Inilah Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah Sehat Berseri

July 14, 2021 @ 7:54 am

Tahukah kamu bagaimana cara membuat minyak kelapa untuk wajah ? Seperti yang kita ketahui Bunda, minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstrak dari buah kelapa yang sudah tua. Namun, perlu diingat bahwa minyak kelapa murni berbeda dari minyak kelapa biasa dalam cara diekstraksi dan manfaat kesehatannya.

Sudah tidak asing lagi tentang virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni. Virgin disini maksudnya minyak yang dihasilkan dari sari kelapa tanpa menggunakan bahan kimia, dan menggunakan panas atau suhu rendah, atau tidak sama sekali.

Minyak kelapa murni memiliki rasa dan aroma yang kuat serta mengandung antioksidan, protein, vitamin, dan asam lemak sehat yang lebih tinggi dibandingkan produk olahan pabrik.

Tradisi membuat minyak sendiri berawal dari kebiasaan hati-hati orang zaman dahulu dalam mengekstrak cairan dari kacang-kacangan, biji-bijian, atau bahan lain yang kemudian disimpan untuk keperluan memasak.

Selama bertahun-tahun, untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan kami, kami telah beralih ke minyak buatan yang sering kali sarat dengan campuran senyawa, aditif, dan lemak terhidrogenasi. Oleh karena itu, memilih minyak goreng yang digunakan untuk menyiapkan hampir setiap makanan harus berkualitas tinggi.

Minyak kelapa murni juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menjadi bahan perawatan kulit alami yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Selain itu, dapat meredakan gatal-gatal pada kulit kepala dan ketombe. Minyak kelapa murni juga baik sebagai obat sariawan. Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada area sariawan dan biarkan semalaman.

Nah, Anda juga bisa membuat minyak kelapa murni sendiri. Ada enam tahap pembuatannya dan prosesnya memang sedikit memakan waktu, tapi sangat mudah lho Bunda. Berikut bahan dan cara membuatnya !

Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah Glowing dan Berseri

Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah Glowing dan Berseri

Bahan dan alat:

  • 3-4 buah kelapa matang dan segar untuk menghasilkan 1 liter santan, dan 50 gram minyak dapat diekstraksi.
  • Cukup air
  • parutan
  • Saring
  • Botol penyimpanan

Berikut ini cara membuat minyak kelapa untuk wajah

  1. Kupas kelapa, ambil dagingnya dan bersihkan. Kemudian parut daging kelapa.
  2. Peras parutan daging kelapa menggunakan kain, untuk diambil sari santannya. Kemudian Anda bisa menambahkan sedikit air panas ke dalamnya agar lebih mudah diperas.
  3. Setelah santan diekstraksi, saring dengan menggunakan kain untuk memisahkan pengotornya.
  4. Masukkan santan ke dalam penggorengan, lalu taruh di atas kompor. Biarkan masak selama 2 hingga 3 jam, tetapi pastikan panasnya tetap rendah.
  5. Aduk terus sampai santan berubah warna menjadi coklat, dimana santan menguap dan terpisah menghasilkan minyak dan ampas.
  6. Setelah santan kental, angkat dari kompor dan biarkan dingin. Masukkan santan kental yang sudah dingin lalu peras menggunakan kain untuk memisahkan minyaknya. Kumpulkan dalam mangkuk lalu simpan dalam kaleng atau botol plastik.
    Minyak kelapa buatan sendiri ini bisa bertahan selama satu tahun atau setidaknya 8 hingga 10 bulan. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam wadah kedap udara dan jangan dibiarkan di tempat terbuka karena dapat terkontaminasi dan kehilangan kualitasnya.

Baca Juga : Mesin Penyaring Minyak Goreng Spesifikasi Terbaik 2021

Perawatan Murah dengan Membuat Masker Dari Minyak Kelapa !

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk wajah di atas, tidak apa-apa jika Anda ingin mencobanya di rumah.

Namun, sama seperti menggunakan bahan alami pada umumnya, Anda perlu mengecek apakah kulit Anda aman menggunakan minyak kelapa untuk wajah atau tidak. Terutama, bagi pemilik kulit sensitif.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk wajah yang aman adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke area kecil kulit. Kemudian, tunggu reaksinya beberapa saat. Jika terjadi reaksi alergi, seperti kulit kemerahan, gatal, dan nyeri, segera setelah menggunakan minyak kelapa untuk wajah, sebaiknya hindari penggunaannya dan bilas kulit dengan air hingga bersih.

Sebaiknya, jika tidak ada reaksi pada kulit yang diolesi minyak kelapa, berarti Anda tergolong aman untuk menggunakannya. Anda juga bisa mendapatkan manfaat maksimal minyak kelapa untuk wajah yang dicampur dengan bahan alami lainnya. Berikut cara membuat masker minyak kelapa dan bahan alami lainnya.

1. Masker minyak kelapa, kunyit dan madu

Buat kamu yang ingin mencerahkan kulit wajah menggunakan minyak kelapa, coba buat masker yang satu ini. Begini caranya.

  • Ambil 3 sendok makan minyak kelapa (lelehkan), sendok teh bubuk kunyit, dan sendok teh jus lemon, dan 1 sendok makan madu dalam mangkuk.
  • Aduk semua bahan sampai merata.
  • Bersihkan wajah, lalu oleskan masker minyak kelapa, kunyit, dan madu.
  • Biarkan di wajah selama 15-20 menit.
  • Cuci muka dengan air dan cuci muka.

2. Masker minyak kelapa, lemon dan yogurt

Masker minyak kelapa untuk wajah yang dicampur dengan air lemon dan yogurt bisa digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Simak cara membuat dan menggunakannya di bawah ini.

  • Siapkan satu sendok makan minyak kelapa, 1 sendok makan yogurt tawar, dan satu sendok makan jus lemon dalam mangkuk.
  • Aduk semua bahan secara merata.
  • Oleskan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan
  • Diamkan selama 15 menit atau sampai mengering.
  • Cuci muka menggunakan air hangat.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah dan Kulit

  1. Pelembab wajah
    Ganti krim wajah Anda dengan minyak kelapa murni. Oleskan secukupnya saja, agar bisa benar-benar meresap ke dalam kulit Anda dengan baik.
  2. Pelembab kulit tubuh
    Oleskan minyak kelapa ke seluruh tubuh Anda untuk menghidrasinya. Namun, tunggu beberapa saat untuk mengenakan pakaian, agar kulit benar-benar kering terlebih dahulu, dan tidak ada noda pada pakaian.
  3. Penghapus riasan
    Anda tidak memiliki penghapus riasan? Tidak masalah, karena minyak kelapa adalah alternatif terbaik yang bisa Anda dapatkan, tanpa menyumbat pori-pori di kulit.
  4. Lulur tubuh
    Bingung cari body scrub yang bagus? Anda hanya perlu menyiapkan minyak kelapa dan beberapa bahan pengelupas, seperti gula merah atau bubuk kopi.
  5. Krim cukur
    Ya, Anda juga bisa mencukur bulu tubuh dengan minyak kelapa. Campurkan minyak kelapa, sampo, dan pelembab bayi untuk mencukur sendiri di rumah.

Nah itulah cara membuat minyak kelapa untuk wajah menjadi sehat berseri. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua ya. Dan jangan lupa untuk mempraktekkan sendiri dirumah, karena cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Selamat mencoba and see you ^^

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *