Apa Itu Cabai Jawa?

September 6, 2023 @ 8:10 am

Manfaat cabai jawa mungkin jarang diketahui. Cabai jawa adalah tanaman rempah dan herbal asli Indonesia yang juga termasuk dalam kelompok empon-empon. Masyarakat tradisional menggunakan cabai jawa untuk kebutuhan kuliner dan obat tradisional. Ketahui manfaat cabe jawa, kandungan, dan efek sampingnya.


Apa Itu Cabai Jawa?

Cabai jawa bukanlah kerabat dari tanaman cabai (Capsicum frutescens) biasa yang Anda gunakan sebagai sambal, namun cabai jawa adalah kerabat dekat dari lada hitam (Piper nigrum). Cabai jawa atau lebih sering diucapkan dengan nama cabe jawa merupakan rempah asli dari Asia Tenggara yang juga ditanam dan dibudidayakan di Indonesia, India, Thailand, Afrika, dan China java long pepper. Cabai jawa (Piper longum) memiliki bentuk kecil dan panjang sekitar 3-5 cm.

Tanaman ini tumbuh ke atas dengan banyak butiran atau biji-biji berkelompok di sepanjang tubuhnya. Beberapa kalangan menanam cabai jawa sebagai tanaman hias karena struktur tanamannya yang terlihat unik. Cabai jawa memiliki dua variasi warna, hijau dan merah. Cabai jawa yang berwarna hijau segar akan berubah menjadi hitam, sementara cabai jawa merah akan berubah menjadi warna merah tua saat dikeringkan.

Cabai jawa inilah yang digunakan untuk makanan Romawi, India, hingga gaya Mediterania. Cabai jawa kering berwarna hitam memiliki harga yang lebih tinggi. Rasa cabai jawa juga unik, yaitu rasa pedas seperti khas lada hitam namun tidak terlalu menyengat dan panas. Cabai jawa juga memberikan rasa seperti buah yang kuat dan aroma yang khas bunga atau wangi rempah.

Di Indonesia, cabai jawa digunakan sebagai pelengkap bumbu dalam menu tradisional seperti tongseng, lodeh, dan sebagainnya. Kandungan Cabai Jawa Sama seperti rempah lainnya, cabai jawa juga mengandung nutrisi dan vitamin alami yang bagus untuk kesehatan.

Berikut ini kandungan cabai jawa: Alkaloid Asam amino bebas Beta sitosterol Efek analgesik Eugenol Glikosida Piperin Resin Gula Lemak jenuh Minyak atsiri Piperatin Piplartin Piperidin Piperlonguminine Myrcene Terpenoid Quercetin Triacontane Sylvatine Beta-sitosterol Filfiline Sitosterol Methyl piperate Terpinil asetat Sitronelil asetat Saponin Polifenol Resin (kavisin) Linalool Asam palmitik Zat pedas piperin 4-6% Itulah senyawa kimia alami dan nutrisi dalam cabai jawa. Kandungan ini berkontribusi pada sistem tubuh dan kesehatan bila diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *