Harga emas dan cara investasi untuk pemula

January 19, 2023 @ 7:58 am

update harga emas antam hari ini – Setelah krisis minyak tahun 1970-an dan inflasi tinggi selama bertahun-tahun, emas mencapai rekor harga $850 per ons pada tahun 1980. Kemudian, setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk menahan inflasi, nilainya turun dan praktis tidak berubah selama dua dekade. Butuh 28 tahun, hingga 2008, agar harga emas naik kembali menjadi $850 per ons.

Run terakhir terjadi selama Resesi Hebat baru-baru ini dan krisis keuangan tahun 2008. Tahun itu, pinjaman ditangguhkan, rata-rata industri Dow Jones kehilangan 778 poin dalam satu hari, dan ikon Wall Street Bear Stearns dan Lehman Brothers, runtuh sebagai negara gugup menunggu untuk mencari tahu siapa yang akan menjadi berikutnya.

“Pada tahun 2008 dan 2009 sepertinya kita akan jatuh ke jurang yang dalam,” kata Barry Ritholtz, seorang kolumnis keuangan dan presiden serta kepala investasi di Ritholtz Wealth Management di New York, dengan $182 juta di bawah manajemen.

Harga emas tumbuh 131% dari akhir 2007 hingga September 2011, ketika mencapai $1.921 per ons, menurut World Gold Council (WGC). Kemudian dikatakan bahwa harganya akan lebih dari dua kali lipat. Sebaliknya, ekonomi membaik, saham pulih, dan emas jatuh, kehilangan 28% dari nilainya pada tahun 2013. Emas jatuh lagi pada tahun 2014, mengakhiri tahun pada $1.184 per ons.

Sebaliknya, tahun lalu Indeks S&P 500, yang jatuh nilainya lebih dari 50% antara puncaknya pada tahun 2007 dan palungnya pada tahun 2009, membuat semua penurunan dan sejak itu mencapai tingkat rekor. “Emas adalah sarana investasi emosional, dan yang tidak akan saya rekomendasikan untuk mereka yang hampir pensiun atau sudah pensiun,” kata David I. Kass, profesor keuangan di University of Maryland, College Park. “Harga emas bisa turun atau naik dengan kecepatan yang sama.”

Menurut banyak penasihat, investor yang lebih tua khususnya membutuhkan investasi yang menghasilkan pendapatan, seperti sekuritas yang membayar dividen, obligasi daerah, atau investasi real estat yang membayar sebagian besar pendapatan mereka dalam bentuk dividen kepada pemegang saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.