Profil & Biodata Rangga Azof yang Sering Membintangi Banyak FTV

Profil & Biodata Rangga Azof yang Sering Membintangi Banyak FTV

Pemain bulan-bulanan FTV Rangga Azof lahir di Palembang, pada 6 Mei 1989 ini memang telah banyak sekali membintangi FTV. Aktor tampan ini telah berkecimpung di dunia akting sejak 7 tahun lalu dengan banyak prestasi dan karya. Meski banyak yang belum mengenalnya, tapi akting Rangga tidak kalah dengan artis lainnya.

Sebagai artis yang telah banyak karya, Rangga tidak melupakan studi yang tengah dijalaninya. Ia pun telah menyelesaikan studinya di Universitas Paramadina, Jakarta pada tahun 2011 dengan mengambil jurusan Creative Advertising dan sempat pula ia magang di salah satu perusahaan biro iklan di Jakarta. Nah dari magang tersebut, terbitlah ketidaksengajaan dirinya untuk lahir menjadi seorang artis.

Rangga magang di bagian departement creative yang ditugaskan untuk menentukan konsep iklan dan menentukan siapa yang menjadi pemeran iklan tersebut. Namun, dari audisi yang telah dilakukan tidak menemukan pemeran yang cocok dengan konsep iklan biskuit tersebut.

Hingga akhirnya sang atasan pun menunjuk Rangga untuk menjadi bintang iklan biskuit tersebut dan rekaman iklannya pun ketika diberikan kepada klien, klien sangat menyukainya dan menjadikan Rangga sebagai bintang iklan. Sampai akhirnya ia pun menjadi seorang aktor seperti sekarang.

Beberapa FTV yang dibintangi, antara lain pada tahun 2013 “Kejarlah Daku Kau Kutilang”, “Toko Kr. Amat: Diary Masa Depan”, “Toko Kr. Amat: Sepeda Onthel Badai”, “Mendadak Sakti”, “Kukibarkan Benderaku”, pada tahun 2014 “Seleb Kepentok Cowok Kampung”, “Cinta Bersemi di Klinik 24 Jam”, “Cintaku Ga Kaya Mantanmu”, “ Makin Dilarang Makin Cinta”, pada tahun 2015 “Piala Terakhir Dinda”, pada tahun 2016 “Legenda Danau Satonda”, “Rahasia Tuhan: Jangan Mati Meninggalkan Belang”, “Cermin Kehidupan: Sajadah Merah Jambu”, “Rahasia Tuhan: Air Mata Dipusara Ibu”, “Cermin Kehidupan: Habis Gelap Terbitlah Iman”, dan “Cermin Kehidupan: Pencuri Rakaat”.

Aktor yang pernah bergabung dengan grup band MuVon pada tahun 2015 ini juga pernah bermain film, yaitu “8 Hari Menaklukan Cowo” di tahun 2016 dan “Stip dan Pensil” di tahun 2017. Selain itu, terdapat beberapa sinetron yang dibintanginya, diantaranya “Cinta yang Sama” tahun 2013 yang membuat naamnya makin melambung, di tahun 2014 “Tiba-tiba Cinta”, “Detak Cinta”, dan “Diam-diam Suka: Cinta Lama Bersemi Kembali”, “Masa Muda” di tahun 2017, dan “Cinta Buta” di tahun 2018 yang berhasil membuat para penonton baper dengan chemistry antara dirinya dengan Nikita Willy.

Aktor yang gemar makan nasi goreng dan mie ayam ini, ternyata aslinya memiliki sifat pendiam dan introvert ini membuat keluarganya sempat kaget dengan aktingnya yang marah-marah, karena Rangga dinilai sangat pendiam. Rangga yang hobi tidur ini pun memiliki lain, yaitu hobi bermain sepak bola dan  menjadi salah satu penggemar tim bola Chealsea FC. Selain itu, aktor bertubuh kekar ini juga sempat berlatih bela diri dengan aktor bela diri Yayat Ruhiyat.

Sempat menjalin hubungan dengan Fita Anggraini selama dua tahun dan sempat berniat untuk melangkah ke jenjang pernikahan, keduanya memutuskan untuk mengakhiri hubungan. Kini, Rangga Azof pun masih berstatus single dan memiliki niat menikah ketika berumur 30 tahun.

Ini Penyebab Kebiasaan Buang Sampah Sembarang Orang Indonesia

Di negara kita ini, kesadaran masyarakat tentang tertib dan disiplin membuang sampah kedalam tempat sampah outdoor secara teratur memang masih rendah.

Karena masih sangat mudah kita temui mereka – mereka yang membuang sampah ke tempat yang bukan seharusnya. Beberapa orang juga sudah tau pentingnya membuang sampah sesuai jenisnya ke tong sampah.

Namun terkadang kondisi lingkungan masyarakatnya yang tidak peduli akan hal tersebut membuat mereka pun akhirnya ikut – ikutan jadi sembarangan dalam membuang sampah.

Setidaknya ini adalah alasan kenapa orang Indonesia masih belum terlalu peduli dengan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.

  1. Terbawa lingkungan

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi bahwa kebanyakan memang terbawa sifat masyarakat lingkungan mereka sendiri.

Jika yang disiplin hanya 2 orang dan yang tidak disiplin lebih dari 10 orang, pasti lama – lama 2 orang ini akan terbawa juga ikut – ikutan membuang sampah yang bukan pada tempatnya.

Makanya penting sekali edukasi masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan bahayanya jika sampah berada di lingkungan .

  • Bingung harus buang kemana

Selanjutnya ada juga kenapa orang Indonesia buang sampah sembarangan karena mereka bingung harus buang kemana.

Bahkan ada di beberapa tempat yang dalam lingkungannya tidak ada tempat pembuangan sampah, sehingga mereka pun membuangnya ke sungai atau ke jalan, atau ke tempat yang memang bukan seharusnya.

  • Tidak ada sanksi tegas

Nah ini juga yang kerap menjadi alasan kenapa banyak masyarakat kita menyepelekan dan tetap buang sampah sembarangan. Karena tidak ada sanki tegas yang tertulis bilamana telah melakukan pelanggaran buang sampah sembarangan.

Padahal di negara – negara maju sendiri, peraturan untuk membuang sampah sangatlah ketat dan sanksi nya pun cukup berat sehingga masyarakatnya berpikir 2 kali jika harus membuang sampah sembarangan.

  • Jadi budaya

Jika di negara Jepang disiplin sampah itu sudah sangat membudaya dan kental terhadap masyarakatnya. Nah di Indonesia justru sebaliknya. Dimana buang sampah sembarangan pasti sudah sangat membudaya.

Meskipun kita sudah tertib dalam membuang sampah, pasti ada saja momen dimana kita tak sengaja membuang sampah sembarangan lagi, saat berwisata misalnya.

Maka dari itu ayo kita biasakan diri kira untuk tertib dalam membuang sampah sesuai jenisnya dan ketempatnya.

Author Vaunparly Category Berita

Pintu Rumah Mewah Dengan Gebyok Jepara

Di rumah tentu saja ada beberapa bagian penting yang harus diperhitungkan, sehingga rumah dengan seluruh bagian rumah akan lebih nyaman dan dibuat dengan baik. Sebuah bagian penting dari rumah yang perlu diperhitungkan adalah, misalnya, pintu gebyok Jepara rumah. Dalam hal ini, Anda dapat membuat model pintu depan yang mewah dan nyaman, sehingga akan memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah ke rumah Anda.

Untuk model pintu depan minimalis yang nyaman tentu dapat menerapkan model pintu sederhana yang lebih bermotif. Dengan konsep sederhana pintu depan minimalis, yang pasti akan memberikan kesan yang lebih baik ke rumah. Kesan ini juga lebih mewah dan estetika rumah akan terlihat luar biasa. Membuat rumah mewah tidak terlalu sulit. Hanya melakukan dekorasi semudah mungkin, maka dalam hal ini tentu saja akan menunjukkan kesan mewah dan besar.

Yah, speakmodel pintu gebyok jati untuk rumah minimalis mewah maka tentu saja banyak pilihan model pintu depan sangat bagus. Dalam hal ini, Anda dapat memilih dan menerapkan beberapa konsep sederhana dan model yang lebih sederhana. Atau ada pilihan yang baik dari model pintu depan yang membawa konsep ukiran yang lebih bagus.

Berikut adalah model pintu depan chic untuk kesan yang lebih elegan

Model pintu depan mewah minimalis sebenarnya bisa diaplikasikan banyak konsep penting yang sangat bagus. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan model pintu yang dapat Anda gunakan sehingga akan membuat rumah terlihat lebih indah. Rumah minimalis sederhana dengan konsep dekorasi terutama untuk bagian pintu akan memberikan kesan yang lebih indah. Berikut adalah beberapa pilihan mewah pintu depan model Anda dapat mencoba!

Model pintu depan mewah dengan desain kaca

Model pintu depan yang mewah untuk kesan pertama yang lebih elegan adalah model pintu rumah kaca. Model pintu depan ini adalah salah satu model pintu depan yang merupakan pilihan saat ini. Ada banyak keuntungan yang menjadi milik model pintu depan mewah ini dengan kaca, salah satunya dapat digunakan sebagai rumah kaca, sehingga Anda tidak kekurangan pencahayaan rumah Anda, karena dengan pintu model kaca ini akan membuat ruangan di rumah tampak lebih cerah lagi.

Model pintu depan mewah dengan gaya geser

Selain model pintu depan yang chic dengan gaya atau desain kaca, model pintu depan yang mewah untuk kesan yang lebih elegan, yang merupakan model pintu geser. Model pintu rumah ini memiliki bentuk yang agak unik dan terlihat lebih konvensional, sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan konsep minimalis atau tradisional. Anda harus tahu bahwa model rumah yang satu pintu ini biasanya lebih terkenal dengan motif kotak yang dikombinasikan dengan bahan kayu, kaca dan stainless steel. Ini konsep model pintu depan yang satu ini terlihat sederhana dan indah, sehingga rumah Anda tidak ketinggalan jaman.

Nah, ini adalah model pintu depan mewah yang perlu Anda ketahui. Pilihan model pintu harus sesuai dengan konsep dekorasi dan desain rumah minimalis Anda. Dengan model homedoor mewah yang elegan, tentu saja, ada tampilan yang lebih mewah.

Author Vaunparly Category Berita

Alasan Wajib Banget Nonton Kdrama The Running Mates: Human Rights

Alasan Wajib Banget Nonton Kdrama The Running Mates: Human Rights

Apa sih yang membuatmu memutuskan untuk menonton suatu drama? Apakah dari tokohnya? Plotnya yang menarik dan unik? Pemainnya yang cantik dan ganteng? Atau genre dan setting yang menjadi fokus utamamu? Setiap penikmat drama Korea mungkin punya seleranya masing-masing nih, ya.

Ada yang harus nonton drama yang medical saja, ada yang demen banget sama drama historical berlatarkan jaman Joseon, dan masih banyak lagi. Terlepas dari bagaimana kriteria drama yang paling kamu minati untuk ditonton, drama OCN yang satu ini wajib banget jadi watching listmu, deh.

OCN akan merilis drama berjudul The Running Mates: Human Rights ini pada pertengahan September, tepatnya pada tanggal 18. Drama ini akan menggantikan slot yang sebelumnya diisi oleh drama Class of Lies, pada hari Rabu dan Kamis pukul 11 malam. Drama yang diangkat dari novel ini akan mengisahkan banyak hal tentang perjuangan hak asasi atau kemanusiaan yang menjadi isu penting di jaman yang makin berkembang ini.

Kenapa sih, kamu wajib banget nonton drama yang satu ini? Berikut beberapa alasannya harus nonton The Running Mates: Human Rights:

1.Social matters

Keren loh, kalau kamu anak muda sudah concern dengan kasus dan isu sosial, apalagi yang menyinggung hal berbau kemanusiaan dan hak asasi, nih. Drama yang satu ini cocok banget bagi kamu yang berjiwa sosial tinggi dan ingin menjunjung tinggi keadilan.

2. Terhibur + Tambah pengetahuan

Nah loh, siapa yang masih demen belajar cuma dari textbook aja? Sekarang, nonton drama pun bisa jadi sarana belajar, loh. Kamu nggak tahu banyak tentang hukum, apalagi perjuangan hak asasi? Nggak perlu kuatir, selain bakal terhibur, kamu juga bisa makin tahu seluk-beluk hukum yang kadang terkesan rumit.

3. Chemistry Yoon Seo dan Hong Tae yang patut diacungi jempol

Walau drama ini bukan drama romansa yang bikin baper parah, tapi chemistry antara kedua tokoh utama ini menjadi salah satu daya tariknya, loh. Di tengah pertikaian dan perdebatan diantara keduanya, ada kerjasama yang sebenarnya begitu kuat diantara mereka.

4. Kisah dan kasus yang menarik

Nggak Cuma fokus sama jalan cerita utama, kamu bakal dapet banyak cerita dari tiap kasus yang ada yang juga bisa banget bikin kamu penasaran bercampur gemas, nih.

Sempat Dituding Plagiat, Ini 4 Fakta Film Ikut Aku Ke Neraka

Kalian pencinta horor Indonesia tidak boleh melewatkan film yang satu ini. Yap,film berjudul Ikut Aku Ke Neraka adalah film horor Indonesia yang memiliki sensasi horor berbeda dengan film yang lainnya.

Film ini dirilis di dua negara dengan waktu yang berbeda. Di Indonesia sendiri, film Ikut Aku ke Neraka rilis tepat pada tanggal 11 Juli 2019. Mundur dari tanggal yang dijadwalkan yaitu pada bulan April 2019. Sementara, film ini juga akan ditayangkan di negara Malaysia pada 19 September 2019 mendatang.

Nah, penasaran dengan fakta – fakta mengenai film Ikut Aku Ke Neraka

1.Sentuhan Apik Sang Sutradara

Film Ikut Aku ke Neraka merupakan film horor yang di sutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Sebelumnya Azhar berhasil membuat film Kafir: Bersekutu dengan Setan menjadi salah satu film horor Indonesia terbaik pada saat penayangannya.

Dalam film Kafir, Azhar berhasil menghidupkan suasana seram dan menegangkan dengan warna sinematografi era tahun 80an. Tidak hanya itu pula, dalam film tersebut, pemilihan karakter yang di tentukan Azhar menjadi nilai plus tersendiri dan berhasil membawa film Kafir menjadi lebih hidup.

Sementara di dalam film Ikut Aku ke Neraka, Azhar Kinoi Lubis mencoba menghadirkan tone yang lebih gelap dibandingkan film Kafir. Setiap adegan seringkali muncul warna temaram dengan kabut yang menambah suasana lebih menakutka. Ditambah lagi, adanya suara hujan yang lebih banyak muncul di setiap adegan dalam film ini. Kombinasi keduanya sukses membuat para penonton jejeritan.

2. Plot Menegangkan

Tidak hanya dari segi visualisasi, dari segi cerita pun, film Ikut Aku ke Neraka memiliki nilai tambah tersendiri. Plot dan alur cerita dalam film ini benar – benar dikemas serapi dan sedetail mungkin agar maksud pesan yang ingin disampaikan penulis naskah tersalurkan dengan baik ke para penonton.

Yang menjadi poin dari cerita dalam film Ikut Aku ke Neraka yaitu dimana sang sutradara berusaha untuk mengajak para penonton merasakan atau membuat mereka membayangkan sedang berada di dalam situasi yang sama dalam film tersebut.

Adanya visualisasi dan certita mengenai gambaran dunia paralel di dalam film ini menjadikan film ini berbeda dari film horor yang lainnya.

Berbagai teror dan masalah yang tiada ujung membuat penonton semakin penasaran bagaimana ending dari konflik yang dialami pemeran utama tersebut.

3. Sempat Dituding Plagiat

Film Ikut Aku ke Neraka ternyata pernah mendapat tudingan dimana judul dari film tersebut sangat mirip dengan film yang sudah tayang 10 tahun silam yaitu dengan judul “Drag Me To the Hell”.

Namun, baik sang sutradara dan penulis naskah membantah dan meyakinkan bahwa film yang digarapnya memiliki alur, plot, serta visualisasi yang jauh berbeda dari film karya sineas Sam Raimi tersebut.

4. Pemain yang Apik dan Mengesankan

Selain memilki jalan cerita yang rapi dan menarik, pemilihan para pemain pun tidak main – main. Baik Fajar Nugroho (Penulis Naskah) hingga Azhar Kinoi Lubis, benar – benar melakukan pemilihan para pemeran sesuai dengan karakter yang ada di dalam film.

Film Ikut Aku ke Neraka diperankan oleh Sara Widjayanto, Clara Bernadeth (Lita), Cut Mini (Ibu Lita), Rifnu Wikana, dan Rendy Kjaernett.

Clara Bernadeth yang didapuk menjadi pemeran utama dalam film Ikut Aku Ke Neraka dinilai mengesankan memerankan peran Lita. Clara sendiri sebelumnya pernah bermain dalam film horor lain yang berjudul ‘Sebelum Iblis Menjemput’.

Di sisi lain, Sara Wijayanto pernah mengungkapkan perasaanya dimana ia lega mendapatkan peran berbeda dari sebelum – sebelumnya yang selalu mendapat peran paranormal. Dalam film ini, Sara berperan sebagai dokter bagian kesehatan jiwa yang nantinya akan menolong Lita.

Demikian beberapa fakta menarik mengenai film Ikut Aku ke Neraka. Cocok banget buat kamu yang suka film horor!

Mencegah Kebakaran di Kapal Peti Kemas

Mencegah Kebakaran di Kapal Peti Kemas

Mencegah Kebakaran di Kapal Peti Kemas – Setahun terakhir telah terjadi sejumlah kebakaran fatal di kapal peti kemas, mulai dari Maersk Honam, Hapag-Lloyd’s Yantian Express, APL Vancouver, dan Grimaldi Grande America. Meski semuanya tidak menyebabkan adanya korban jiwa, namun Grande America dinyatakan hilang usai tenggelam di pesisir Biscay, Perancis. Penyedia asuransi kargo, TT Club, menyebutkan bahwa kebakaran kapal peti kemas terjadi ratarata sebanyak sekali setiap 2 bulan.

Meski tampaknya lebih mudah untuk menyalahkan operator pelayaran peti kemas, namun pada banyak kasus kesalahan terletak pada pemilik barang. Seperti pada Maersk Honam, diduga kargo berbahaya yang tidak dinyatakan isinya (misdeclared cargoes of dangerous goods) menjadi penyebabnya. Kembali menurut data TT Club, ada sekitar 10 persen dari 60 juta peti kemas yang diangkut setiap tahun berisi kargo berbahaya.

Berdasarkan inspeksi badan pemerintah, 20 persen di antaranya dikemas dengan buruk atau tidak diidentifikasi dengan tepat dan jelas. Jadi ada sekitar 150 ribu peti kemas per tahun yang keliru dalam pernyataan kargo berbahayanya. Tahun 2015 terjadi ledakan dan kebakaran di Pelabuhan Tianjin yang menyebabkan 44 korban jiwa. Kejadian ini dipicu oleh pernyataan yang keliru dari kargo berbahaya. Keputusan pengadilan pada kasus kebakaran MSC Flaminia (2012) memutuskan bahwa pemilik, operator, dan manager kapal dinyatakan tidak bersalah. Kesalahan dinyatakan dilakukan oleh Deltech sebagai pemilik kargo dan operator non-kapal, Stolt Tank Containers.

Kasus tersebut bermula dari kekeliruan cara handling kargo berbahaya, divinylbenze, yang berisiko terpolimerisasi secara otomatis ketika terkena panas. Kargo tersebut ternyata berada di atas dek kapal selama 10 hari dalam cuaca panas, sebelum diangkut ke dalam kapal. Stolt sebagai forwarder tidak melaporkan risiko tersebut ke kapal pengangkut, Mediterranean Shipping Co. Jadi pada beberapa kasus, meski isi kargo berbahaya sudah dilaporkan, terkadang operator kapal tidak memahami cara handling kargo tersebut.

Kini beberapa operator pelayaran peti kemas besar mulai bekerja sama mencari inisiatif yang bisa diaplikasikan secara luas di industri pelayaran. Mulai dari langkah hukum yang tegas pada pemilik barang dan forwarder yang tidak menyatakan kargo berbahaya secara jelas dan akurat, hingga menyusun standarisasi dalam handling pengiriman kargo berbahaya. Tanggung jawab tersebut harus dipegang oleh semua bagian dalam rantai pasok. Seluruh pemangku kepentingan baik langsung maupun tidak langsung harus memahami dan melakukan hal yang tepat dalam menangani kargo berbahaya. Di atas semua itu, semua pihak dalam rantai pasok harus memiliki persepsi risiko yang realistis dan memiliki langkah bisnis yang bertanggungjawab terhadap kewajiban hukum masing-masing.

Jangan Sampai Genset Kapal Terbakar

Kapal-kapal besar yang menumpuh pelayaran jarak jauh, di dalamnya terdapat unit genset besar yang digunakan sebagai sumber listrik utama. Selama didalam kapal sebaiknya perhatikan kesehatan genset dengan memeriksanya berkala dan jangan sampai genset kapal terbakar karena dampaknya bisa membahayakan bagi keselamatan semua awak kapal.

Salah satu cara mencegah supaya mesin genset tidak terbakar dengan memeriksa kesehatanya secara berkala serta rutin mengganti setiap komponen yang sudah usang. Ingat, harga genset untuk kapal di palembang tidak murah, harganya mencapai miliaran rupiah setiap unitnya. Oleh karenanya sudah tanggung jawab semua awak kapal memperhatikan kondisi mesin genset secara berkala.

Author Vaunparly Category Berita

Cara Paket Nelpon Simpati Paling Murah

paket nelpon simpati

Mendapatkan paket nelpon murah dari simpati rata-rata bisa diperoleh dengan cara yang hampir sama. Cara paket nelpon simpati agar mendapatkan tarif yang lebih murah dari biasanya.  Simpati menawarkan banyak sekali layanan yang memudahkan bagi siapa saja untuk mendapatkan tarif telpon yang sangat terjangkau. Tarif yang terjangkau ini memungkinkan dan juga memudahkan bagi para pebisnis yang sibuk untuk memantau perkembangan usahanya. Sehingga dengan memantau bisnis dari jaringan telpon saja akan jauh lebih praktis bagi para pebisnis. Sebab tidak perlu  sering datang berkunjung ke lokasi bisnis. Cukup hanya memantau saja. Terlebih bagi pebisnis yang cabang bisnisnya banyak sekali.

Cara Paket Nelpon Simpati Yang Murah

Mendapatkan paket nelpon dengan tarif yang super terjangkau bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara paket nelpon simpati agar tarifnya super terjangkau bisa dengan akses menu dial atau bisa juga melalui aplikasi my telkomsel. Masing-masing cara tersebut bisa dipilih untuk memudahkan mendapatkan tarif telpon seluler yang sangat terjangkau. Apabila anda akan menggunakan menu dial, anda bisa akses ke nomor dial *123# kemudian dial. Setelah itu anda bisa ikuti menu yang muncul. Anda pilih menu paket nelpon. Kemudian anda pilih menu paket nelpon harian. Setelah itu akses menu paket yang akam anda aktifkan. Setelah itu tekan konfirmasi untuk pembelian. Setelah pembelian terkonfirmasi anda akan mendapatkan informasi melalui pesan singkat bahwa aktivasi paket nelpon anda sudah aktif dan siap digunakan.

Apabila anda ingin mengaktifkan paket nelpon murah melalui aplikasi my telkomsel yang ada di menu ponsel android anda juga bisa. Caranya juga cukup mudah. Anda cukup mengakses aplikasi my telkomsel kemudian anda pilih menu pembelian paket. Cara paket nelpon simpati dengan mengunakan aplikasi sangat mudah. Anda bisa langsung masuk ke menu pembelian paket  kemudian masuk paket nelpon. Setelah  itu pilih paket nelpon yang akan anda aktifkan. Tarif untuk setiap aktivasi baik itu dari aktivasi via menu dial maupun aktivasi dari menu melalui aplikasi my telkomsel sama-sama menawarkan tarif yang sangat hemat. Tarif yang sama terjangkaunya.

Author Vaunparly Category Berita

RCTI Kejar Rating, Bagaimana Kulitasnya

Setelah saya mencatat 2 tulisan sebelumnya dengan bahasa anak muda, ternyata tidak sedikit pembaca yang memberi komen di kolom komentar dengan bahasa yang lebih baku dikomparasikan saya. Sehingga mulai tulisan kali ini, saya akan mencatat dengan bahasa yang lebih baku dan mengupayakan lebih kritis pastinya. Hari ini saya akan membicarakan lagi suatu stasiun televisi di Indonesia. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) ialah televisi nasional tertua kedua di Indonesia. Berdiri semenjak tanggal 24 Agustus 1989, tv online RCTI kini telah menjadi di antara “Raja Televisi Indonesia” bila disaksikan dari rating AC Nielsen dipimpin oleh suatu program televisi yang tentunya sudah tidak asing. Ya, Anak Jalanan.

Sinetron Anak Jalanan yang fenomenal ini sukses bertahan di puncak rating harian acara televisi Indonesia sekitar berbulan-bulan. Hal ini yang dapat mempertahankan posisi RCTI sebagai televisi dengan rating harian tertinggi diantara televisi Indonesia lainnya. Apa akibat dari meledaknya sinetron Anak Jalanan dan bertahannya RCTI di puncak data rating?

Akibatnya sinetron Anak Jalanan paling sulit dihentikan penayangannya walaupun tidak sedikit pihak yang berbicara sinetron yang tidak mendidik lah, mengajarkan pacu liar, dan lain-lain. Kenapa? Sederhananya, sebab yang menyenangi sinetron itu lebih tidak sedikit daripada yang membenci sinetron tersebut. Karena bila yang benci lebih banyak, maka ratingnya tidak bakal setinggi ini. Jadi, kalau kamu ingin suatu acara televisi guna dihentikan penayangannya, mesti dibuka dari diri anda. Jangan menyaksikan acara tersebut. Hanya tersebut yang dapat kita dilaksanakan di samping wewenang Komisi Penyiaran Indonesia dalam menyerahkan sanksi pastinya.

Sinetron Anak Jalanan yang paling fenomenal secara rating ini secara tidak langsung juga ikut menyukseskan atau menambah jumlah pemirsa acara-acara yang tayang sebelum dan setelah acara itu pada stasiun televisi yang sama. Salah satu acara yang paling terbantu ratingnya oleh sinetron Anak Jalanan ialah sinetron Tukang Bubur Naik Haji yang ratingnya turut stabil di jajaran atas rating berkat sinetron Anak Jalanan.

Di samping itu, apa akibat lain dari tingginya rating RCTI? Acara yang mempunyai rating tidak cukup memuaskan tidak bakal tayang dalam jangka masa-masa yang lama atau sampai program itu selesai. Sebut saja sejumlah drama korea RCTI akhir-akhir ini yang tayang pada jam siang. Penentuan panjang-tidaknya penayangan suatu drama dapat disaksikan dari 2-3 episode awal. Jika dalam 2-3 episode awal, drama itu mempunyai rating tidak cukup memuaskan pihak stasiun televisi, maka tidak boleh harap kamu dapat menonton drama tersebut sampai usai. Dari sejumlah pengalaman sebelumnya, streaming RCTI berani menghentikan penayangannya walaupun baru memasuki sejumlah episode mula dan menggantikannya dengan drama lainnya. Hal ini yang membuat tidak sedikit penggemar drama korea kecewa dan malas menyaksikan drama korea di RCTI. Apa kamu salah satu yang pernah dibuat kecewa oleh RCTI tentang dramanya?

Di samping dikenal sehubungan dengan sinetronnya, RCTI pun dikenal dengan acara talent search atau penelusuran bakat. RCTI dikenal “memonopoli” penayangan ajang-ajang penelusuran bakat di Indonesia. Gelombang penelusuran bakat ini dibuka dengan penayangan Indonesian Idol season 1 yang tayang tahun 2004. Karena rating yang memuaskan pada ketika itu, Indonesian Idol terus ditayangkan nyaris setiap tahun walaupun ada sejumlah tahun tidak diselenggarakan.

Namun pada penyelenggaraannya akhir-akhir ini, jumlah pemirsa yang menyaksikan ingin berkurang. Mungkin karena jenuh dengan bentuk kompetisi yang laksana itu-itu saja. Maka RCTI menyimpulkan menyelenggarakan X-Factor Indonesia sekitar 2 season disebabkan rating X-Factor season 1 mempunyai rating yang paling meledak sebab lahirnya seorang idola baru, Fatin, walaupun penayangan season 2-nya tidak cukup meledak.

Ditengah jeda antara kedua season X-Factor Indonesia, RCTI-pun mengadakan sebuah ajang penelusuran bakat, Rising Star Indonesia. Ajang ini gaungnya paling sepi dan tenang dibanding ajang-ajang penelusuran bakat sebelumnya. Ratingnya juga tidak pernah masuk Top 20 dalam jajaran rating. Itu juga yang mendorong RCTI guna mempercepat finalnya dengan menciptakan final yang dibuntuti oleh 4 kontestan sampai-sampai acaranya dapat berlalu lebih cepat. Setelah “kegagalan” penayangan Rising Star Indonesia, RCTI pun mengupayakan kembali menerbitkan produk baru rasa lama (karena pernah tayang di televisi beda sebelumnya) yakni The Voice Indonesia (season 2). Acara ini sempat meledak pada awal-awal penayangannya sampai-sampai sempat menginjak 5 besar rating Indonesia pada babak Blind Audition nya (babak audisi khas The Voice). Namun seiring berjalannya acara ini, seakan pemirsa mulai jenuh sehingga ratingnya menurun.

RCTI pun dikenal dengan acara musik pagi-paginya. Ya, Dahsyat. Walaupun acara musik ini ialah acara yang “tidak benar-benar musik”, tetap saja acara ini bisa menjadi di antara tempat untuk musisi mengindikasikan karya mereka. Di samping itu, RCTI pun sesekali menyelenggarakan konser-konser musik dengan tema atau ide-ide yang berbeda. Misalnya, mereka pernah menayangkan Mega Konser Dunia dimana mereka mengundang artis mancanegara (Arkarna, Jess Glynne, dll), Konser Satu Project (Iwan Fals dengan band-band Musica), serta Konser Disney. RCTI pun pernah menghadirkan lomba masak, MasterChef Indonesia.

Mengenai judul diatas “TV Rating, Lalu Kualitasnya?”, yang mesti dipahami ialah bahwa rating tidak bersangkutan dengan kualitas. Bisa jadi suatu acara yang mempunyai kualitas baik mendapat rating yang buruk ataupun sebaliknya. RCTI, yang kita kupas kali ini, mempunyai rating yang relatif tinggi guna progran-programnya. Namun apakah kualitasnya pun lumayan baik? Untuk sejumlah programnya laksana sinetron, acara musik pagi-pagi, serta sejumlah acara talk show masih butuh tidak sedikit peningkatan pada kualitas acara, baik dari pemilihan talent pengisi acara maupun konsep acara. RCTI ini pun adalahsalah satu stasiun televisi Indonesia yang secara statistik mempunyai jumlah teguran KPI yang lumayan banyak.

RCTI pun kerap dicurigai mengerjakan “permainan” dalam menyelenggarakan sebuah penghargaan. Apa maksudnya? Banyak masyarakat yang merasa sinis menyaksikan acara-acara penghargaan yang dilakukan di RCTI. Banyak yang memandang RCTI kerap menggali keuntungan dengan memenangkan acara atau artis-artis televisi mereka. Dalam urusan ini, RCTI barangkali harus menambah transparansi sampai-sampai publik lebih menghargai acara-acara penghargaan tersebut. Apakah kamu juga tergolong pihak yang “mencurigai” hasil penghargaan dari pihak RCTI?

Dalam menyelengarakan ajang penelusuran bakat, RCTI sudah mengerjakan tugas yang lumayan baik disaksikan dari tidak berlebihannya gimmick di masing-masing acara tersebut. Namun masih tidak sedikit aspek yang mesti dibetulkan seperti panggung, lighting, tata kamera, serta yang sangat saya rasakan yakni sound system dalam acara-acara tersebut. Apakah kamu merasakan urusan yang sama? Jika pihak RCTI dapat membetulkan aspek-aspek yang saya sebutkan diatas, pastinya acara itu akan terasa lebih megah. Di samping itu, proses voting pada sejumlah ajang penelusuran bakat yang masih dilakukan menggunakan sms pun seharusnya diganti memakai tata teknik yang lebih canggih misalnya melewati online voting laksana yang telah diterapkan di Rising Star dan sejumlah ajang penelusuran bakat di televisi lain.

Kesimpulan: RCTI sebagai televisi telah mempunyai pangsa pasar yang jelas yakni orang yang tertarik menonton sinetron, ajang-ajang penelusuran bakat, serta sepakbola sebab RCTI pun dikenal sebagai stasiun televisi yang gemar menyiarkan liga sepakbola dunia (Euro, La Liga, dll). Setelah mempunyai pangsa pasar yang jelas, selanjutnya RCTI dapat menciptakan program-program yang lebih berkualitas. Dengan itu, rating dan kualitas acara RCTI dapat berlangsung sejalan sebab sudah waktunya RCTI sebagai di antara stasiun televisi tertua di Indonesia memberikan misal kepada televisi lain tentang tayangan yang berkualitas.

Anak-anak suka main kartu

Main kartunya di depan teras

RCTI tetap menjadi televisi nomor satu

Yang menghibur dan berkualitas

Ini semua melulu pendapat saya, bila kamu punya pendapat yang berbeda, tidak boleh sungkan-sungkan menulisnya di kolom komentar di bawah ini. Jika kamu setuju, kamu dapat menyebutkan penguatan gagasan dari artikel saya. Saya pun terbuka dalam menerima masukan misalnya tentang apa yang bakal saya bikin menjadi gagasan tulisan di artikel-artikel berikutnya. Mohon maaf bila ada salah-salah kata. Jangan lupa, tetap dukung pertelevisian Indonesia bareng BryanTvHardi!

Author Vaunparly Category Berita

Pembelajaran Digital dengan Interactive Whiteboard

Seluruh sistem pendidikan sedang mengalami transformasi dengan adanya interactive whiteboard. Papan tulis interaktif membawa perubahan revolusioner pada seluruh sistem pengajaran dan pembelajaran.

Ini adalah hal yang menakjubkan yang mampu mengubah kuliah yang membosankan dan monoton menjadi pelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, interactive whiteboard juga membantu memotivasi sesi pelajaran, presentasi dan sesi pelatihan menjadi jauh lebih menarik.

Beberapa fitur unik Papan Tulis Digital yang menambahkan elemen ‘Pembelajaran Digital’ di ruang kelas adalah sebagai berikut:

Mudah Dioperasikan

Sama seperti papan tulis konvensional lainnya, interactive whiteboard mudah dioperasikan. Papan tulis digital ini sangat user friendly dan mampu menarik perhatian dan bahkan minat guru.

Mendorong E-learning dan Pengajaran Terpadu

Papan luar biasa ini membantu mempromosikan E-learning dan pengajaran terintegrasi. Guru dapat dengan mudah mengumpulkan, mengintegrasikan dan memproyeksikan data presentasi dengan bantuan interactive whiteboard. Selain itu, gambar dapat dikumpulkan dari internet; grafik dapat diambil dari spreadsheet; data dapat diekstrak dari aplikasi word dan semua objek pembelajaran yang disesuaikan ini dapat ditampilkan langsung di layar pada saat yang bersamaan.

interactive whiteboard

Interoperabilitas

Papan tulis interaktif mendukung interoperabilitas karena dapat bekerja dengan semua jenis solusi TIK dan AV termasuk visualisator, proyektor, komputer, sistem respons audiens, tablet grafis, dll, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran virtual yang sangat interaktif. Dengan bantuan papan tulis digital, peserta dapat belajar dan menyerap informasi lebih cepat.

Mendorong Pembelajaran Kelompok

Papan Tulis Interaktif mempromosikan pembelajaran kelompok ketika siswa dapat mendekati Papan Tulis Digital dan menambahkan jawaban mereka, bernavigasi di antara tab atau halaman web atau memberikan kontribusi dengan menulis langsung di atasnya. Dengan begitu, seluruh kelas dapat dengan jelas melihat dan memecahkan masalah, sama seperti mereka melakukannya di PC.

Partisipasi Siswa Aktif

Papan Tulis Digital juga membawa perangkat lunak pembelajaran interaktif yang meliputi alat presentasi bersama dengan galeri gambar edukatif yang membantu dalam melakukan tes online, jajak pendapat, tampilan umpan balik instan dan mendorong partisipasi siswa.

Terlepas dari semua manfaat ini, interactive whiteboard juga membawa beberapa manfaat kesehatan. Perangkat ini membantu mengurangi ketegangan pada area mata. Papan digital tidak membutuhkan pena, spidol dan kapur yang berpotensi memicu masalah asma.

melotronic.com