cara membuat peyek kedelai

Cara Membuat Peyek Kedelai Sederhana

July 5, 2021 @ 7:32 am

Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara membuat peyek kedelai sederhana. Peyek ini memiliki rasa yang ringan dan khas serta sangat cocok untuk camilan maupun bahan tambahan makanan. Jadi dengan artikel ini semoga kalian lebih tau tentang peyek ya…

Apa Sih Peyek itu?

Rempeyek atau Peyek adalah salah satu jenis suplemen dalam kelompok gorengan. Pada umumnya tepung beras goreng Lumpeie dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, dibumbui dengan bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi khusus, biasanya kacang tanah atau kacang kedelai.

Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat. Pengisi juga bisa menambahkan makanan hewan kecil seperti teri, udang, udang kecil, seng, dan laron. Saat ini, kacang yang terbuat dari bayam dan daun kepiting menjadi rapuh. Sebagai makanan pelengkap, kerapuhan kacang tanah memiliki fungsi yang sama dengan kerupuk. Dengan kata lain, itu cara memasaknya.

Rempeyek mudah untuk ditemukan berbagai warung makan, pasar atau supermarket. Di Indonesia, biasanya ditawarkan di pernikahan dan pemakaman.

Ragam Manfaat dari Kacang Kedelai

Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata manfaat kedelai untuk kesehatan begitu besar. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kedelai tidak hanya sehat, tetapi juga mudah diperoleh dan dapat dibuat menjadi berbagai hidangan lezat.

Kedelai datang dalam berbagai bentuk olahan seperti tahu, tempe, bungkil kedelai, atau peyek kedelai. Bahan-bahan dari olahan kacang kedelai tersebut tentunya dapat membawa manfaat yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini beberapa manfaat dari kacang kedelai.

Untuk kebutuhan usaha anda: Rumah Mesin

1. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kedelai merupakan sumber kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang baik. Berkat bahan-bahan tersebut, kedelai bermanfaat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet sehat yang menggabungkan konsumsi kedelai telah terbukti mengurangi risiko pengeroposan tulang pada orang tua (osteoporosis).

2. Membantu Meringankan Gejala Monopause

Menopause adalah akhir alami dari siklus menstruasi yang biasanya terjadi ketika wanita berusia 45-55 tahun. Selama menopause, seorang wanita dapat mengalami berbagai gejala, seperti: B. sering pusing, berkeringat ringan, vagina kering, gangguan tidur, dan perubahan suasana hati.

Gejala menopause dapat diobati dengan obat-obatan seperti terapi penggantian hormon. Namun, selain obat-obatan, gejala menopause juga bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan tinggi fitonutrien, termasuk kedelai.

3. Memelihara Kesehatan Organ Tubuh

Tingginya kadar potasium, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat membuat kedelai menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan jantung. Berkat kandungan nutrisi ini, kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis).

Selain baik untuk jantung, kedelai baik dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan organ lain seperti otak dan ginjal, serta memastikan organ tersebut berfungsi dengan baik.

Cara Membuat Peyek Kedelai Sederhana

cara membuat peyek kedelai

Jadi setelah mengetahui apa itu peyek, kita masuk ke mengolahnya. Salah satu makanan dengan bahan kacang kedelai adalah peyek. Maka dari itu disini akan saya sampaikan cara membuat peyek kedelai yang sederhana yang bisa kamu coba dirumah.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram tepung beras
  • 500 ml santan encer
  • 250 gram kacang kedelai
  • 2 butir telur ayam kocok lepas
  • 1 liter minyak goreng
  • 1/2 sdt air kapur sirih

Bahan bumbu halus:

  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 5 lembar daun jeruk iris halus
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 1/2 cm kunyit
  • 1/2 sdt penyedap rasa

Cara membuat peyek kedelai:

  1. Rendam kedelai dalam air dingin selama minimal 2 jam untuk melunakkannya. Tiriskan dengan baik.
  2. Campur bumbu halus dengan tepung beras, santan, air dan telur hingga rata.
  3. Tambahkan kacang kedelai dan daun jeruk, aduk rata.
  4. Panaskan banyak minyak dalam wajan besi cor.
  5. Ambil sesendok sayur rapuh dan tuang ke tepi wajan hingga mengembang.
  6. Taburi dengan minyak dan goreng sampai kerupuk matang dan berwarna keemasan.
  7. Angkat dan tiriskan dengan air dingin.
  8. Simpan dalam wadah tertutup.

Jadi sekian artikel dari saya tentang cara membuat peyek kedelai dan sedikit ulasan tentang kedelai dan juga manfaatnya. Semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan resepnya boleh banget dicoba.

Dan jika anda membuka usaha yang berkaitan dengan kedelai, anda bisa menggunakan mesin pengupas kulit ari kedelai dalam prosesnya. Karena dalam usaha dibutuhkan bahan baku yang besar dan harus dalam waktu yang cepat, jadi mesin ini sangat berguna.

Saya sudahi sampai sini dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *