Cara Membuat Jahe Bubuk

Cara Membuat Jahe Bubuk dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

June 17, 2021 @ 5:16 am

Jahe merupakan salah satu herbal atau rempah yang memiliki segudang manfaat. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga bisa dibuat sebagai minuman yang menyehatkan. Yuk kita simak cara membuat jahe bubuk siap seduh berikut ini:

Bagaimana Cara Membuat Jahe Bubuk?

Bahan-bahan:

  • ½ kg rimpang jahe
  • Batang serai secukupnya
  • Kayu manis secukupnya
  • Bunga lawang secukupnya
  • Cengkeh secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • 1 kg gula pasir
  • 1 liter air

Cara membuat Jahe Bubuk :

  1. Langkah pertama cuci bersih rimpang jahe, pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel.
  2. Setelah itu, rimpang jahe dihaluskan dengan cara diparut maupun diblender.
  3. Jika telah halus, kemudian jahe disaring dengan menggunakan kain bersih untuk mengambil sarinya dan memisahkan ampasnya. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan air di atas kompor. Masukkan batang serai, kayu manis, bunga lawang, dan cengkeh.
  5. Lalu tambahkan sari jahe ke dalamnya. Masak dengan api sedang dan tunggu hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih, masukkan gula pasir dan gula jawa secukupnya. Adukaduk sesekali hingga gula larut. Kecilkan api kompor saat mulai berbuih.
  7. Ketika buih sudah mulai turun, matikan api sambil terus diaduk.
  8. Setelah menjadi serbuk, lanjutkan dengan pengayakan.
  9. Diamkan bubuk jahe hingga dingin.
  10. Terakhir, jahe bubuk bisa Anda kemas dengan plastik tertutup atau bisa langsung Anda seduh dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga : Macam Jamu Tradisional Nusantara dan Khasiatnya

Manfaat Minuman Jahe

1. Meredakan Nyeri Haid

Minuman Jahe diyakini cukup ampuh dalam meredakan nyeri saat datang bulan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu dalam mengurangi nyeri datang bulan pada wanita. Khasiat jahe ini bahkan bisa disandingkan dengan khasiat obat asam mefenamat maupun ibuprofen sebagai pereda sakit.

2. Mengatasi Masalah pada Sistem Pencernaan

Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Rimpang jahe mengandung zat anti bakteri yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan pada sistem pencernaan. Selain itu, rasa hangat yang dihasilkan dari mengonsumsi jahe juga bisa membuat pencernaan menjadi lebih rileks.

Tahukah Anda? mengonsumsi jahe bisa mencegah Anda terserang masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau bahkan naiknya asam lambung.

3. Menghilangkan Mual | Cara Membuat Jahe Bubuk dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jahe memiliki aroma yang khas serta kandungan di dalamnya yang mampu menghilangkan rasa mual. Anda bisa mengonsumsi minuman jahe saat Anda mengalami mual baik itu mual karena mabuk perjalanaan, masuk angin, pasca operasi, atau bahkan mual pada awal kehamilan.

4. Mencegah Kanker

Jahe diyakini bisa membantu mencegah penyakit kanker. Meskipun jahe memiliki potensi anti kanker yang telah terdokumentasi dengan baik, namun manfaat jahe untuk mencegah kanker ini masih membutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut.

5. Melegakan Tenggorokan Saat Batuk dan Flu

Rasa hangat yang diberikan oleh jahe bisa bermanfaat untuk melegakan sistem pernapasan saat Anda mengalami flu dan batuk. Dengan mengonsumsi jahe, sistem pernapasan menjadi lebih lancar, serta mampu melegakan tenggorokan yang gatal.

6. Menurunkan Kadar Gula dan Kolesterol dalam Darah

Menurut sebuah penelitan, telah dibuktikan bahwa mengonsumsi jahe secara rutin bisa menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Tak hanya itu, jika dikonsumsi secara rutin, jahe juga cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta meningkatkan lemak baik. Tentu saja manfaat-manfaat jahe ini bisa mencegah anda terkena penyakit diabetes, penyakit jantung atau bahkan stroke.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Cara Membuat Jahe Bubuk dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jahe mengandung banyak vitamin C serta magnesium. Selain kedua kandungan tersebut, jahe juga mengandung gingerolsshogaols, dan zingerones sebagai antioksidan bagi tubuh. Kandungan yang ada di dalam rimpang jahe ini diyakini sangat berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu, kandungan gingerol yang ada di dalam jahe juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti shigella, E.coli, dan lain-lain. Jika dikonsumsi secara rutin, minuman jahe akan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit.

8. Mengurangi Stress

Rimpang jahe memiliki aroma yang khas serta kandungan polifenol yang bisa membantu dalam mengurangi stress. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak serta menghambat terjadinya peradangan pada otak. Untuk bisa mendapatkan manfaat-manfaat dari jahe ini, Anda harus mengonsumsi minuman jahe secara rutin.

9. Mengurangi Peradangan

Manfaat mengonsumsi minuman jahe yang selanjutnya yaitu bisa mengurangi peradangan yang ada di tubuh misalnya radang persendian. Jahe mengandung zat anti inflamasi atau anti peradangan yang mampu mengurangi dampak peradangan secara signifikan.

10. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe juga mampu memberikan stimulan pada sirkulasi darah. Kandungan yang ada di dalam jahe diyakini dapat memberikan efek stimulasi pada otot jantung sehingga sistem peredaran darah menjadi lancar.

11. Meningkatkan Nafsu Makan | Cara Membuat Jahe Bubuk dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jika dikonsumsi secara rutin, minuman jahe mampu meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang kurang berselera makan ataupun untuk mengatasi masalah nafsu makan pada anak.

Demikian tadi cara membuat jahe bubuk siap seduh serta beberapa manfaat mengonsumsi minuman jahe bagi kesehatan. Semoga ulasan berikut bisa menambah wawasan Anda. Terimakasih ^^

Untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya, kunjungi website kami hanya di Cap Cip Cup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.