Cara membuat minyak klentik untuk ibu hamil

Cara Membuat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

February 22, 2021 @ 3:13 pm

Cara Membuat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil. Minyak klentik merupakan salah satu minyak yang banyak kita jumpai di indonesia pada dahulu, tetapi dengan seiringnya zaman berjalan. Minyak Ini mulai ditinggalkan tidka tahu kenapa. Mungkin karena cara membuatnya yang belum tahu. padahal minyak ini memiliki berbagai manfaat yang bisa kita rasakan. Untuk itu mari kita belajar bersama cara membuat minyak klentik untuk ibu hamil. jangan lupa persiapkan semua alat yang kita butuhkan yah!

selamat mencoba membuat, semoga lancara dalam membuatnya guys. nanti kita juga akan memberikan sedikit penjelasan tentang manfaat minyak klentik untuk ibu hamil yah, agar kalian tahu juga cara membuat beserta manfaatnya!

Cara Membuat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

Minyak klentik memiliki beraneka ragam manfaat untuk ibu hamil, bisa membuat persalinan menjadi lancar dan yang lainya. untuk itu kita akan belajar cara membuat minyak klentik untuk ibu hamil agar persalinannya menjadi lancar.

Cara Membuat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

Cara membuat minyak kelapa murni di rumah, bagi yang ingin mencoba membuatnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan:

Pilihlah kelapa yang tua, sesuaikan dengan kebutuhan Air secukupnya, Saringan, Parutan, Botol penyimpanan minyak kelapa.

Berikut ini cara memilih kelapa yang baik di gunakan sebagai minyak kelapa. Sebetulnya ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa antara lain itu dengan cara pemanasan, fermentasi, pengolahan dingin, penyulingan. Selain itu ada juga virgin coconut oil yang dibuat tampa pemanasan.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau minyak goreng yang berasal dari kelapa kopra, minyak kelapa klentik mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecokelatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama.

Membuat Minyak Klentik

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat.

1. Pilihlah kelapa yang bekualitas baik matang dan juga segar.

2. Bersihkan kelapa, lalu parut dan campurlah dengan air matang kemudian peras.

3. Dari hasil parutan tersebut segera kita tuangkan ke botol atau wadah diamkan selama 24 jam dalam ruangan 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah.

4. Saringlah air yang sudah terpisah dengan minyak, dan minyak itu sendiri akan menghasilkan warna putih pucat.

Dengan pemanasan

Proses pembuatan minyak kelapa dengan cara pemanasan, berikut caranya:

1. Kupaslah buah kelapa, ambil dagingnya.

2. Parutlah daging kelapa tersebut menggunakan parutan, jika kamu enggan untuk memarut sendiri bisa membeli sediri yang sudah diparut di pasar.

3. Campurlah parutan kelapa tersebut dengan air matang, peras dan saring untuk mendapatkan santan.

4. Siapkan penggorengan dengan nyala api yang kecil lalu tuangkan air santan tersebut.

5. Aduk santan secara peralahan, karena dengan kita mengaduknya secara terus-menerus maka air santan akan menguap dan terpisah sehingga hanya tersisa minyak dan ampas yang dikenal dengan blondo.

6. Setelah minyak terbentuk, tuangkan ke dalam botol yang telah disiapkan.

Dengan perebusan

1. Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap.

2. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua.

3. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. 4. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

5. Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang.

6. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak.

7. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

Manfaat Minyak Klentik

setelah kita mengetahui bagaiamana cara membuat minyak klentik. selanjutnya kita akan memberi penjelasan tentang manfaatnya agar kalian mengetahu. Untuk itu baca sampai selesai agar kalian tahu yah

Terdiri dari beberapa manfaat yang akan kita bahas. Sudah dibuktikan oleh beberapa orang bahwa minyak ini bener-bener mempunyai manfaat yang banyak salah satnya adalah berikut :

1. Sifat anti-infeksi

Minyak kelapa sangat baik dalam mencegah sebagian besar infeksi jamur, virus, dan bakteri. Hanya mengonsumsi sekitar dua sendok makan sehari dapat memberikan kekebalan selama kehamilan, sehingga melindungi ibu dan bayi yang belum lahir dari flu, pilek, dan penyakit umum lainnya.

2. Khasiat Minyak Klentik Untuk Sumber asam laurat

Setelah ASI, minyak kelapa adalah sumber asam laurat terbaik berikutnya. Asam laurat membantu produksi ASI selama dan setelah kehamilan sehingga bayi akhirnya mendapatkan ASI berkualitas tinggi yang akan membuatnya tetap sehat.

3. Pengganti produk susu

Kehamilan dapat menyebabkan kita menghindari beberapa makanan. Keengganan untuk mengonsumsi produk susu memang cukup umum, namun untuk masalah tersebut, minyak kelapa dapat menjadi solusi yang bagus lho Bun sebagai alternatif pengganti dengan kualitas yang hampir sama.

4. Mengurangi lemak jahat

Komposisi lemak pada kelapa cukup tinggi, sehingga dapat membantu Mama mengurangi asupan kalori. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki lebih banyak lemak tubuh daripada mereka yang mengonsumsi minyak kelapa. Ini penting karena jaringan adiposa yang terletak di perut diyakini berdampak negatif pada kesuburan.

5. Menjaga pH vagina

Kesehatan vagina adalah salah satu hal penting bagi perempuan yang tengah menjalani program hamil. Tingkat pH vagina dapat dipengaruhi oleh siklus haid, obat-obatan yang dikonsumsi, serta pola makan sehari-hari. Tingkat pH yang terlalu banyak membuat sperma sulit bertahan hidup di dalam vagina. Kondisi ini juga dapat menyebabkan infeksi jamur, memicu rasa gatal dan hubungan seks yang tidak nyaman. Nah, minyak kelapa dapat membantu menjaga tingkat pH yang tepat dalam tubuh kamu dan menjaga kesehatan vagina. Tambahkan minyak kelapa dalam diet atau gunakan sebagai pelumas alami.

6. Menjaga insulin dan tiroid tetap terkontrol

Insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga kadar gula darah, memainkan peran vital dalam tubuh. Oleh sebab itu, kadarnya pun harus juga diperhatikan. Terlalu banyak insulin dapat menyebabkan testosteron naik begitu tinggi, sehingga dapat menghambat kesuburan dalam tubuh seseorang. Asam lemak rantai sedang dalam kelapa dikenal mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan memecah glukosa secara perlahan, kadar gula darah pun tetap terjaga.

Selain insulin, minyak kelapa juga membantu menjaga kestabilan tiroid. Kadar tiroid yang tidak terkendali adalah salah satu masalah umum pada perempuan yang sedang program hamil.

7. Memerangi Jerawat Kehamilan

Tidak semua orang mengalami pregnancy glow saat menjalani masa kehamilan. Sebagian malah diserbu jerawat hormonal. Apakah Moms mengalaminya juga?

Jika Moms kesulitan dengan jerawat yang disebabkan oleh kehamilan, ada manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil yang dapat membantu menangani kondisi ini.

Dilansir dari situs Belly Belly, sifat antibakteri pada VCO dapat membantu mengobati jerawat hormonal pada ibu hamil. Caranya juga mudah, cukup oleskan secara tipis pada kulit berjerawat setiap selesai mandi.

8. Khasiat Minyak Klentik Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Moms harus mengonsumsi sekitar dua sendok makan minyak kelapa murni setiap hari.

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil ini berkontribusi untuk mengembangkan kekebalan tubuh, dan bahkan kekebalan bayi akan lebih kuat, menurut Dietitian Australia.

Selain itu, minyak kelapa akan membantu dengan gejala terkait kehamilan lainnya, seperti mual di pagi hari, mulas, dan sembelit.

9. Mengobati GERD

GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Jika Moms memiliki penyakit asam lambung saat menjalani masa kehamilan, VCO salah satu solusinya.

Dikutip dari Dr. Josh Axe, DC, DNM, CNS, dokter pengobatan alami dari Amerika Serikat, minyak kelapa meningkatkan pencernaan yang sehat dan anti-inflamasi.

Keduanya penting dalam membantu meredakan refluks alias asam lambung naik yang menyakitkan selama akhir kehamilan. Tak heran bila ini termasuk dalam manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil.

10. Khasiat Minyak Klentik Untuk Menenangkan ibu menyusui

Di antara banyak masalah yang dihadapi ibu menyusui, salah satu yang paling menyusahkan adalah puting susu yang retak dan masam. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengaplikasi minyak kelapa topikal ke daerah tersebut.

Penutup

Okeh mungkin itu pembahasan yang bisa kami berikan kepada kalian semua. semoga dengan membaca artikel kalia ini kaliaan bisa membuat minyak klentik dan juga tahu mengenai manfaat yang terdapat pada minyak klentik. sudah begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan apabila menggunakan minyak ini. Untuk itu kita harus bersyukur kepada tuhan yang telah memberikan manfaat ini. janga lupa share apabila berguna bagi yang lain. terimakasih semua!

baca ilmu jangan bosan. baca yang lainya tentang manfaat minyak klentik untuk kehamilan. Jika kalian bermasalah dengan mesin kelapa atau mesin lainya bisa menghubungi rumahmesin.com yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *