Ini Penyebab Kebiasaan Buang Sampah Sembarang Orang Indonesia

October 17, 2019 @ 2:11 pm

Di negara kita ini, kesadaran masyarakat tentang tertib dan disiplin membuang sampah kedalam tempat sampah outdoor secara teratur memang masih rendah.

Karena masih sangat mudah kita temui mereka – mereka yang membuang sampah ke tempat yang bukan seharusnya. Beberapa orang juga sudah tau pentingnya membuang sampah sesuai jenisnya ke tong sampah.

Namun terkadang kondisi lingkungan masyarakatnya yang tidak peduli akan hal tersebut membuat mereka pun akhirnya ikut – ikutan jadi sembarangan dalam membuang sampah.

Setidaknya ini adalah alasan kenapa orang Indonesia masih belum terlalu peduli dengan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.

  1. Terbawa lingkungan

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi bahwa kebanyakan memang terbawa sifat masyarakat lingkungan mereka sendiri.

Jika yang disiplin hanya 2 orang dan yang tidak disiplin lebih dari 10 orang, pasti lama – lama 2 orang ini akan terbawa juga ikut – ikutan membuang sampah yang bukan pada tempatnya.

Makanya penting sekali edukasi masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan bahayanya jika sampah berada di lingkungan .

  • Bingung harus buang kemana

Selanjutnya ada juga kenapa orang Indonesia buang sampah sembarangan karena mereka bingung harus buang kemana.

Bahkan ada di beberapa tempat yang dalam lingkungannya tidak ada tempat pembuangan sampah, sehingga mereka pun membuangnya ke sungai atau ke jalan, atau ke tempat yang memang bukan seharusnya.

  • Tidak ada sanksi tegas

Nah ini juga yang kerap menjadi alasan kenapa banyak masyarakat kita menyepelekan dan tetap buang sampah sembarangan. Karena tidak ada sanki tegas yang tertulis bilamana telah melakukan pelanggaran buang sampah sembarangan.

Padahal di negara – negara maju sendiri, peraturan untuk membuang sampah sangatlah ketat dan sanksi nya pun cukup berat sehingga masyarakatnya berpikir 2 kali jika harus membuang sampah sembarangan.

  • Jadi budaya

Jika di negara Jepang disiplin sampah itu sudah sangat membudaya dan kental terhadap masyarakatnya. Nah di Indonesia justru sebaliknya. Dimana buang sampah sembarangan pasti sudah sangat membudaya.

Meskipun kita sudah tertib dalam membuang sampah, pasti ada saja momen dimana kita tak sengaja membuang sampah sembarangan lagi, saat berwisata misalnya.

Maka dari itu ayo kita biasakan diri kira untuk tertib dalam membuang sampah sesuai jenisnya dan ketempatnya.

Author Vaunparly Category Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *