Cara Menjaga Barang Berbahan Kayu Agar Anti Rayap

September 10, 2019 @ 9:16 am

Rayap merupakan serangga kecil yang senang memakan kayu. Meski ukurannya kecil, namun jumlahnya yang banyak dapat membahayakan barang-barang Anda yang berbahan kayu. Jika kayu sudah ada rayapnya, maka kayu-kayu tersebut akan sangat rapuh. Kadang  keberadaan rayap tidak segera diketahui. Setelah barang-barang di rumah nampak rapuh, Anda baru menyadari bahwa rayap-rayap di sana sudah lama menggerogoti kayu tersebut. Maka dari itu, agar barang-barang Anda di rumah anti rayap, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek secara berkala kondisi barang-barang tersebut. Apalagi kalau Anda sudah melihat adanya serbuk kayu dan kayu yang keropos.

Kemudian Anda juga perlu mempelajari beberapa cara untuk membasmi rayap. Jika ingin membasmi rayap, ada dua bahan yang bisa Anda gunakan, bahan alami dan kimia. Bahan alami bisa menggunakan campuran air tembakau dan garam. Bahan tersebut direndam, lalu disemprotkan ke tempat rayap bersarang.

Kedua adalah air cucian beras. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiramkan air cucian tersebut ke tempat bersarangnya rayap-rayap. Kemudian ada pula daun salam dan kemangi. Aroma kedua bahan tersebut sangat kuat, sehingga dapat mengusir rayap-rayap yang mengganggu barang-barang Anda.

www.richard-seaman.com

Selain bahan alami, ada pula bahan kimia yang dapat membasmi rayap dan menjadikan barang Anda menjadi anti rayap.  Ada dua bahan yang bisa Anda gunakan, yaitu kamper, minyak tanah dan solar. Kamper berasal dari senyawa kimia naftalen. Apabila Anda menaruh kamper di rumah, maka rumah Anda akan terhindar dari serangga. Nah, minyak tanah dan solar ini ternyata dapat membuat kayu-kayu semakin tahan lama dengan cara mengoleskannya di permukaan kayu.

Nah, si kecil rayap ini memang perlu Anda waspadai. Namun selain dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan jasa anti rayap Jakarta dan tetap awet. Sebab kayu-kayu yang rapuh karena rayap tentu sangat mengganggu. Serbuk kayu yang dihasilkan akan sering mengotori lantai. Jadi, selamat mencoba cara-cara di atas dan tetap waspada ya. Semoga cara-cara yang sudah Anda baca bisa membantu Anda menjaga barang-barang di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *