Tips Bersaing di Kerasnya Bisnis Custom Souvenir

July 11, 2020 @ 10:57 am

Usaha souvenir merupakan salah satu bisnis rumahan yang bisa dijalankan dengan modal tidak terlalu besar. Di samping itu usaha souvenir ini bisa memberikan keuntungan lain, yaitu berupa terasahnya kreativitas orang yang menjalankan usaha ini.

Para pebisnis souvenir ini bisa memanfaatkan keuntungan dari berbagai perayaan di Indonesia, yang hal ini merupakan peluang yang sangat bagus bila dilakukan. Seperti halnya pernikahan yang pasti membutuhkan beragam souvenir sebagai kenang-kenangan untuk para tamu undangan. Nyaris semua mempelai memikirkan hal ini.

Memang tidak bisa dimungkiri bahwa keberadaan souvenir menjadi salah satu hal menarik ketika setiap tamu undangan mendatangi pernikahan. Tidak jarang juga para tamu undangan akan menyakan apa souvenir yang sudah disiapkan oleh tuan rumah. Sementara untuk tuan rumah, tentu mencari souvenir berharga murah.

Tidak hanya acara pernikahan saja yang dapat dijadikan sebagai peluang besar untuk menjual souvenir, pebisnis custom souvenir juga dapat diuntungkan dengan digelarnya beragam perayaan lain, seperti ulang tahun dan juga kelahiran anak. Souvenir tidak hanya diberikan sebagai kenang-kenangan, namun tanda terima kasih.

Bisnis souvenir ini bisa diprediksikan sebagai sebuah bisnis rumahan yang tidak akan bisa punah dikarenakan bisnis ini bukan bisnis kagetan yang sekali booming dan lalu kemudian menghilang. Terlebih, berbagai acara non perayaan, seperti seminar atau acara formal juga kerap membagikan souvenir sebagai alat untuk menjadi souvenir promosi perusahaan mereka.

Untuk memulai bisnis souvenir ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar atau bahkan tidak sama sekali mengeluarkan modal. Jika Anda menerapkan sistem pesan baru membuat, otomatis tidak akan ada modal keluar sama sekali. Anda bisa meminta dp terlebih dahulu seharga modal yang dibutuhkan.

Ketika souvenir sudah jadi, pembeli akan melunasi sisa pembayaran dan uang itu sepenuhnya laba bersih yang Anda dapatkan. Namun, untuk promosi di awal memang sebaiknya Anda membuat beberapa item sebagai contoh produk yang ditawarkan kepada para calon konsumen di pasaran.

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaiman Tips untuk bisa Bersaing di Kerasnya Bisnis Custom Souvenir yang saat ini sudah semakin marak dan menjamur dimana-mana.

#1. Menawarkan Harga yang Kompetitif

Tawarkan harga yang sesuai dengan kondisi pasar dan juga tidak jauh berbeda dengan harga dari pesaing Anda. Akan sulit mengembangkan produkkita jika harga yang berikan jauh lebih tinggi ketimbang dari harga pasaran. Lebih baik mengambil untuk sedikit tapi terus menerus ketimbang mengambil untuk besar namun hanya sekali saja.

#2.Jangan Menjatuhkan Pesaing

Tawarkan lah produk souvenir anda dengan cara tidak membuat statement atau mengeluarkan pendapat yang dapat menjatuhkan pesaing Anda. Jika ada pelanggan yang bertanya dan menyakan kejelekan produk pesaing maka jawablah dengan ucapan yang sopan, akan lebh baik jika menekankan keunggulan dari produk souvenir yang kita jual saja. Namun tetap kita tidak boleh cuek ke pelanggan atau malah terkesan kita tidak peduli dengan curahan hati pelanggan.

#3. Menangkan Persaingan Bisnis Dengan Memberikan Pelayanan Yang Baik

Pelayanan yang baik adalah kunci sukses dalam membangun atau memenangkan persaingan dalam bisnis. Ketika pelanggan kita merasakan nyaman dengan pelayanan yang kita berikan maka mereka tidak akan peduli dengan harga yang kita berikan karena sudah terlanjur nyaman dengan pelayanan kita.

#4. Perluas Target Pasar

Pentingnya memperluas pasar dengan menambahkan beragam tipe produk lain bersamaan dengan rencana target pasar yang baru. Sebagai contoh, apabila selama ini target yang Anda ambil hanya remaja, membuat atau menambahkan produk yang kerap digunakan oleh ibu rumah tangga bisa dilakukan untuk memperluas pasar.

#5. Melakukan Promosi yang Tepat

Sebelum memilih jenis promosi untuk bisnis Anda, lakukanlah terlebih dahulu riset terhadap para pesaing terlebih dahulu. Pilih tempat pemasaran untuk produk Anda yang sesuai dan tepat sasaran. Jika Anda merupakan penghasil souvenir power bank, maka Anda harus bisa memasarkan produk souvenir tersebut ke customer yang memang membutuhkan powerbank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *