Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci

July 6, 2018 @ 9:27 am

Kelinci yaitu hewan mamalia yang dulunya hidup di alam liar persisnya di daerah Afrika. Tetapi, kelihatannya hari ini orang-orang banyak yang membudidayakannya untuk digunakan dagingnya atau sebatas jadikan kelinci hias didalam rumah.

Menurut mereka usaha beternak kelinci merupakan usaha yang menjanjikan. Lantaran untuk membudidayakannya cukup gampang. Diluar itu yang berminat juga agak banyak. Baiknya Anda mesti mempersiapkan dulu keperluan kebutuhan pokoknya. Satu diantaranya yaitu membikinkan kandang kelinci yang wajar.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Walau sekarang ini kandang kelinci banyak di jual di beberapa toko hewan ternak atau pet shop. Namun tetap harus untuk yg tidak mempunyai uang, pasti lebih enak bikin sendiri. Terkecuali murah, kita juga leluasa mendesain bentuk serta ukurannya.

Sejatinya bikin kandang untuk kelinci sangat gampang. Terutama bila anda super kreatif pasti bikin kandang satu hal yang sangatlah mudah serta mudah. Tetapi, pada awal mulanya ada banyak hal yang perlu anda lihat. Yakni kandang kelinci itu dibagi 3 jenis. Perorangan, koloni serta tingkat.

Bila anda mempunyai banyak kelinci serta ingin dipisah pisahlah, baiknya buat kandang kelinci bentuk perorangan. Karena kandang kelinci yang berbentuk perorangan memiliki bentuk luas namun dapat ditempati untuk satu ekor kelinci saja.

Langkahnya buat berjajar dengan di beri sekat agar tak tercampur dengan kelinci yang lainnya. Lalu tiap-tiap tempat di beri ruang atau kamar jadi tempat bersembunyi si kelinci.

Mengenai kandang kelinci koloni (berbarengan), anda mesti membuatnya seluas mungkin saja, karna di dalamnya ada beberapa kelinci betina, jantan serta anak anak kelinci yang telah terlepas sapih. Koloni dapat diletakkan di tanah.

kelinci.net
Gambar Cara Membuat Kandang Kelinci

Lalu bikin kandang kelinci dapat dari kayu, kawat, besi serta bambu. Bila kalian maunya murah pakai bambu saja. Harga nya murah seputar 10. 000 hingga 15. 000 an. Mengenai untuk luas, lebar serta tingginya sesuai jumlahnya kelinci juga jenis kandang seperti apa.

Contohnya saya ingin bikin kandang jenis perorangan. Jadi agar pengeluaran saya sedikit dengan kata lain hemat. Saya bakal bikin seluas luasnya, supaya dapat di sekat sekat serta maka banyak.

Jika kelinci cuma sedikit contoh 2 atau 3 ekor saja, jadi ukuran kandangnya yang standard saja. Umumnya luas 120 cm, lebar 75 cm serta tinggi 40 cm. Bila kalian tak berikan atap, ukuran tingginya 80cm agar kelinci tak loncat keluar.

Namun andaikata jumlahnya kelinci anda banyak, buat ukuran luas 180 cm, lebar 75 cm serta tinggi 50 cm atau lebih bila dibikin bertingkat serta tak di beri atap.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Ok, sesudah Anda tahu point poin terpenting diatas. Setelah itu panduan bagaimanakah cara membuat kandang kelinci yang dikutip dari kelinci.net.

1. Siapkan Bahan Bahannya

Langkah Bikin Kandang Kelinci Dengan Mudah

  • Bahan bahan yang perlu disediakan yaitu :
  • Kayu untuk kerangka
  • Bambu untuk alas kandang
  • Asbes untuk atap
  • Paku besar serta kecil
  • Engsel untuk pintu
  • Tempat kotoran
  • Kawat untuk sisi ujung kandang
  • Palu
  • Gergaji
  • Obeng

2. Sistem Pembuatan Kandang Kelinci

Sesudah bahan berbahan telah siap. Kalian ikuti saja tutorial berikut ini :

  • Buat kerangka terlebih dulu dengan kayu, bentuk sesuai sama ukuran. Luas, lebar serta tinggi cocokkan jumlahnya serta jenis kandang yang anda kehendaki.
  • Apabila kerangka telah cocok, teruskan bikin dindingnya, dapat menggunakan kayu atau bambu.
    Lalu buat alasnya dengan bambu hingga rata serta rapat, namun janganlah terlampau rapat ya sob agar kotoran kelinci dapat jatuh ke tanah atau bawah kandang yang telah di beri tempat kotoran.
  • Untuk alas, sempat menggunakan kardus namun justru lembab terserang air. Malah bisa menyebabkan bakteri.
  • Setelah itu buat pintu dengan ukuran lebar 15 cm serta tinggi 20 cm beserta kamarnya.
  • Berikan atap pada kandang yang sudah kita buat.

Peletakan Terkadang Kelinci yang Baik serta Benar

Rasa-rasanya ada yang kurang bila tak mengulas peletakan kandangnya. Karena ini dapat sangatlah terpenting. Penempatannya sesuka hati anda. Yang terpenting prasyaratnya mesti terserang cahaya matahari pagi sehari-harinya.

Cahaya matahari pagi diperlukan untuk membunuh kuman kuman yang berada di seputar kandang serta mengeringkan kandang disebabkan tumpahan air minum kelinci. Upayakan kandang kelinci ditempat yang sejuk serta nyaman, seperti di dekat pohon-pohon yang teduh.

Nah tersebut panduan komplit langkah bikin kandang kelinci sendiri yang gampang serta murah. Apabila anda tetap bingung, coba lihat gambar gambar kandang yang telah kami siapkan diatas. Jika kandang telah usai, anda dapat mendesainnya lebih cantik sekali lagi, contoh di beri cat, mainan di dalamnya.

Author Vaunparly Category Kelinci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *