alatmusik.org

4 Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat

July 21, 2018 @ 10:46 am

Alat musik tradisional Jawa Barat, musik daerah telah seperti keunikan sendiri dari negara Indonesia ditambah lagi negara kita mempunyai beragam jenis suku serta budaya diantaranya merupakan Jawa barat, di bawah ini akan saya berikan dikit info tentang nama alat musik tradisionil Jawa barat serta penuturannya.

Alat Musik Tradisionil Jawa Barat

alat musik tradisional
Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Satu diantara jumlahnya alat musik tradisionil di Jawa barat merupakan Arumba, alat musik Arumba merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Tidak hanya Arumba, ada banyak pastinya type alat musik tradisionil Jawa barat yang lain yang akan saya ulas di kesempatan ini, serta tersebut dikit info yang saya tau mengenai himpunan alat musik tradisionil Jawa barat.

1. Angklung

Alat musik tradisionil yang terbuat dari bambu ini mempunyai bunyi yang ciri khas serta begitu cantik saat dimainkan dengan cara berbarengan.

Salah satunya hal yang pantas kita banggakan juga dari alat musik angklung, yakni menjadi alat musik yang tercatat menjadi “Karya Agung Warisan Budaya Lisan serta Nonbendawi Manusia” dari UNESCO 2010 kemarin.

Nama alat musik “Angklung” juga mulai diketahui di pasar dunia, persisnya untuk daerah eropa di mana “bule” juga tertarik untuk mainkan alat musik ini.

Histori Angklung

Dulunya, orang-orang Baduy yakin dengan mainkan angklung menjadi sisi dari ritual memulai penanaman padi supaya tanaman padi mereka tumbuh subur. Perihal ini membuat angklung makin diketahui orang-orang Jawa barat pada saat itu

Bagaimanakah cara membuat angklung?

Angklung dibikin dengan bahan pipa bambu, dipotong ujung – ujungnya layaknya seperti pipa air, lantas diikat dengan potongan bambu yang lain pada sebuah bingkai yang sama. Kalian dapat menggetarkan alat musik tradisionil itu untuk keluarkan nada merdunya

Beberapa orang yang memakai memakai angklung untuk beragam acara, dari mulai pernikahan, pawai, hingga sampai sekedar hanya perkumpulan pemuda – pemudi di satu tempat. Beberapa orang yang tertarik untuk mainkan alat musik daerah ini, tidak hanya karena alat musik tradisionil serta langkah memainkannya yang ringan, nyatanya angklung bisa menolong menghilangkan stress.

2. Calung

Sama dengan awal mulanya, Calung adalah alat musik yang terbuat dari bambu, tetapi ada ketidaksamaan calung dengan angklung. Bila angklung dimainkan lewat cara digoyangkan, calung dimainkan lewat cara ditabuh pada bagian ruas-ruasnya.

Umumnya bahan untuk membuat calung merupakan bambu type awi wulung (bambu hitam) tetapi seringkali juga yang memakai awi teman (bambu ater, warnanya hijau). ada 2 type calung yang populer yaitu calung rantay serta calung jinjing.

3. Celempung

Keunikan dari alat musik celempung merupakan salah satunya senarnya disetel suara prelog serta senar yang lain bernada slendro type suara semacam ini kerap kita temui dalam seni musik rupa di daerah Bali. Instrumen Gamelan Siteran memakai celempung serta siter menjadi ciri khasnya.

4. Suling

Suling, alat musik tradisionil dari Jawa Barat yang ditiup, nada yang dibuat suling sangat halus serta sangat pas bila digabungkan dengan alat musik yang lain. Di masa moderen seperti saat ini, suling begitu ringan kita temui bahkan juga di luar daerah aslinya sekalinya.

Bahan paling utama untuk membuat suling asli merupakan dari bambu yang dipotong/ukir demikian rupa hingga sukses membuahkan nada yang diharapkan oleh pembuatnya. Bila kalian pergi ke pengrajin (pembuat alat musik) ada pula yang membuat suling mereka berbahan logam.

Mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan mengenai 4 alat musik tradisional dari Jawa Barat, semoga bisa menambah ilmu dan wawasan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *