Hal Yang dilakukan Setelah Menginstal Ulang Windows Komputer

August 20, 2020 @ 12:27 pm

Anda baru saja menginstal ulang windows komputer atau laptop? Berarti OSnya kini sudah jadi baru kembalikan?. Namun jangan terburu-buru untuk langsung memakainya karena bisa jadi tidak bisa digunakan untuk mengoperasikan kebutuhan yang anda inginkan seperti mengetik atau mengedit gambar dan video. 

Bisa jadi setelah diinstal ulang anda sendiri akan kaget karena pada bagian layar monitor berbeda dari biasanya. Ini terjadi karena belum ada aplikasi – aplikasi yang diinstal di perangkat tersebut.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa digunakan kembali seperti sebelumnya. Apa saja yang harus dilakukan? Dikutip dari web servicekomputerpanggilantangerang.com berikut anjurannya: 

Kembalikan ke setting BIOS awal 

Sehabis menginstal ulang Windows hal yang harus dilakukan setelah itu adalah mengembalikan settingan bios ke awal mula. Untuk mengembalikan settingan ini sangat mudah sekali. Sama ketika anda akan menginstal ulang windowsnya. 

Caranya anda kembali masuk ke BIOS kemudian cari kebagian Boot lalu pilih ke bagian Hard Drive dengan menekan tombol tap ke atas sampai ke atas. Bila sudah berpindah ke atas langsung save aja. 

Install driver

Agar perangkat ini bisa berjalan dengan baik dan anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru maka perlu sekali untuk menginstal driver terlebih dahulu. Misalkan saja setelah diinstal ulang komputer atau laptop tidak bisa terhubung dengan internet maka dari itu driver untuk land card dan wi-fi harus dipasang dulu. Atau pada bagian sound-nya, ketika diberikan input sebuah suara ternyata perangkatnya membisu. Ini dikarenakan driver pada sound card belum terpasang. 

Untuk menginstalnya sendiri sangat mudah sekali anda tinggal cari saja driver driver yang ada ada pada bawaan ketika membeli baru atau mencari di internet sesuai dengan kebutuhan perangkat tersebut. 

Install anti-virus 

Jangan sampai lupa untuk meng-install anti-virus favorit anda. Banyak sekali jenisnya dari yang berbayar sampai yang gratis. Namun yang tak boleh terlewatkan untuk meng-update versi terbaru. Kita tahu bahwasannya sistem operasi windows ini mudah sekali terserang virus. Namun ada baiknya pilih salah satu saja karena bila terlalu banyak menginstal antivirus nantinya akan memberatkan kinerja dari perangkatnya.

Install software yang diperlukan 

Nah install software yang diperlukan pun tidak bisa dilewatkan karena ini adalah aplikasi yang nantinya akan anda gunakan. Beberapa yang umum di pasang seperti microsoft office, photoshop, corel, google chrome atau mozilla, PDF Rider dan aplikasi lainnya yang memang anda butuhkan. Tujuan hanya yang perlu saja dalah sgar tidak memenuhi harddisk dan membuat kinerja komputer lebih ringan. 

Memang melakukan pekerjaan instal ulang itu tidaklah mudah maka itu dibutuhkan seorang ahli seperti service komputer di jakarta selatan. Yang mana akan membantu anda untuk memperbaiki sistem operasi yang error si dengan menginstal ulang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *