Cara Jualan Frozen Food

March 30, 2021 @ 3:44 am

Cara Jualan Frozen Food :

Tak sedikit orang yang kini tertarik membeli makanan beku, terutama sebagai bekal saat pandemi ini. Di saat yang sama, bisnis makanan beku saat ini juga menjadi trend bisnis dengan peluang yang menguntungkan karena sifatnya yang praktis. Apalagi jika bisa menjual produk makanan beku yang tidak menggunakan bahan pengawet ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

Bisnis makanan beku memungkinkan dilakukannya dalam skala rumahan. Dengan begitu, Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja. Untuk membantu Anda melihat lebih dekat peluang bisnis makanan beku ini, artikel kali ini akan membahas tips lebih lanjut dalam memulai bisnis hingga menghitung taksiran modal dan keuntungan.

Tips memulai bisnis makanan beku

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah melakukan riset terhadap kondisi pasar. Anda harus mencari tahu daerah mana yang tertarik dengan makanan beku atau tidak. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka Anda tinggal menerapkan langkah-langkah selanjutnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Tentukan jenis produk

Mulailah dengan memikirkan jenis produk makanan beku yang akan Anda jual. Menentukan jenis produk olahan makanan beku di awal akan memudahkan langkah-langkah penting yang selanjutnya akan diambil untuk memastikan bisnis makanan beku ini berjalan dengan lancar nantinya.

Anda bisa memilih menjual makanan beku berupa daging atau produk olahan daging, atau beberapa jenis makanan beku lainnya yang juga praktis saat disajikan seperti kentang goreng, nugget, atau bakso. Itu juga tergantung dari kemampuan produksi Anda sendiri nantinya.

2. Hitung modal awal

Jika Anda sudah menentukan produk bisnis makanan beku apa yang Anda pilih, maka Anda harus mulai menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Hitung apa saja yang perlu dimasukkan dalam perhitungan modal awal, termasuk biaya yang dikeluarkan jika harus bekerja sama dengan vendor atau pemasok kebutuhan bisnis makanan beku. Pastikan perhitungan modal awal dilakukan sedetail mungkin.

3. Siapkan peralatan utama

Saat menghitung modal awal, Anda juga bisa mengkategorikan kebutuhan primer dengan yang tidak mendesak. Fokuskan anggaran modal Anda untuk dibelanjakan pada peralatan utama terlebih dahulu seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku.

Anda dapat menginvestasikan sedikit lebih banyak uang dengan membeli pendingin makanan berkualitas tinggi, daripada berurusan dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti mesin mogok jauh sebelum depresi datang. Ini akan merugikan karena operasional bisnis akan terhambat. Belum lagi jika harus mengeluarkan uang ekstra untuk memperbaiki mesin atau bahkan membeli mesin baru.

4. Pikirkan tentang metode pengemasan

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam bisnis makanan beku adalah pengemasan dari produk makanan beku itu sendiri. Kemasan yang baik akan mendukung kualitas dari makanan beku itu sendiri. Karena itu. gunakan plastik khusus yang dibuat untuk makanan beku.

Plastik pembungkus untuk makanan beku biasanya tidak memiliki pori-pori sehingga makanan bisa bertahan lebih lama. Makanan beku juga perlu disedot saat dikemas untuk menghilangkan udara di ruang penyimpanan makanan beku. Beri juga label pada kemasannya, serta keterangan kadaluarsa produk.

Selain pengemasan, teknik penyimpanan stok makanan beku juga penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan konsistensi temperatur penyimpanan pada mesin pendingin yang digunakan, yaitu tidak lebih dari 18 derajat Celcius.

5. Gunakan teknologi digital

Permudah operasi bisnis makanan beku yang ingin Anda lakukan dengan melibatkan fitur-fitur apik dari kemajuan teknologi digital terkini. Seperti GoBiz dari Gojek misalnya, fitur ini berguna untuk pemesanan online yang terintegrasi dengan GoFood. Tidak hanya memudahkan para pebisnis, tetapi juga konsumen yang ingin memesan makanan beku dari Anda. Apalagi aplikasi GoBiz juga mobile dan mudah digunakan.

Selain mendukung pemesanan bisnis makanan beku secara online, GoBiz juga telah terintegrasi dengan fitur GoFood, sehingga dapat menjangkau lebih banyak pembeli di pasar online. Ditambah lagi pelanggan Anda akan dimudahkan dengan fitur pembayaran non tunai. Jenis teknologi digital ini dapat membantu bisnis Anda tetap berjalan dalam kondisi saat ini.

6. Masuk ke pasar online

Memasuki pasar online akan membantu Anda menjangkau lebih banyak pembeli. Platform online juga dapat digunakan sebagai media ekspansi bisnis agar produk makanan beku Anda semakin dikenal pasar.

Artinya, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan media sosial sebagai media berjualan. Anda dapat memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk dari bisnis makanan beku milik Anda sendiri, termasuk memberikan promosi khusus melalui media sosial bisnis makanan beku sebagai bagian dari strategi pemasaran. Selain itu, dengan memiliki akun media sosial, pelanggan yang menyukai produk makanan beku Anda juga akan dengan mudah mempromosikan bisnis ini.

7. Memiliki izin edar resmi

Mengingat bisnis makanan beku ini berarti menjual produk makanan, sudah pasti Anda harus mengikuti regulasi untuk memastikan produk yang dijual aman. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki izin edar resmi untuk produk makanan beku Anda sebelum banyak dijual di pasaran. Dengan cara ini, konsumen juga akan lebih percaya pada makanan beku yang Anda jual karena sudah teruji aman dan baik untuk dikonsumsi.

Demikianlah artikel tentang Cara Jualan Frozen Food yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *