Bobol Kotak Amal Pria Asal Gresik Diikat Warga di Pohon

November 14, 2022 @ 8:12 am

berita gresik – S (44), warga Desa Wunut, Kecamatan Porong, Sidoarjo, tertangkap basah mencuri uang kotak amal Mushala Syiarudin di Desa Belahanrejo, Kecamatan Kedamean, Gresik, Jawa Timur. S tertangkap basah oleh warga setempat pas mengkalkulasi uang curian dari kotak amal di lokasi.


Kepala Desa Belahanrejo M Nur Huda mengatakan, warga mulanya mencurigai gelagat S di Mushala Syiarudin, Senin (7/11/2022) pukul 10.00 WIB.

Warga lalu mengamati gerak-gerik S. Tak berapa lama, S mencongkel kotak amal dan mengkalkulasi uang yang diambil. “Begitu ketahuan segera ditangkap oleh warga, lantas (sempat) diikat di pohon mangga yang ada di mushala. Seorang diri, naik sepeda motor,” ujar Nur Huda, pas dikonfirmasi, Selasa (8/11/2022).

Nur Huda menjelaskan, warga setempat mewaspadai gerak-gerik pelaku dikarenakan kotak amal di mushala itu telah beberapa kali dibobol maling. Saat lihat orang asing, warga berinisiatif mengawasinya. Kecurigaan warga pun tak meleset dikarenakan menangkap basah S mencuri kotak amal. “Sudah ketiga kalinya (kecurian). Jadi untuk hindari amuk warga yang geram, pelaku lantas diserahkan ke polisi,” ucap Nur Huda.


Sementara itu, Kapolsek Kedamean AKP Dante Anan Irawanto mengatakan, polisi telah mengamankan pelaku. Berdasarkan info S, pelaku baru pertama kali mencuri uang kotak amal.


Mengaku baru pertama kali mencuri di Musala Syiarudin, pas motifnya mencuri untuk membayar kontrakan rumah. Dari tangan pelaku, diamankan uang sebesar Rp 857.800,” kata Dante.

Selain uang tunai, polisi mengambil alih sejumlah barang bukti seperti alat mencongkel kotak amal dan STNK motor yang dipakai pelaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.