berita entrepreneur terbaru

Ciri-ciri Entrepreneur dan Contohnya di Indonesia

July 11, 2022 @ 8:09 pm

Entrepreneur selalu menjadi idaman bagi sebagian orang karena mampu mendapatkan penghasilan besar. Dalam berita entrepreneur terbaru, disebutkan bahwa seorang entrepreneur yang baik berasal dari seluruh lapisan masyarakat.

Untuk mengetahui apakah seseorang berbakat menjadi entrepreneur pun cukup mudah. Hal ini bisa dilihat dari karakter atau ciri-ciri yang dimilikinya.

Ciri-ciri Entrepreneur

Setidaknya ada 8 ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang entrepreneur yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Rasa Ingin Tahu

Ciri-ciri yang pertama yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, dan selalu mencari keinginan untuk mencari peluang yang baru. Entrepreneur memang tidak gampang puas dan mempunyai pola pikir penasaran.

Selain itu, entrepreneur juga menyukai berbagai hal yang cukup menantang serta mencoba hal-hal baru untuk perkembangan bisnisnya.

2.     Melakukan Eksperimen Secara Terstruktur

Entrepreneur seringkali melakukan eksperimen secara terstruktur terhadap peluang yang baru ditemukan. Tujuannya tentu untuk menentukan apakah ide tersebut layak untuk dikejar ataukah tidak.

Seperti misalnya, jika Anda mempunyai ide untuk layanan atau produk baru, maka harus pastikan bahwa konsumen bersedia untuk membayarnya. Sehingga harus dilakukan riset pasar secara keseluruhan serta menjalankan tes.

3.     Membangun Tim yang Baik

Wirausaha selalu menyadari bahwa suatu bisnis selalu memiliki yang namanya kekuatan dan kelemahan. Dalam hal ini, entrepreneur harus membangun suatu tim untuk melengkapi kemampuan yang diperlukan. Tim tersebut tentunya harus bisa memberikan konstribusi  pada perusahaan.

4.     Toleransi dan Menimalisir Risiko

Entrepreneur atau wirausaha dalam berita entrepreneur terbaru memang selalu berani dalam pengambilan risiko. Tapi seorang wirausaha yang baik juga akan melakukan berbagai cara untuk menimalisir terjadinya risiko. Salah satunya adalah melakukan kerja sama yang baik bersama tim.

5.     Selalu Berinovasi

Saat memilih layanan atau produk, seorang entrepreneur harus memikirkan masalah inovasi. Inovasi sendiri sangat dibutuhkan untuk memenuhi sekaligus meningkatkan kebutuhan pasar yang selalu berubah.

Contoh Entrepreneur

Indonesia memiliki banyak sosok entrepreneur yang ternama, entrepreneur ini diketahui telah mencoba bisnis di beberapa bidang seperti teknologi. Contohnya adalah Dimas Surya Yaputra, Wenas Agusetiawan, Natali Ardianto yang berhasil membentuk startup Tiket.com.

Kelompok anak muda tersebut mengembangkan website dalam rentang usia 22 hingga 26 tahun. Website tiket.com sendiri dibentuk pada tahun 2011.

Diatas adalah ciri-ciri entrepreneur dan contohnya di Indonesia berdasarkan berita entrepreneur terbaru. Jika Anda ingin mendapatkan beragam informasi aktual dan terpercaya dari seluruh penjuru dunia, Anda dapat mengunungi website resmi SWA Magazine hanya diĀ https://swa.co.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published.