Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek

February 17, 2021 @ 5:01 am

Apa kabar teman-teman berjumpa lagi dengan aku yang akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek.

Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek

Bunga anggrek ini merupakan bunga yang cantik dipandang mata selain tahan lama bila telah mekar, dalam tangkai bunga anggrek akan selalu terdapat bunga anggrek yang  mekar hampir bersamaan . 


Bunga anggrek bila sedang mekar maka akan bertahan sekitar 3 bulan lamanya jadi anda akan lebih bisa menikmati serta memandang keindahan dari mekaran bunga anggrek. Guna untuk mendapatkan bunga yang mekar di tangkai bunga yang begitu banyak serta sehat dan indah di perlukan untuk anda melakukan perawatan yang baik terhadap cara mengolah sabut kelapa menjadi media media tanam anggrek ini.  


Bunga anggrek sebenarnya sangat mudah dan gampang untuk anda budidayakan. Seperti tanaman hias yang lain juga memerlukan perawatan yang begitu teratur. 
Jika perawatan bunga anggrek dapat anda lakukan dengan baik maka juga akan menghasilkan kuntum bunga yang berkualitas bagus juga. Yang perlu untuk anda dapat diperhatian untuk menghasilahn bunga anggrek yang baik adalah
1.Penyiraman bunga anggrek dilakukan secara merata

2.Pupuk organik

3.Insektisida/fungisida

4. Media tanam sabut kelapa


Media Tanam Yang Baik Untuk Bunga Anggrek Bulan

1.Sabut Kelapa


Sabut kelapa merupakan media tanam yang bagus untuk anda membudidaya bunga anggrek bulan. Karena sabut kelapa ini juga mempunyai daya menyimpan air yang sangat tinggi, sehingga anda tidak terlalu sering untuk menyiram pada bunga anngrek. 

Dengan memakai sabut kelapa maka anda juga bisa menyiram bunga anggrek bulan 2 hari sekali saja untuk menyirami, dan anda lakukan pada sore hari, karena pada sore hari udara relatif semakin sejuk, sehingga air tidak cepat untuk menguap. 


Untuk media tanam dengan menggunakan sabut kelapa ini juga dapat diolah menjadi Cocopeat dengan mesin pengolah sabut kelapa dan juga sebaiknnya anda pilih sabut kelapa yang telah kering. Sabut kelapa ini mudah sekali untuk anda jumpai serta harganya juga relatif murah.

2.Arang Kayu


Arang kayu mempunyai sifat yang sulit untuk mengikat air jika diperhatikan sehingga bila menggunakan media ini saja, anda harus sering untuk menyirami tanaman anggrek, Komposisi kimiawi dari arang kayu sebagian besar mengandung beberapa ungsur karbon (C), sedangkan kandungan sulfur (S) dan fosfor (P) sangat sedikit dan juga serta abu.


3.Pakis


Batang pakis juga kini mulai sudah menjadi sangat populer untuk anda menjadi media tanaman anggrek. Batang pakis dapat anda bedakan menjadi 2 yaitu :


1. Batang pakis yang sudah berwarna coklat

Batang pakis ini merupakan batang pakis yang umurnya masih muda, sehingga kurang baik untuk anda dijadikan sebagai media tanaman hias.


2. Batang pakis yang memiliki warna hitam


Batang pakis ini merupakan batang pakis yang umurnya sudah tua serta sudah kering , sehingga akan lebih baik untuk anda jadikan sebagai media tanam tanaman hias. 


Disamping itu batang pakis yang sudah tua juga mudah untuk anda jadikan cacahan pakis. Pakis sebagai media tanam dari bunga anggrek ini di karenakan sifat yang mudah mengikat air, serta memiliki sifat  aerasi dan drainase yang baik untuk media tanam anggrek, serta bertekstur lunak sehingga akan mudah untuk ditembus oleh akar tanaman anggrek.

Untuk menentukan kesuburan dari bunga anggrek bukan hanya tergantung dengan media tanam saja, yang terpenting adalah perawatan yang baik dengan pemupukan ,karena dengan pemupukan yang dilakukan secara teratur akan memberikan nutrisi yang di butuhkan oleh tanaman hias sehingga kesuburan tanaman hias akan bisa terkontrol.  Dengan baik dan hasil yang diinginkan.


Demikianlah penjelasan tentang cara mengolah sabut kelapa menjadi media tanam anggrek bila masih ada salah kata dari aku mohon maaf, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *