cara membuat minyak nilam

Cara Membuat Minyak Nilam dan Beberapa Penjelasan Singkat

February 25, 2021 @ 5:12 am

Hai semua! Pada kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai Cara Membuat Minyak Nilam beserta penjelasan singkat lainnya. Daripada intro kelamaan, langsung aja yuk simak artikelnya!

Penjelasan Singkat

cara membuat minyak nilam

Minyak nilam atau disebut dengan patchouli oil merupakan salah satu minyak atsiri yang di peroleh dari nilam aceh yang merupakan komoditas unggulan di Indonesia. Minyak nilam mempunyai banyak kegunaan. Salah satu kegunaan minyak nilam yaitu digunakan sebagai pembunuh serangga.

Cara Membuat Minyak Nilam

Minyak nilam dibuat melalui proses penyulingan. Dalam proses penyulingan ini pastinya membutuhkan mesin penyulingan atau mesin destilasi minyak atsiri.

Proses penyulingan itu sendiri mempunyai 3 sistem penyulingan yaitu penyulingan dengan cara direbus, kukus, dan penyulingan dengan uap. Berikut adalah cara penerapan proses cara membuat minyak nilam emnggunakan metode penyulingan.

Penyulingan di rebus

Proses penyulingan ini air dan daun nilam disatukan menjadi satu dalamsatu wadah atau ketel lalu direbus.

Dalam proses perebusan ini akan menghasilkan uap kemudian berubah menjadi butiran butiran embun yang menetes melalui pipa menuju kondensor dan menetes ke dalam wadah penampungan.

Kelemahan dari proses penyulingan direbus ini yaitu dapat mengurangi kualitas minyak nilam. Karena minyak yang dihasilkan merupakan minyak yang berasal dari campuran air.

Penyulingan dikukus

Dalam penyulingan ini, daun nilam yang sudah dikeringkan diletakkan di tempat yang sama namun terdapat saringan pemisah dan berjarak antara air dengan daun nilam. Berikut proses penyulingannya:

  • Isi ketel atau wadah dengan air secukupnya
  • Letakkan saringan di atas permukaan air, beri jarak antara air dengan daun nilam
  • Kemudian taruh daun nilam di atas saringan
  • Setelah bahan sudah siap semua, kemudian tutup wadah dan panaskan, lamanya waktu yang digunakan untuk memanaskan yaitu tergantung dengan banyaknya daun nilam yang dikukus.
  • Kamu cukup memanaskan wadah yang berisi bahan bahan tersebut

Penyulingan dengan uap

Cara membuat minyak nilam menggunakan metode penyulingan dengan uap ini akan menjamin kesempurnaan dari hasil minyak atsiri. Proses ini dilakukan dengan cara mengirimkan uap panas ke wadah yang didalam wadah sudah berisi daun nilam kering.

Dalam proses penyulingan ini, daun nilam tidak bersentuhan secara langsung dengan air maupun api. Waktu yang diperlukan untuk melakukan proses penyulingan dengan uap ini memakan waktu yang lama. Namun, kualitas minyak nilam yang dihasilkan lebih baik daripada dengan menggunakan metode penyulingan yang sebelumnya.

Dalam proses penyulingan ini membutuhkan alat alat seperti pada gambar di bawah ini:

cara membuat minyak nilam

Keterangan:

  • Ketel A digunakan untuk memanaskan air supaya menghasilkan uap
  • Ketel B digunakan sebagai tempat untuk meletakkan daun nilam yang sudah di keringkan
  • Kondensor ( alat pendingin )
  • Wadah untuk tempat penampungan minyak

Langkah Langkah proses penyulingan dengan uap:

  • Isi ketel A dengan air dan ketel B di isi dengan daun nilam yang sudah dikeringkan ( dalam mengeringkan daun nilam ini panas yang digunakan yaitu suhu ruangan bukan dengan panas matahari )
  • Pastikan dengan tepat kalau pipa pipa antara ketel A, B dan wadah penampungan sudah benar benar terhubung
  • Kemudian rebus air menggunakan api, jaga api supaya tetap menyala dan agar panasnya tetap stabil dan menghasilkan uap yang stabil juga.

Uap yang dihasilkan dari proses perebusan di ketel A mengalir menuju ketel B melalui pipa penghubung. Sehingga akan menghasilkan padas di ketel B dan secara otomatis akan berdampak pada penguapan daun nilam. Butiran air atau embun yang dihasilkan dari penguapan daun nilam akan mengalir menuju wadah penampungan melewati proses pendinginan.

Peluang Usaha Minyak Nilam

Menurut beberapa riset menyebutkan bahwa hamper 90 % pasokan minyak nilam di dunia berasal dari Indonesia terutama di daerah provinsi Aceh.

cara membuat minyak nilam

Kendalan utama dari minyak nilam yaitu stabilitas jumlah pasokan dan kualitas prosun. Kendala tersebut menyiratkan peluang usaha  tani dan agribisnis minyak nilam masih sangat terbuka dan potensial.

Usaha minyak nilam memiliki prospek usaha yang cerah karena komoditas minyak nilam di negara Amerika dan Eropa dapat di bandrol dengan harga mencapai USD $ 50 / kg. Minyak nilam ini dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industry pembuatan parfum dan kosmetik.

Minyak nilam dapat dimanfaatkan sebagai bahan antiseptic, antijamur, anti jerawat, obat eksim, serta kulit pecah pecah dan berbagai kegunaan minyak nilam lainnya sesuai kebiasaan masyarakat di negara pemakai.

Potensi Minyak Nilam Di Pasar Eropa

Minyak atsiri yang berasal dari Indonesia yang paling banyak diminati oleh negara Uni Eropa yaitu minyak nilam. Karena pada negara Uni Eropa, minyak nilam ini dugunakan sebagai bahan campuran bahan baku dalam pembuatan parfum.

Selain itu, untuk meningkatkan nilam tambah, minyak nilam Indonesia dapat dikembangkan menjadi produk minyak terpai Kesehatan dalam pasar Eropa.

Manfaat Minyak Nilam

Berikut adalah beberapa manfaat yang paling umum dari minyak nilam yaitu meliputi:

  1. Melawan depresi
  2. Meningkatkan system kekebalan tubuh
  3. Bekerja sebagai deodorant alami
  4. Menghentikan pertumbuhan jamur
  5. Mengurangi peradangan
  6. Meningkatkan suasana hati
  7. Memperkuat rambut
  8. Melawan infeksi
  9. Menghilangkan ketombe
  10. Merawat kulit secara umum
  11. Mengusir serangga
  12. Merangsang hormone
  13. Mengurangi demam

Untuk manfaat atau kegunaan minyak nilam selanjutnya silahkan baca Kegunaan Minyak Nilam.

Efek Samping Minyak Nilam

cara membuat minyak nilam

Jika digunakan dalam jumlah yang kecil maka akan dianggap aman. Minyak nilam dapat digunakan sebagai suplemen makanan, namun tidak disarankan untuk dikonsumsi anak anak berusia di bawah 6 tahun.

Tidak terdapat banyak bukti ilmiah yang mendukung keamanan dalam penggunaan minyak nilam untuk anak anak dan wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Karena minyak nilam bekerja sebagai obat penenang, penggunaan minyak nilam dalam jumlah besar dapat mengubah tingkat energi tubuh. Minyak ini juga menyebabkan sensitivitas jika digunakan secara topical dalam jumlah besar.

Sebelum menggunakan minyak nilam, disarankan untuk mengencerkannya terlebih dahulu menggunakan beberapa tetes air. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak terjadi reaksi negative.

Sudah cukup paham bukan mengenai penjelasan Cara Membuat Minyak Nilam dan Beberapa Penjelasan Singkat Lainnya! Semoga artikel ini dapat menambah wawasan atau pengetahuan kalian semua.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca Kegunaan Minyak Nilam. Jika ada kritik dan saran yang ingin kalian sampaikan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Sekian, mohon maaf apabila dalam penulisan artikel ini terdapat kekurangan maupun kelebihan.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *