kondisi  batuan setempat. Berikut ini beberapa tipe cut yang merupakan suatu lubang yang tidak  memiliki free face. Dengan bentuk berupa lubang bot dengan kedalaman yang hanya  dapat diperoleh. 

Adapun beberapa tipe cut yang biasa digunakan oleh layanan jasa pengeboran tambang  bawah tanah dalam menerapkan pola pengeboran antara lain: 

Machine Cut 

Salah satu pola pengeboran tambang bawah tanah yang digunakan apabila batuan yang 

akan diledakkan cukup lunak seperti pada gypsum dan potash. Dalam proses pembuatan  cut dilakukan dengan menggunakan bantuan mesin serta dilengkapi cutter bars. 

Proses pemotongan dilakukan dengan jumlah satu atau beberapa irisan horizontal atau  vertikal pada face. Hal ini bertujuan untuk membuat sebuah bidang bebas pada bagian  bawah permukaan kerja. Kedalaman irisan yang membatasi besarnya kemajuan. 

Burn Cut 

Pola burn cut memiliki nama lain cylinder cut yang sangat sesuai diterapkan pada jenis  batuan keras dan tegas. Pola pengeboran tambang bawah tanah dibuat secara paraller  serta tegak lurus dengan face yang memperoleh kelengkapan dengan jarak spasi yang  sangat rapat. Biasanya penerapan cut satu ini digunakan pada lubang bukaan dengan  ukuran yang lebih kecil. 

Wedge atau Angled Cut 

Pola pengeboran tambah bawah tanah satu ini terdapat sudut kemiringan pada bidang  terbuka. Hal ini bertujuan agar pergerakan batuan menjadi lebih besar. Jenis dari pola  pengebor wedge cut antara lain The Dream Pyramid Cut serta V Cut. Pada lubang  pemboran berukuran besar pada umumnya menggunakan pole pengeboran tambang  bawah tanah jenis ini. 

PT Maleo Rachma Indo Abadi merupakan layanan jasa pengeboran tambang bawah  tanah profesional. Selain itu, tenaga kerja yang kami miliki juga berpengalaman dalam  bidang pengeboran sehingga mampu memberikan hasil yang terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *