Cara Membuat Bika Ambon

April 21, 2021 @ 2:34 am

Resep bika ambon mungkin masih belum terlalu banyak diketahui dalam masyarakat. Hal ini memang sedikit menarik, karena sepopuler apapun bika ambon untuk dikonsumsi ternyata bagaimana cara pembuatannya tidak terlalu diminati untuk diketahui. Mungkin saja mengapa banyak masyarakat tidak mengetahui resep bika ambon adalah karena keengganannya dalam mengetahui cara membuat bika ambon yang dianggap sulit.

Lalu apakah benar cara membuat bika ambon itu sulit? Tentu tidaklah benar. Bika ambon dapat dibuat oleh siapa saja dengan mudah. Bika ambon ini merupakan salah satu jenis kue yang berasal dari daerah Medan. Unik sekali bukan, kue bernama Ambon tetapi dihasilkan di kota Medan.

Apa sajakah resep bika ambon yang dimodifikasi tersebut? Pada bagian selanjutnya, akan dibahas masing-masing mengenai resep tersebut. Simak penjelasannya berikut ini.

Berbagai Kreasi dalam Membuat Bika Ambon yang Lezat

Bika ambon merupakan jenis kue basah yang bentuknya berwarna kuning dan memiliki pori-pori jika dilihat dari sisi atas. Kue ini sangat populer karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang legit.

Anda tentu tertarik ingin mengetahui mengenai berbagai kreasi dalam membuat bika ambon ini, bukan? Oleh sebab itulah, berikut ini beberapa contoh kreasi pembuatan bika ambon yang berhasil dikumpulkan untuk menginformasi kamu. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam pembuatan bika ambonmu, gunakanlah mesin mixer roti.

Resep Bika Ambon Original

Tidak banyak yang mengetahui bagaimana bika ambon dapat dibuat. Kue yang legit sekali ini ternyata tidak dibuat dengan bahan baku tepung terigu, melainkan menggunakan tepung sagu. Untuk lebih lengkapnya mengenai bagaimana bika ambon original dapat dibuat, simaklah langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Pertama-tama tentu anda haruslah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan bika ambon. Bahan-bahan untuk membuat bika ambon antara lain adalah seperti yang tercatat pada daftar berikut.

Bahan-bahan Bika Ambon:

Tepung sagu, kira-kira 200 gram banyaknya.

Gula pasir, sebanyak 200 gram sedikitnya.

Telur kuning, sekitar 10 butir banyaknya.

Ragi roti, kira-kira 1 sendok makan banyaknya.

Gula pasir untuk biang, sebanyak 1 sendok makan sedikitnya.

Tepung terigu untuk biang, sekitar 1 sendok makan banyaknya.

Air hangat untuk biang, kira-kira 3 sendok makan banyaknya.

Santan dengan tekstur kental, sebanyak 300 mili liter sedikitnya.

Daun pandan, sekitar 2 lembar banyaknya.

Serai, kira-kira 2 lembar banyaknya.

Daun jeruk, sebanyak 10 lembar sedikitnya.

Pembuatan Bika Ambon Original

Setelah seluruh bahan-bahan di atas telah disiapkan, anda dapat memulai proses pembuatan resep bika ambon. Berikut ini langkah-langkah membuat bika ambon yang dapat anda ikuti prosesnya. Selamat mencoba!

Pertama-tama anda haruslah membuat biang untuk dapat membuat bika ambon.

Biang dibuat dengan mencampur bahan-bahan biang seperti ragi roti, gula pasir, tepung terigu, dan air hangat. Aduk campuran itu hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Sambil menunggu, anda dapat mulai merebus santan dengan serai.

Campurkanlah juga daun pandan dan daun jeruk ke dalamnya.

Tunggulah hingga rebusan tersebut mendidih.

Setelah mendidih, anda dapat mendinginkannya hingga hangat.

Sambil menghangatkan, anda dapat mengocok kuning telur dan mencampurkan gula ke dalamnya.

Kocok hingga halus dan campurkan tepung sagu ke dalam kuning telur dan gula.

Selanjutnya, masukkan juga biang yang telah anda buat juga adonan santan.

Aduklah hingga merata dan masukkan ke dalam loyang

Setelahnya anda dapat memanggang adonan bika ambon ini pada api bawah oven gas hingga kering. Dilanjutkan dengan api atas hingga seluruhnya matang.

Kemudian bika ambon pun siap untuk anda sajikan dan nikmati kelezatannya.

Demikianlah kira-kira beberapa kreasi resep bika ambon yang dapat anda coba. Semoga informasi mengenai kreasi resep ini dapat membuat anda semakin kreatif dalam membuat bika ambon. Sehingga anda dan keluarga pun dapat menikmati bika ambon yang lezat dan tidak membosankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *