alatmusik.org

Alat Musik Ritmis Tradisional beserta Cara Memainkannya

July 15, 2018 @ 2:06 pm

Kelihatannya tidak terdapat habisnya bila kita bicara tentang musik.Sudah lama, mulai jaman dulu sampai jaman moderen saat ini musik jadi pelengkap hidup manusia.

Menurut salah seseorang pakar jika musik adalah Pengetahuan serta seni dari gabungan ritmis nada-nada, vokal, ataupun instrumental, yang didalamnya menyertakan melodi serta serasi untuk mengekspresikan hal yang berbentuk emosional.

alatmusik.org
Gambar Alat Musik Ritmis

Bila kita bicara musik, jadi tidak terlepas dengan yang namanya alat musik.Seperti yang kita kenal jika sangat banyak beberapa jenis alat musik yang terdapat sekarang ini.

Tetapi bila disaksikan dari fungsinya, terdapat 3 grup type alat musik, yakni alat musik ritmis, alat musik melodis, serta alat musik serasi.

Tiap-tiap type alat musik itu mempunyai keunikan semasing, tetapi pada artikel ini akan diterangkan tentang alat musik ritmis.

Pemahaman Alat Musik Ritmis

Kelihatannya kita tidak asing lagi dengan arti melodis, ritmis, serta serasi. bila di tanya apakah itu alat musik ritmis apakah Anda dapat menjawab?

Ya, agar Anda dapat menjawab pertanyaan itu jadi mari kita ulas supaya lebih memahami lagi tentang apakah itu alat musik ritmis.

Alat musik ritmis ialah alat musik yang cuma jadikan menjadi pengiring saja.Dalam pengertian, alat musik ritmis ini cuma mempunyai satu suara saja serta tidak dapat membunyikan nada-nada spesifik seperti “Do Re Mi Fa So La Si Do”.Oleh karena itu alat musik ritmis itu terkecuali menjadi pengiring namun sebagai pengontrol tempo.

Terdapat beberapa langkah mainkan alat musik ritmis ini, seperti digesek, dipukul, digoyang, dikocok, serta ditabuh dengan tangan atau pertolongan alat.Tetapi pada umumnya atau umumnya alat musik ini dimainkan lewat cara dipukul.

Telah mulai memahami kan? Pokoknya dasarnya alat musik ritmis itu cuma mempunyai satu suara saja serta jadikan menjadi pengontrol tempo.

Mari kita lanjut? Oke mari.

Contoh Alat Musik Ritmis Dari Beragam Daerah Bersama Gambar serta Langkah Memainkannya
Alat musik ritmis sendiri dibedakan jadi alat musik ritmis tradisionil serta alat musik ritmis moderen.

Alat Musik Ritmis Tradisional

Ini adalah contoh alat musik Ritmis Tradisional yang aku kutip dari alatmusik.org :

#1 Alat Musik Kendang

Saya rasa jika alat musik kendang ini cukuplah populer di Indonesia, jadi dapat di pastikan tiap-tiap orang tahu tentang alat musik ini.

Kendang, atau umum dimaksud dengan juga sebutan gendang adalah salah satunya instrumen dalam gamelan orang-orang Jawa dan orang-orang Sunda yang salah satunya manfaat intinya yakni untuk mengatur tempo atau irama.

Beberapa jenis Kendang

Di dalam suatu pagelaran musik, Kendang sendiri bukan sekedar satu, yakni ada sejumlah.Tersebut beberapa jenis kendang yang berada di Indonesia :

Untuk pewayangan, terdapat satu lagi kendang yang ciri khas yakni kendang kosek.
Kendang sendiri umumnya dimainkan oleh beberapa pemain gamelan yang telah profesional yang telah lama menekuni dalam budaya Jawa.Umumnya, Kendang pemain kendang mempunyai style serta perasaan sendiri, hingga bila dimainkan oleh orang yang berlainan jadi nuansanya dapat juga berlainan.

Bahan Pembuatan Kendang

Kulit kerbau umumnya digunakan untuk menempatkan permukaan sisi yang pancarkan ketukan dengan suara rendah, atau dimaksud bam.Sedang kulit kambing digunakan untuk permukaan luar yang keluarkan ketukan bernada tinggi atau dimaksud juga chang.

Langkah Memainkan

Alat musik ini dapat adalah salah satunya alat musik tradisionil yang langkah memainkannya yakni lewat cara dipukul memakai ke-2 telapak tangan, telapak kaki kirinya untuk meredam.Dapat dimainkan memakai tangan secara langsung atau mungkin dengan alat pemukul gendang.

Diletakkan dimuka pemain dengan cara horizontal.Umumnya pemain kendang Sunda mainkan dua kendang sekaligus juga yakni kendang serta kulanter atau kendang kecil.

Di bawah ini salah satunya video kekhasan dari kendang yakni menemani lagu moderen.

#2 Alat Musik Tifa

Tifa adalah salah satunya kekayaan alat musik tradisionil Indonesia yang datang dari Indonesia sisi Timur serta jadi jati diri diri terutamanya untuk orang-orang Maluku serta Papua.

Bentuk serta manfaat alat musik Tifa ini selintas serupa dengan alat musik Kendang, cuma saja nada alat musik Tifa ini terdengar lebih mudah.

Alat musik ritmis Tifa ini umumnya dimainkan oleh beberapa lelaki dewasa lewat cara dipukul mirip alat musik kendang.Tifa ini dapat umumnya dipakai untuk menemani upacara-upacara kebiasaan, pertunjukan musik, atau tarian tradisionil.

Langkah Memainkan

Karena Tifa adalah alat musik ritmis atau cuma mempunyai satu suara, jadi ketika dimainkan bersama dengan alat musik lainnya, Tifa akan jadi nada paling utama serta menjadi pengontrol irama atau tempo.

Jika memainkannya digabungkan dengan type Tifa lainnya, jadi mesti sesuai dengan baik.Karena pada intinya tiap-tiap type Tifa mempunyai nada yang berlainan, hingga mesti digabungkan dengan gabungan yang cocok supaya membuahkan satu irama yang baik serta enak didengar.

Type Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa dari Maluku serta dari Papua pada intinya mempunyai ketidaksamaan, terpenting pada sisi bentuk.Tifa dari Maluku memiliki bentuk tabung umum serta tidak mempunyai pegangan, sedang Tifa dari Papua umumnya lebih melengkung serta mempunyai pegangan di bagian tengahnya.

Tiap-tiap type Tifa di atas mempunyai warna nada yang berlainan, hingga seperti yang telah disebutkan di atas jika dimainkan bersama dengan jadi mesti digabungkan dengan nada serta iramanya semasing.

Alat musik tifa dari Maluku memiliki nama sendiri, seperti tihal atau tahito yang umumnya dipakai di wilayah-wilayah Maluku sisi Tengah sedang di pulau Aru, tifa juga memiliki nama lainnya yakni titir.

Bahan Pembuatan Tifa

Tifa yang datang dari Papua terbuat dari kayu lenggua yang populer dengan memiliki bentuk yang besar dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *