Apa Itu Hemodialisa dan Cara Kerjanya Yang Harus Anda Pelajari

November 15, 2019 @ 4:57 pm

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah hemodialisa ini bukan? Hemodialisis ini sendiri merupakan sebuah terapi cuci darah di luar tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila terapi yang satu ini biasanya akan dilakukan pada seseorang yang mengidap ginjal yang sudah tidak bekerja secara optimal.

Seperti yang sudah kita ketahui apabila ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh. Karena organ ini sendiri bertanggung jawab untuk melakukan proses penyaringan darah. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk membentuk zat-zat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Tetapi buat para penderita ginjal kronis dimana sudah tidak berfungsi dengan baik maka sangat membutuhkan proses cuci darah ini. Untu anda yang penasaran bagaimana cara kerja dari hemodialisa ini maka anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Cara kerja hemodialisa

Untuk melakukan hemodialisa ini sendiri biasanya prosesnya akan dibantu dengan menggunakan mesin canggih dan khusus yang berguna untuk menggantikan ginjal yang sudah rusak agar bisa melakukan penyaringan darah. Mesin ini sendiri bisa berfungsi sebagai ginjal artifisial atau ginjal buatan yang mampu menyingkirkan zat-zat kotor, serta air berlebih yang terdapat didalam darah

Didalam proses ini, pembuluh darah dari pasien akan dimasukkan jarum oleh para medis dan di proses dalam mesin untuk pencucian darah. Setelah proses penyaringan sudah selesai maka darah yang sudah bersih akan langsung dialirkan ke dalam tubuh.

Hemodialisa ini sendiri akan menghabiskan waktu hingga 4 jam per sesinya. Didalam seminggu, biasanya seorang pasien dengan ginjal yang kronis akan menjalani 3 sesi dan hanya bisa dilakukan di klinik cuci darah maupun di rumah sakit.

Siapakah yang membutuhkan hemodialisa

Tentunya sampai disini anda juga bertanya-tanya bukan siapakah yang membutuhkan hemodialiasis atau metode cuci darah ini? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila metode cuci darah ini sendiri biasanya akan didapatkan oleh penderita jantung kronis maupun gagal ginjal.

Pada pengidap gagal ginjal, maka metode ini sendiri bisa dilakukan karena ginjal sendiri sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Dengan kata lain apabila ginjal tersebut sudah tidak sanggup lagi bekerja secara optimal maka seseorang membutuhkan metode cuci darah ini.

Seseorang yang sudah mulai mendapatkan pencucian darah ini maka akan menunjukkan beberapa gejala seperti mudah lelah, mual, tingginya tekanan darah hingga terdapatkan pembengkakan pada tungkai. Disamping itu, tes laboratorium biasanya juga akan dilakukan untuk menentukan apakah seseorang akan mendapatkan cuci darah atau tidak

Ginjal memang menjadi salah satu organ penting yang terdapat didalam tubuh. Tetapi bagaimana jika organ ini sudah tidak bisa berfungsi secara optimal? Maka metode hemodialisa adalah pilihan terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *