www.investasipro.com

Cara Tepat untuk Memulai Investasi Saham untuk Pemula

July 24, 2018 @ 4:47 am

Di posting kesempatan ini saya akan cobalah cover semuanya pertanyaan fundamental di atas, karena hal di atas merupakan info yang terpenting untuk di ketahui oleh tiap-tiap investor saham. Saya akan cobalah terangkan dengan cara sederhana yang aku dapat dari www.investasipro.com buat pembaca yang mungkin saja masi pemula serta ingin bergelut didunia saham.

Saham, apa sich itu?

www.investasipro.com
Gambar Investasi Saham

Saham = surat bernilai bukti kepemilikan perusahaan.

Bagaimanakah cara mendaftarkan supaya bisa main saham?

Kita menjadi investor perorangan tidak langsung bisa demikian saja jual beli saham. Ada prosedurnya loh.
broker

Kita perlu perusahaan broker saham (terkadang dimaksud juga sekuritas) sebagai penghubung kita untuk bertransaksi dilantai bursa dampak Indonesia.

Menjadi penghubung. Sekarang ini banyak kok broker saham yang bertebaran di Indonesia, silahkan teliti saja on-line. Yang memang perlu dilihat, baiknya pilih broker saham yang terpercaya, serta mempunyai legalitas sah untuk beroperasi dari pemerintah.
Maksudnya pasti supaya dana yang kita aman waktu kita berinvestasi. Umumnya broker juga memberi layanan gratis untuk konsultasi saham untuk client mereka. Juga kita akan dikasih software trading saham gratis supaya kita dapat bertransaksi on-line dengan bebas.

Tentunya, pihak sekuritas/broker ini akan kenakan fee/cost setiap saat kita lakukan transaksi jual atau beli saham. Harga fee begitu beragam, umumnya broker ber plat merah (punya pemerintah) mempunyai tarif yang agak tinggi karena memang reputasi mereka yang telah besar serta terpercaya.

Bagaimana saya dapat memperoleh keuntungan dari investasi saham?

Langkah yang sangat umum yaitu dengan beli saham waktu harga rendah, serta menjualnya waktu harga nya tinggi. Sederhana saja. 🙂 Ada pula sich cara lainnya mencapai keuntungan saham seperti, pembagian dividen, serta lakukan SHORT (meramalkan harga saham akan jatuh). Akan tetapi cara ini agak jarang dikerjakan di Indonesia. Langkah mencapai keuntungan waktu bermain saham yang sangat umum yaitu dengan cara beli rendah jual tinggi ini.

Berapakah modal awal bermain saham?

Sekarang ini banyak sekuritas/broker yang memberi harga yang cukuplah murah supaya anda dapat mulai bermain saham. Mahasiswa dapat mengawali dengan Rp 1 Juta (mendaftarkan dengan kartu mahasiswa), serta Umum dapat mengawali dengan Rp 5 Juta. Walaupun tidak semurah modal investasi reksadana, ini telah tambah lebih murah daripada waktu dahulu yang memerlukan modal awal saham sebesar 10 juta.

Apakah itu Lot?

Lot merupakan unit dalam saham yang sejumlah 100 lembar. Tiap-tiap ingin beli saham kita harus minimum beli 1 lot (100 lembar). Misalnya bila saham bank Mandiri – BMRI di jual 1000 per lembar, jadi minimun pembelian saham bank mandiri bila anda ingin trading merupakan Rp 1000 x 100 =Rp 10. 000.

Bagaimanakah cara lihat harga saham?

Dapat memakai software trading, seperti chart nexus atau anda dapat juga mengecheck harga saham on-line di internet.

Bagaimanakah cara menganalisa saham?

Ini mungkin saja sisi yang sangat terpenting. Menganalisa saham untuk mendapat keuntungan bermakna, kita mesti tahu kapan mesti masuk, beli saham. Serta kapan mesti keluar, untuk jual saham. Bermakna kita mesti tahu timing yang pas untuk beli rendah serta jual tinggi. Banyak orang sich hanya dengar isu, gunakan feeling, simak berita, dengar isu, dan lain-lain. Itu merupakan langkah yang menurut saya sangat beresiko bila anda serius untuk mengeluti investasi saham.

Langkah yang sangat pas untuk menganalisa saham yaitu dengan memakai 2 cara, analisis mendasar, analisis teknikal, serta juga bisa mengabungkan kedua-duanya.

Apakah itu analisis mendasar?

Analisis mendasar berarti kita tahu keadaan perusahaan yang sahamnya kita beli. Seperti seperti ingin beli buah, kita mesti tahu kualitas buahnya dahulu bagus ataukah tidak supaya tidak sedih waktu mengonsumsi buahnya. Kita lihat struktur kulitnya, kekerasan kulit, warna kulit, aroma buah, dan lain-lain.

Dalam analisis mendasar, kita lihat keadaan perusahaan dengan membaca laporan keuangannya, lihat kapabilitas perusahaan itu membuahkan keuntungan, keadaan kontan flow nya, tingkat likuiditas perusahaan, dan lain-lain. Atau jika ingin lebih tingkat lanjut kita dapat lihat rasio terpenting lainnnya, seperti :

  • Earning Per Sharing (EPS)
  • Price Earning Ratio (PER)
  • Price to Book Value (PBV)

Kita akan ulas nantinya mengenai analisis mendasar ini.

Analisis teknikal

candlestickCara lainnya untuk mengkaji saham adalah dengan memakai analisis teknikal. Kita memakai yang namanya candlestick, grafik, maupun alur chart yang ada di software trading anda.

Seperti seperti meramalkan musim hujan, dibulan desember kita sudah mengetahui jika hujan semakin lebih kerap hingga kita dapat bersiap-siap membawa payung, serta mantel hujan.

Dalam saham, kita dapat meramalkan gerakan saham dengan membaca pola-pola spesifik yang ada. Jadi kita dapat tahu kapan waktu yang terunggul untuk beli saham (waktu harga rendah) serta kapan untuk jual saham (waktu harga tinggi).

Beberapa tanda teknikal yang kerap dipakai investor merupakan Sederhana Moving Average (SMA), MACD, stochastic oscillator, bollinger band, dan lain-lain. Kita akan ulas semua ini mendetail di posting selanjutnya.

Sebetulnya analisis teknikal tidak mesti njelimet, serta rumit. Seandainya anda memahami 4 atau 5 tanda saja itu cukup sudah untuk membuahkan keuntungan. Karena yang sangat susah dalam bermain saham merupakan mengatur emosi, ego dalam lakukan pembelian serta penjualan. Tidak ringan cemas, serta tidak ringan tergiur oleh isu. Disinilah sebetulnya kekurangan dari investor perorangan jika dibanding dengan investor perusahaan, di mana mereka telah mempunyai gameplan serta taktik sebelum bertransaksi.

Mana yang semakin bagus, analisis mendasar atau teknikal?

Ini begitu relatif sekali jawabannya. Berdasar pada style investasi setiap investor. Investor yang periode panjang umumnya memercayakan mendasar serta menganalisa kapabilitas perusahaan untuk membuahkan keuntungan. Sedang trader lebih cenderung ke analisis teknikal karena fokusnya lebih periode pendek. Tidak ada langkah yang benar atau salah. Tergantung pengalaman serta taktik semasing.

Saya pribadi dikit cenderung ke analisis teknikal, untuk tahu timing untuk masuk serta keluar market, dan memakai analisis mendasar untuk mengeleminasi perusahaan yang keadaan keuangannya dikit menyangsikan. Dengan analisis teknikal kita dapat mendapat keuntungan yang lumayan juga loh, karena ada sekian banyak alur grafik saham yang menguntungkan.

Author Vaunparly Category Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *