Bagaimana cara mengatasi rem mobil yang kurang pakem

August 15, 2019 @ 10:58 pm

Seperti yang telah kalian ketahui, ternyata fungsi dan peran dari rem tersebut sangatlah penting untuk mengurangi kecepatan mobil dan juga menghindari mobil dari kecelakaan. Bagaimana jika ternyata rem sedang mengalami kondisi rusak contohnya seperti rem kurang pakem?

Sebaiknya kita sebagai pemilik mobil harus tau langkah apa yang harus diperbuat jika mengalami atau mengatasi rem yang kurang pakem. Setiap kerusakan memang bisa kita perbaiki di bengkel mobil yang resmi, tapi jika kondisi nya jauh dari bengkel, maka kita harus tau bagaimana cara mengatasi rem mobil yang kurang pakem. Bagaimana caranya? Mari kita simak. Berikut cara mengatasi mobil yang kurang pakem:

  1. Saat rem cakram pada mobil mengalami macet, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti seal dari rem mobil atau mengganti selang rem. Biasanya cakram atau rem pada mobil tersebut yang mengalami kemacetan disebabkan oleh posisi pad yang tidak merata pada saat posisi menyetuh piringan rem.
  2. Kita harus mengecek atau mengontrol minyak rem kondisinya apakah penuh atau kosong. Yang pertama kalian harus mengecek minyak remnya seperti mengocok handlenya kemudian dibuka, dan setelah angin keluar kalian harus kencangkan lagi ulangi tips tersebut sampai rem mobil menjadi normal kembali.
  3. Akibat rem yang kurang pakem disebabkan karena piringan cakramsudah tidak rata lagi. Untuk masalah ini bisa saja diselesaikan dengan cara mengganti canvas rem dengan yang baru. Dan untuk menghindari atau mencegahnya, kalian harus sering atau rajin mengecek canvas rem selama 3 bulan sekali atau tergantun pemakaian.

    Baca Juga : Gadai BPKB Mobil di Bekasi
  4. Selanjutnya tips yang terakhir adalah dengan mengganti minyak rem. Biasanya kurangnya pakem pada rem tersebut disebabkan karena kurangnya minyak pada rem. Masalah tersebut sering terjadi, dan untuk mencegahya kita bisa menggantinya secara berkala. Dan juga pastikan bahwa minyak pada rem dalam kondisi yang cukup. Dan jika sudah melewati batas atau sudah habis segera kita ganti dengan yang baru.


    Sangat penting bagi kita sebagai pemilik mobil untuk mengetahui solusi atau cara mengetahui penyebab rem mobil yang kurang pakem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *