Apakah Tugas Akuntan Publik?

May 17, 2022 @ 10:00 am

Dalam berbagai macam profesi akuntan, terdapat salah satu profesi bernama akuntan publik. Ketika Anda berkunjung ke kantor akuntan publik Jakarta, pasti akan menemukan sekumpulan akuntan publik yang sudah profesional dan terlatih dalam bidangnya.

Sebenarnya seorang akuntan bisa membuka layanan jasa untuk masyarakat atau bisa membukan praktik mandiri secara independen. Namun dalam menjalankan tugas dan layanan jasa, akuntan publik sudah harus mendapatkan izin resmi dari negara.

Tugas Mendasar Kantor Akuntan Publik Jakarta

Apa saja tugas dari akuntan publik? Tugas dari akuntan publik ada banyak macam sesuai dengan kebutuhan klien dalam bidang keuangan. Kantor akuntan biasanya akan memberikan layanan jasa perpajakan, audit laporan keuangan sampai dengan konsultasi masalah keuangan.

·    Memeriksa Jenis Laporan Keuangan

Akuntan publik bertugas untuk melakukan pemeriksaan atas jenis-jenis laporan yang dirangkai oleh akuntan perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya, akuntan akan menyesuaikan laporan dengan sistem akuntansi biaya perusahaan.

Jenis akuntan ini biasanya dibutuhkan perusahaan untuk memastikan tidak ada penyelewengan atau kesalahan catatan pada keuangan usaha. Kantor akuntan juga perlu menyerahkan bukti audit kepada perusahaan yang sudah menggunakan jasanya.

·    Memberikan Jasa Perpajakan

Kantor akuntan publik Jakarta juga memberikan layanan jasa perpajakan yang berhubungan dengan Dirjen Pajak. Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap perusahaan di Indonesia perlu membayar pajak tahunan agar terus beroperasi dan menguntungkan bagi negara.

Dalam hal ini, akuntan publik bisa membantu menekan pajak sampai pembayaran menjadi lebih minim dari tagihan awal. Akan tetapi, perusahaan juga tetap mengeluarkan biaya untuk membayar jasa perpajakan ini.

·    Menyediakan Jasa Kolsultasi Manajemen

Akuntan publik bisa membantu pihak manajemen dari perusahaan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan sumber daya, seperti mengindentifikasi masalah, tujuan, dan sasaran. Dengan jasa ini, maka perusahaan bisa mengendalikan dan mengarahkan ekonomi perusahaan.

·    Membenarkan Laporan Kepemilikan

Seorang akuntan publik juga bertugas untuk mengoreksi kemudian membenarkan laporan kepemilikan dalam sumber daya sesuai dengan siklus akutansi. Hasilnya, tidak ada lagi aset perusahaan yang berbentuk ilegal atau tidak diketahui oleh pemerintah.

Akuntan publik juga bisa membantu mengawasi hak dan kewajiban perusahaan dalam ukuran finansial. Setiap perusahaan yang menggunakan jasa akuntan akan merasa terbantu untuk mewujudkan kinerja lebih optimal lagi. Gunakan jasa kantor akuntan publik Jakarta pada laman https://www.consultpro.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *