5 Manfaat Khitan Untuk Kesehatan Pria

June 11, 2022 @ 8:09 am

Banyak yang belum tahu bahwa sunat memiliki segudang manfaat khususnya untuk pria. Oleh karena itu sekarang sudah ada banyak tempat khitanan di Bandung karena dengan melakukan khitan maka kesehatan alat reproduksi akan terjaga.

Sunat merupakan proses pengangkatan kulit yang menutupi area penis. Khitan atau sunat biasanya dilakukan ketika laki-laki masih anak-anak. Akan tetapi ada juga yang baru dikhitan saat dewasa. Lalu apa saja manfaat khitan bagi kesehatan pria? Simak uraian di bawah ini

Manfaat Khitan Untuk Kesehatan

Sunat, khitan atau sirkumsisi bisa dilakukan saat anak laki-lakinya menginjak akil baligh. Akan tetapi sekarang banyak orangtua yang melakukannya ketika anak masih balita. Sebelum sunat, sebaiknya ketahui dulu apa saja manfaatnya untuk kesehatan pria.

1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker Prostat

Khitan bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak laki-laki dari terkena kanker prostat. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BJU International mengatakan bahwa khitan memberikan efek perlindungan dari kanker prostat. Hal ini juga dipengaruhi oleh umurnya.

Apabila seorang pria melakukan khitanan ketika berusia 35 tahun maka akan terjadi penurunan sebesar 45% terkena kanker prostat.  Apabila pria disunat saat usianya 1 tahun maka bisa mengurangi resiko kanker prostat sebesar 14 persen.

2. Mengalami Sedikit Masalah Medis

Manfaat berikutnya dari pergi ke tempat khitanan di Bandung untuk melakukan khitan adalah mengalami sedikit masalah medis. Dibanding dengan pria yang disunat, laki-laki yang tidak disunat lebih mudah mengalami masalah medis. Hal ini disebabkan oleh kulup di alat reproduksi mereka.

3. Mengurangi Resiko Terkena Parafimosis

Khitan juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena parafimosis. Parafimosis merupakan kondisi ketika kulup tidak dapat ditarik lagi ke bentuk semula. Hal ini tentu saja berdampak pada kesehatan penis karena aliran darah menuju penis menjadi tersendat.

4. Tidak Sakit Saat Berhubungan Seksual

Sebuah studi menjelaskan bahwa pria yang telah disunat tidak merasa sakit saat berhubungan seksual. Walaupun hal ini belum menjelaskan apakah ada perubahan dari fungsi seksual seperti bisa mempertahankan ereksi atau tidak.

5. Mengurangi Resiko Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

Manfaat terakhir adalah mengurangi terkena resiko ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Ada sebuah studi yang menjelaskan mengenai jumlah bakteri sebelum atau sesudah dikhitan. Jumlah bakteri lebih banyak ada pada kulup pria yang tidak disunat.

Segudang manfaat dari sunat untuk kesehatan pria bisa Anda rasakan dengan pergi ke tempat khitanan di Bandung. Salah satu tempat khitan populer adalah Klinik Seruni dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin sekedar tanya-tanya bisa langsung lihat informasinya pada https://klinikseruni.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.