Cara Bikin Mie Tek Tek Indomie Kuah

March 10, 2022 @ 5:55 am

Mie tek tek kuah adalah makanan olahan mie yang mudah ditemukan pada saat malam hari maupun siang hari. Asal penyebutan mie tek tek disebabkan karena tukang penjual mie tek tek ini mempromosikan dagangannya dengan cara memukulkan lidi ke panci mengeluarkan suara tek..tek..tek, dari suara ini lah olahan mie enak ini lezat mie tek tek! Cara bikin mie tek tek indomie kuah ini pun juga bisa dibilang sangat mudah.

Tak perlu diragukan lagi kalau mie instan sudah menjadi makanan favorit banyak orang. Tua, muda, pria, wanita pastilah suka mie. Selain praktis, mi instan juga sangat mudah jika diolah menjadi berbagai sajian yang lezat.

Hidangan mie tek tek ini menjadi sangat populer kerena selain rasanya yang enak juga harganya murah terjangkau, nilai gizi yang lengkap dan menyegarkan tubuh jika dikonsumsi saat masih hangat. apalagi dengan taburan ayam di atasnya

Nah, kalau sobat pecinta mie instan, sobat wajib banget nih coba salah satu kreasi mie instan yang satu ini. Mie tek-tek kuah indomie. Jika biasanya sobat membeli mie tek-tek diluar, kali ini sobat wajib nih coba bikin sendiri.

Tidak hanya varian mie tek tek indomie kuah saja yang menjadi santapan favorit banyak orang. Namun, mie tek tek kuah jawa tak kalah hits menjadi makanan tradisional yang digemari banyak orang. Sama seperti cara membuat mie keriting kering goreng pedas yang mudah dibuat.

Dengan membuat mei tek tek sendiri, sobat bisa lebih puas makan dirumah dan bisa menikmati kapan pun sobat ingin, tak kenal cuaca dan tak capek-capek keluar rumah pula. Apalagi kalau mie tek-tek buatan sendiri ini disantap saat hujan. Beuuhhh nikmatnya maksimall, makin maknyuss.. Simak resep berikut ini, yuk!

Mie Tek Tek Indomie Kuah

Cara Bikin Mie Tek Tek Indomie Kuah
Cara Bikin Mie Tek Tek Indomie Kuah

Olahan mie ini merupakan salah satu jayanan warung kaki lima yang mudah ditemui di Indonesia. Masakan mie yang satu ini memiliki banyak variasi yang unik untuk setiap daerah, namun konon katanya untuk resep mie tek tek yang asli berasal dari kota Bandung, dan cukup banyak warung mie tek tek yang enak tersedia di sana.

Bahan – Bahan :

  • 2 bungkus Indomie soto atau ayam bawang
  • Sayur sawi secukupnya, potong kecil-kecil
  • 2 butir telur
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit (jika ingin ditambahkan atau dikurangi lagi itu opsional, karena selera tingkat kepedasan orang berbeda)
  • 1 buah tomat
  • Air
  • Garam
  • Kecap manis
  • Saus sambal
  • Minyak goreng

Cara Membuat Mie Tek Tek Indomie Kuah :

  1. Pertama, kita akan membuat bumbu halusnya dulu. Menggunakan blender chopper, masukkan bawang merah, kemiri, cabai merah keriting, bawang putih, cabai rawit, dan air sedikit saja. Lalu, tumis bumbu menggunakan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai harum dan matang.
  2. Selanjutnya, masukkan telur dan masak hingga tercampur rata dengan bumbu. Kemudian, tuang air secukupnya dan masak sampai airnya mendidih dan aduk selalu.
  3. Setelah itu, masukkan mi instan dan masak sampai setengah matang. Lalu, tambahkan sayur sawi secukupnya dan berikan bumbu mi instan. Berikutnya, aduk mie dan bumbu sampai tercampur merata. Kemudian, berikan garam secukupnya, lalu aduk sampai merata.
  4. Selanjutnya, masukkan saus sambal dan kecap manis. Setelah itu, masak mie tek tek kuah indomie hingga matang sempurna. Setelah matang, matikan kompor, lalu pindahkan mie tek tek kuah indomie ke mangkuk untuk disajikan. Mie tek tek kuah indomie siap dihidangkan.

5 Manfaat Mie Tek Tek

Cara Bikin Mie Tek Tek Indomie Kuah
Cara Bikin Mie Tek Tek Indomie Kuah

1. Sebagai sumber Energi Selain Beras

Mie instan merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

Tapi, perlu diingat bahwa karbohidrat pada mie instan ini tidak bisa bertahan lama dan sobat perlu mengonsumsinya sebagai pengganti nasi saat dalam keadaan mendesak.

2. Pelengkap Asupan Makanan

Meskipun jumlahnya kecil, mie instan tetap mengandung berbagai macam kandungan gizi yang unggul seperti serat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi yang melengkapi asupan makanan tubuh.

Akan tetapi, nutrisi ini merupakan nutrisi kecil. Agar penyerapannya lebih maksimal, sobat bisa menambahkan sayuran atau kacang-kacangan saat mengonsumsi mie instan sebagai tambahan atau topping.

3. Mendukung Kinerja Fisik

Selain sebagai asupan makanan tambahan, sekitar 13% zat besi pada mie instan juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan bisa mengurangi kelelahan, sehingga performa tubuh menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.

4. Pengendalian Berat Badan

Kandungan kalori pada mie instan yang rendah memungkinkan konsumen untuk lebih memperhatikan berat badannya. Pada saat kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dari kalori yang dikonsumsi.

Tubuh akan membakar cadangan kalori yang disimpan dalam tubuh, sehingga berat badan tubuh akan menurun. Karena serat dan protein yang terkandung pada mie instan lebih rendah, makanan ini bukan menjadi pilihan yang baik dan tepat sebagai menu diet.

5. Dapat Menambah dan Memulihkan Nafsu Makan

Mie instan memang berbeda dan istimewa dari masakan pada lainnya. Rasa rempah-rempahnya yang lezat ini dapat membangkitkan nafsu makan sobat untuk tumbuh kembali jika ada gangguan.

Makanan ini juga dapat menambah nafsu makan karena sobat akan cepat lapar kembali setelah memakan mie instan. Tapi ingat, jangan terus menerus mengonsumsi mie instan karena bisa berdampak negatif bagi tubuh sobat.

Nah itu lah cara bikin mie tek tek indomie kuah yang lezat, nikmat, dan maknyus. Mie tek tek indomie kuah ini juga bisa sobat gunakan sebagai peluang usaha loh sobat. Jika sobat tertarik untuk mencoba, sobat bisa memulainya dengan memproduksi mie sendiri agar mie tek tek kuah produksi sobat memiliki cita rasa yang berbeda. Sobat bisa membuat mie dengan mesin pembuat mie  agar proses pembuatan mie tidak memakan waktu lama dan cepat selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *