cara menggoreng bebas kolesterol

6 Tips & Cara Menggoreng Bebas Kolesterol

June 24, 2021 @ 4:38 am

Tahukah anda bagaimana cara menggoreng bebas kolesterol? Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sangat tidak dianjurkan bagi banyak profesional kesehatan. Tidak hanya meningkatkan kalori, tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol.

Dengan menggoreng makanan maka akan meningkatkan jumlah kolesterol dan kalori yang terkandung dalam makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini mungkin sedikit mengkhawatirkan bagi orang yang sedang berusaha untuk hidup sehat, bebas dari kolesterol jahat.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa dengan menggoreng, makanan akan terasa lebih enak. Ada begitu banyak gorengan yang enak dan sulit untuk melepaskan godaan untuk makan gorengan. Tapi bagaimana jika kolesterol naik?

Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol pada gorengan, yuk simak cara menggoreng bebas kolesterol berikut ini selengkapnya :

Wajib Ketahui 6 Tips & Cara Menggoreng Bebas Kolesterol!

Wajib Ketahui 6 Tips & Cara Menggoreng Bebas Kolesterol!

1. Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa

Jika ingin menggoreng atau menumis, minyak goreng biasa bisa diganti dengan menggunakanminyak zaitun atau kelapa yang lebih sehat dan rendah kolesterol. Dan tentunya akan lebih sehat dari minyak lainnya.

Baca Juga : Ketahui Macam Macam Minyak Zaitun dan Manfaatnya

2. Goreng dengan Minyak Bersih

Cara selanjutnya adalah selalu menggunakan minyak yang segar dan bersih saat menggoreng. Hal ini dikarenakan kualitas minyak yanng baru yang bersih akan tetap terjaga. Kadar kolesterolnya juga tidak terlalu banyak, dibandingkan dengan minyak yang sudah digunakan berulang kali.

Dengan menggunakan minyak segar atau bersih, ternyata kadar kolesterol pada setiap gorengan berada pada level yang “aman” untuk dikonsumsi.

Menggoreng dengan minyak berkualitas bagus, termasuk hal penting untuk menjaga kualitas makanan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, kadar kolesterol dalam gorengan tidak akan semakin tinggi.

3. Goreng saat minyak sudah panas

Saat minyak baru mulai panas, jangan masukkan makanan ke dalam minyak yang belum panas. Sebaiknya tunggu beberapa saat hingga minyak berbusa atau mengeluarkan gelembung.

Jangan menggoreng dalam minyak yang belum panas, karena makanan cenderung akan menyerap lebih banyak minyak. Nah, ketika minyak sudah siap dan sudah panas, maka mulailah menggoreng.

Hal ini akan membuat kentang goreng atau makanan yang digoreng lainnya akan lebih cepat kering dan matang, dan makanan tidak akan menyerap terlalu banyak kolesterol dari minyak dengan cara ini. Namun, jangan menggunakan api terlalu banyak, ya!

4. Tiriskan Makanan Goreng dengan Benar

Setelah gorengan mulai berwarna kuning keemasan, segera angkat gorengan dan tiriskan gorengan hingga benar-benar bebas minyak.

Selanjutnya, tiriskan sisa minyak menggunakan kertas atau tisu yang dapat menyerap minyak. Dengan begitu, minyak yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak. Setelah minyaknya meresap, gorengan pun siap dihidangkan.

5. Jangan Panaskan Lagi Makanan Yang Sudah digoreng

Setelah menggoreng makanan sebaiknya jangan digoreng lagi ya! Tidak hanya mengurangi nutrisi, tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol karena minyak menyerap lebih banyak.

6. Jangan Gunakan Mentega atau Margarin

Dikutip dari WebMD, kita lebih baik jangan memasak dengan mentega maupun margarin untuk mengurangi potensi lemak trans dan jenuh yang dapat mengakibatkan kolesterol.

Nah, itulah 5 tips atau cara menggoreng makanan agar bebas kolesterol. Namun, lebih baik jika Anda mengurangi makan gorengan, karena tidak baik untuk kesehatan Anda. Jangan lupa untuk mempraktekan dirumah ya. Selamat mencoba^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *