IELTS Test - Distribusi Keterampilan Bahasa dalam Tes IELTS

IELTS Test – Distribusi Keterampilan Bahasa dalam Tes IELTS

June 30, 2019 @ 7:33 am

IELTS Test – Sistem Pengujian Bahasa Inggris Internasional (IELTS) adalah metode evaluasi untuk empat keterampilan bahasa Inggris Anda; mereka mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Total waktu adalah 2 jam dan 44 menit ditambah waktu interval. Meskipun umumnya ada 2 jenis tes IELTS, mereka adalah tes IELTS Academic dan IELTS General Training. Bahkan tes mendengarkan dan berbicara masih sama untuk dua versi itu. Sementara itu, bagian membaca dan menulis hanya ditujukan untuk IELTS untuk tujuan akademik. Jadi, bagaimana format atau distribusi komponen dari empat keterampilan dalam tes IELTS? Berikut penjelasannya.

IELTS Test – Distribusi Keterampilan Bahasa dalam Tes IELTS

IELTS Mendengarkan
Anda perlu mendengarkan 4 set rekaman dan kemudian menjawab pertanyaan yang diberikan. Penutur asli digunakan untuk perekaman dengan total durasi 30 menit. Dalam rekaman 1, Anda mendengarkan dialog dengan konteks harian. Sementara itu, dalam rekaman 2, ada monolog harian dalam konteks sosial. Contohnya adalah monolog dari kondisi atau situasi tertentu di area tertentu. Dalam rekaman 3, ada percakapan antara 2 orang atau lebih yang ditempatkan dalam pelatihan atau konteks pendidikan. Khusus untuk akademik IELTS, situasinya diatur antara guru dan siswa. Terakhir, ada rekaman 4 dengan monolog dengan subjek akademik.

Membaca IELTS
Komponen tes membaca terdiri dari 40 pertanyaan. Pertanyaan datang dari banyak topik dan tema untuk menguji kemampuan Anda dalam manajemen membaca. Tujuan dari tugas ini adalah untuk menemukan pesan yang tersirat, gagasan utama, pendapat, tanggapan, dan tujuan penulis. Ada terutama 2 jenis tugas yang tersedia di bagian bacaan. Pertama, ini adalah tes membaca untuk modul akademik. Ini terdiri dari 3 teks panjang dengan karakteristik deskriptif, faktual, dan analitis. Teks-teks tersebut dikutip dari koran, majalah, buku, dan jurnal. Atau dengan kata lain, mereka adalah bahan otentik. Sementara itu, untuk modul pelatihan umum, teks-teks juga dikutip dari sumber yang sama. Tetapi topiknya cenderung berbeda dari modul akademik. Modul pelatihan umum cenderung memiliki topik-topik tertentu yang terkait dengan konteks sehari-hari dan sosial.

IELTS Test – Distribusi Keterampilan Bahasa dalam Tes IELTS

Penulisan IELTS
Tes IELTS untuk menulis; Anda dapat melakukan 2 jenis tugas. Tugas pertama meminta Anda untuk menggambarkan dan menjelaskan tabel, diagram, atau grafik. Pastikan untuk menjelaskan semua hal secara akurat berdasarkan data. Di sisi lain, tugas kedua meminta Anda untuk menulis esai sebagai tanggapan atau argumen mengenai topik atau masalah tertentu. Pastikan untuk menggunakan gaya bahasa formal.

IELTS Berbicara
Dalam tes berbicara IELTS, kemampuan berbicara Anda dicatat dan dinilai dalam tiga bagian. Pertama, Anda ditanya semua hal yang berkaitan dengan diri Anda termasuk keluarga, rumah, pekerjaan, minat, belajar, dan lainnya dengan durasi waktu sekitar 5 menit. Kedua, ada kartu yang diberikan dengan topik tertentu. Pastikan untuk membicarakan topik tersebut sekitar 2 menit secara akurat. Anda seharusnya tidak khawatir; ada satu menit tambahan di awal persiapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *