cerita rakyat populer

20 Cerita Rakyat Populer dari Jawa Barat

July 27, 2021 @ 8:31 am

Cerita rakyat populer – Kamu tengah mencari cerita rakyat populer yang datang dari Jawa Barat? Yap, di sini kamu bakal mengetahui beberapa kisah yang cukup populer di Jawa Barat.

Sangkuriang, Si Kabayan, Lutung Kasarung, Telaga Warna, Situ Bagendit, Ciung Wanara dan narasi yang lain adalah narasi rakyat dari Jawa Barat yang ternama di Indonesia

20 Cerita Rakyat Populer dari Jawa Barat

Wisatawan.id sudah merangkum setidaknya 20 cerita rakyat populer dari Jawa Barat untuk Kamu. Disimak, ya!

Nyi Mas Belimbing

Nyi mas belimbing adalah putri orang pertapa yang memiliki nama Resi Rarata. dia hidup di pertapaan Ujung Kulon yang saat ini disebutkan propinsi Banten. dia hidup di masa Sunan Gunung Jati. tersebut sedikit kejadian perihal kisah Nyi mas Blimbing asal Jawa Barat.

Asal Mula Pulau Mas

Sejarah pulau mas sesuatu pulau kecil sekarang pulau itu jadi lokasi tamasya. Sedikit kejadian dari pulau mas adalah tersedianya cahaya kekuningan seperti cahaya emas di pulau itu. Tempat pulau ini di Kabupaten Indramayu

Nyai Anteh Penunggu Bulan

Kisah Nyai anteh penunggu bulan. Beliau sekarang hidup pada bulan. tidak dapat pulang ke bumi. tetapi Nyi anteh tengah usaha menenun benang jadi suatu tangga yang dapat dipakai buat turun ke bumi.

Di saat bulan purnama, katanya tampak bayang-bayang Nyai Anteh tengah menenun didampingi oleh kucingnya.

Asal Mula Munculnya Pohon Padi

Kisah munculnya pohon padi merupakan suatu karunia yang diberi Dewi Sri Pohaci Long Kancana. Maka dari itu munculah pohon padi di negeri Buana Panca tengah. Itu cuma menurut cerita yang beredar di Jawa barat loh.

Nyi Roro Kidul

Kejadian Nyi Roro Kidul ini sangatlah ternama di dalam telinga masyakarat jawa. Laut Pantai Selatan ini katanya orang putri dari kerajaan Pakuan Pajajaran.

Nama lain dari Nyi Roro Kidul adalah Putri Kandita. tersebut sedikit narasi Orang Putri Kerajaan Pakuan Pajajaran mengapa dapat menjadi Ratu Laut Pantai Selatan.

Prabu Pentas Keraton

Waktu lampau ada raja yang memiliki nama Prabu Pentas Keraton. beliau merupakan raja dari Kerajaan Dayeuh Manggung Masanggrahan. kerajaan disitu sangatlah tetram dan dipenuhi dengan kemakmuran.

Gunung Tampomas

Cerita Gunung Tampomas

Dongen Gunung Tampomas adalah narasi dari Gunung Besar yang ada di dalam Propinsi Jawa Barat. benarnya di kota Sumedang.

Menurut narasi rakyat dari jawa barat Gunung Besar atau Tampomas ini pernah bererupsi secara besar – besaran.

Maka dari itu Raja dari Kerajaan Sumedang Melarang ini terpakasa keluarkan pusakanya ialah keris. keris itu dilempar ke kawah Gunung. oleh karena itu saat ini namanya jadi Gunung Tampomas.

Kabayan dan Lintah Darat

Siapa itu Kabayan? Kabayan merupakan tokoh dari jawa barat yang tinggalnya di desa.

Dia merupakan seseorang yang pemberani. Tidak hanya itu kabayan pula punyai perasaan takut di saat dia berani menantang larangan agama dan pada akhirnya takut dengan perliakunya itu.

Kabayan Menyamar Jadi Haji

Berdasarkan kisah kabayan menyamar jadi haji. Orang haji merupakan orang yang saleh, terhormat. namun juga adalah orang miliarder.

Itu dinyatakan dalam narasi itu jika bisa bayar biaya kapal laut. di saat mau pergi haji. Dan dikisah itu kabayan menyaru jadi haji.

Ciung Wanara

Kisah Ciung Wanara nyaris serupa dengan narasi rakyat dari jawa timur adalah cindelaras. Asal usulnya sich kerajaan Galuh yang berada di jawa barat ini.

Merupakan suatu pusat muara suangi yang berada pada kota surabaya propinsi jawa timur.

Peristiwa ciung wanara ini bercerita pertalian saudara antara jawa barat, jawa tengah dan jawa timur.

Asal Kritikan Nama Girilawungan

Kerajaan Girilawungan berada di Propinsi Jawa barat benarnya di wilayah majalengka. Makna dari Girilawungan merupakan berhadap hadapan yang diambil dari bahasa sunda “Ngalawung”.

Singkat kata orang putri dari pekerjaan Giri lawang sempat dinanti-nanti oleh Kerajaan Girilawungan buat dibawa ke kerajaan majapahit.

Situ Bagendit

Sejarah situ bagendit merupakan lantaran ada orang janda yang memiliki nama Nyi Endit. tempat disana bagendit berada pada Jawabarat, kabupaten Garut. Nyi Endit adalah Janda kaya.

Beliau dapat disebutkan rentenir kalau ada dijaman sekarang ini. lantaran siapa saja pinjam uang di Nyi Endit karenanya harus kembalikan uang dengan bunga yang berkali-lipat ganda.

Nyi Endit merupakan orang yang kejam. lantaran kalau Masyarakat dusun tidak dapat bayar hutang maka bisa di pukuli oleh orang kepercayaannya.

Asal Mula Cianjur

Asal Mula Canjur merupakan lantaran ada satu orang yang kaya tetapi kikir. sebagian besar kebun dan sawah dipunyainya. seluruh masyarakat dusun itu bekerja buat ia.

Bukan sekedar sama orang lain, tetapi dengan anaknya sendiri dia pula kikir. maka dari itu dia dimaksud pak pelit.

Legenda Telaga Warna

Kisah Legenda Telaga warna merupakan di masa pekerjaan Kutatanggeuhan yang berada di Jawa Barat. raja dari kerajaan itu yang memiliki nama Prabu Suwartalaya. dia merupakan raja yang adil dan berbudi.

Meskipun demikian dia selalu punyai soal dalam kehidupannya. kasusnya merupakan tidak mempunyai anak jadi ahli waris kerajaan. maka dari itu kelanjutannnya Raja Suwartalaya melakuakan pertapaan di Rimba buat berdoa supaya dikasih anjuran Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lutung Kasarung

Lutung kasarung sebetulnya merupakan Pangeran Guruminda. argumen jadi suatu lutung merupakan lantaran ingin mengetahui siapa gadis di dunia manusia yang secantik ibunya. jadi lutung merupakan kriteria yang penting dijalankan.

Dia dipandang seperti pimpinan bangsa lutung. lantaran bisa kalahkan seluruh lutung di dunia. dan oleh karena itu dia sukses mengerjakan kriteria itu dan berbicara gadis idamannya.

Lanjut narasi kalaupun Lutung itu sukses menikah dengan Putri Purbasari. Perjalannya ke bumi tidak simpel. lantaran dia harus sesat jalan di rimba namun juga harus berhadapan dengan lutung yang lain.

Istri Lutung Kasarung ini punyai 7 saudara. Dan yang belum menikah cuman putri purbasari dan putri purbararang. dia merupakan anak dari haja Tapa Agung. Prabu tapa agung ini adalah raja dari Pasir Tangkai.

Si Kabayan

Kabayan merupakan orang asal jawa barat benarnya di pasundan. Dia sangatlah malas, tidak cerdas, tapiā€¦ ia pandai. Dengan kepandaiannya dia bisa rasa dongkol dari mertuanya dengan akalnya yang pintar.

Istri dari kabayan merupakan nyi iteung. dapat tepai Nyi Iteung selalu sabar dalam hadapi pembawaan kabayan.

Sangkuriang

Legenda sangkuriang sangatlah sama juga dengan terciptanya gunung Tangkuban Perahu yang ada di dalam jawa barat.

lucunya sangkuriang mau menikah dengan ibu kandungnya. Ibu kandungan sangkuriang merupakan dayang sumbi. kriteria yang diberi ibu sangkuriang dirasa begitu berat. Maka dari itu sangkuriang sangatlah dongkol.

Pada akhirnya sangkuriang menyepak perahu hingga sampai terbail. Sekarang perahu itu dikenali dengan gunung tangkuban perahu.

Asal Mula Nama Kota Bandung

Peristiwa nama Kota bandung menurut narasi rakyat dari jawa barat itu lantaran ada orang kakek yang sakti. Kakek itu tinggal di wilayah pasundan dengan anak wanita yang paling elok. dia pula punyai 2 siswa ialah jaka dan wira yang temui mulai sejak bayi. Lantas ke-2 nya diajari pengetahuan yang paling sakti oleh empu wisesa itu.

Karang Nini dan Bale Kambang

Dusun Emplak, Kecamatan Kalipucang satu diantara dusun yang punyai narasi rakyat yang cukup ternama. Kisah itu merupakan Karang Nini dan Bale Kambang. itu bukan nama orang loh ya. Tetapi nama batu karang yang berada pada Pantai Karang Nini. batu karang itu punyai pasangan maka dari itu dapat dimaksud nini dan bale kambang.

Nah, itulah ulasan singkat tentang cerita rakyat dari Jawa Barat yang sudah Wisatawan.id sajikan untuk kamu. Cerita yang sering kali kamu dengar apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *