BAGAIMANA MEMULAI ANALISIS TEKNIKAL PERTAMA ANDA?

November 9, 2022 @ 7:18 am

Investor atau trader saham pasti sering mendengar anggapan teknikal sebagai keliru satu langkah untuk memprediksi pergerakan harga saham. Akan tetapi, banyak termasuk investor atau trader yang belanja saham tanpa melaksanakan anggapan terutama dahulu. Biasanya bila layaknya ini, mereka lebih memilih belanja saham atas rekomendasi kerabat yang sudah terjun dalam dunia saham lebih dulu.

Padahal, dalam bertransaksi saham, terutama bagi para trader, diperlukan pengetahuan dalam menganalisis harga. Atas basic inilah dikatakan pentingnya mempunyai pengetahuan anggapan teknikal untuk memprediksi pergerakan saham ke depan dari pergerakan historis harganya.

Belajar analisa adalah langkah menganalisis pergerakan harga aset di pasar finansial gunakan perangkat statistik, layaknya grafik dan rumus matematis. Tujuan mempelajari anggapan teknikal ialah agar investor atau trader bisa menilai suasana pasar saat ini berdasarkan histori harga di masa lampau, sekaligus memberi tambahan deskripsi atau prediksi perihal pergerakan pasar di masa depan.

Analisis teknikal bisa digunakan, baik untuk investor maupun trader, walaupun obyek mereka berbeda. Bagi investor, Analisis teknikal bisa menopang untuk memilih kapan saat yang tepat untuk belanja suatu saham kegunaan disimpan dalam jangka panjang.

Sementara, bagi trader pastinya anggapan teknikal digunakan untuk memilih saham pilihan yang berpotensi cuan dalam jangka pendek. Porsi pemakaian anggapan teknikal pun akan lebih banyak digunakan oleh trader dibandingkan investor. Analisis teknikal berperan perlu dalam menunjukan chart harga saham, trend yang terjadi, support & resistance, serta saat yang tepat untuk menjajakan maupun belanja bersama perlindungan indikator.

Sebelum kami menelusuri lebih dalam, mari kami bahas istilah-istilah dalam anggapan teknikal secara singkat.

Chart: Chart merupakan tampilan grafik yang merepresentasikan pergerakan harga saham. Di dalamnya terdapat candle stick yang memperlihatkan pergerakan harian harga saham.

Trend: Trend merupakan arah kecenderungan pergerakan harga saham dalam periode saat tertentu. Terbagi atas trend kenaikan (bullish), penurunan (bearish), dan mendatar (sideways).


Support & Resistance: Support merupakan batas terendah yang merawat saham agar tidak turun kembali. Sementara resistance merupakan batas tertinggi yang merawat harga saham agar tidak terus naik.
Indicators: Indicators sendiri merupakan alat bantu untuk memilih titik entry dan exit. Indikator yang sering digunakan, yakni Moving Average, Stochastic, MACD, dan Bollinger Band.

Menggunakan anggapan teknikal tidaklah sesulit yang dibayangkan. Memang butuh latihan dan saat untuk mempelajarinya, tapi menurut peribahasa, practice makes perfect, bukan? Semakin banyak Anda berlatih, Anda akan makin mahir gunakan anggapan teknikal untuk menghasilkan keuntungan. Berikut langkah dalam memulai anggapan teknikal:

-Lakukan login lewat aplikasi POEMS ID atau pun web site
-Klik fitur Chart
-Ketik saham yang idamkan Anda analisis, bila ICBP
-Analisis tren apa yang berjalan di saham ICBP

Gunakan indikator stochastic untuk memilih apakah saham ini sudah cukup murah untuk dibeli. Caranya klik menu Indicators dan memilih Stochastic.


Terlihat bahwa ke-2 garis biru dan merah belum berada di area oversold agar bisa dikatakan harga saham berikut belum cukup murah untuk dibeli. Jika kami berpatokan terhadap stochastic, berarti kami harus wait and see terutama dahulu.

Momen untuk belanja berjalan bila ke-2 garis biru dan merah berikut berpotongan (golden cross) terhadap area oversold. Sementara, peristiwa untuk menjajakan berjalan bila ke-2 garis berikut berpotongan (death cross) terhadap area overbought.


Mengetahui area support dan resistance merupakan perihal perlu di saat layaknya ini. Hal ini karena indikator hanya memberitahu isyarat beli dan menjual saja, tanpa terdapatnya info untuk support dan resistance-nya.

Setelah mendapatkan saham yang sesuai kriteria, jangan lupakan trading plan Anda. Buatlah rancangan jangka saat trading, obyek harga, dan stop loss jikalau saham berikut turun di bawah harga beli.

Jika tetap bingung memilih saham apa yang sesuai untuk dibeli hari itu, Tim Research Phillip Sekuritas Indonesia (PSI) termasuk memberi tambahan pandangan berkenaan saham yang sesuai untuk dibeli tiap-tiap hari bursa lewat rekomendasi teknikal harian.

Rekomendasi berikut bisa Anda dapatkan lewat channel Telegram Tim Research PSI yang bisa diakses lewat link t.me/Research_PSI maupun lewat media sosial Phillip Sekuritas Indonesia. Berikut keliru satu tampilan rekomendasi teknikal harian tim Research PSI.

Dalam membuat rekomendasi saham, Tim Research PSI gunakan berbagai macam indikator, di antaranya Moving Average, Bollinger Band, MACD, Volume, dan Stochastic. Seperti contoh di atas, melihat bahwa harga saham BRPT sudah mendekati area support-nya, MACD berada di area oversold, dan ada indikasi golden cross, maka Tim Research PSI menganjurkan saham tersebut.

Selain itu, terdapat termasuk kiat trading plan dan trend yang berjalan di saham BRPT ini. Saham BRPT dalam jangka saat pendek maupun menengah berada dalam trend mendatar (sideways) agar pergerakannya tidak benar-benar jauh.

Investor bisa mencoba untuk belanja saham ini di harga 1,190 bersama obyek harga pertama di 1,235 dan obyek harga ke-2 di 1,280 jikalau kenaikan harga saham lewat obyek harga pertama. Tim Research PSI termasuk memberi tambahan pandangan untuk cut loss jikalau harga saham berikut turun hingga ke harga 1,145.

Seorang trader sudah mestinya mengerti langkah gunakan anggapan teknikal untuk mendapatkan keuntungan dari menjual beli saham jangka pendek. Memahami basic anggapan teknikal dan berani mencoba mengaplikasikannya terhadap sebuah saham merupakan langkah awal yang bisa Anda tempuh.

Kegagalan atau mendapatkan kerugian setelah mengeksekusi anggapan teknikal pertama Anda merupakan perihal yang lumrah, jangan lekas berkecil hati. Semua itu lagi ke ketentuan Anda setelahnya, lanjut atau berhenti? Sebuah kesuksesan pastinya akan mampir bila Anda selalu rela berupaya melakukan perbaikan diri setelah berulang kali tertimpa kegagalan. Jadi, menunggu apa lagi? Mulailah melaksanakan anggapan teknikal pertama Anda! Salam Cuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *